Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rencana Kerja Dan Syarat

Rencana Kerja Dan Syarat

Ratings: (0)|Views: 494 |Likes:
Published by michaeldarahuma

More info:

Published by: michaeldarahuma on Mar 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2013

pdf

text

original

 
Rencana kerja dan syarat-syarat ( RKS ) Kantor Bupati Sumba Barat Halaman : 1
 
Rencana kerja dan syarat-syarat ( RKS ) Kantor Bupati Sumba Barat Halaman : 2
SYARAT-SYARAT TEKNISA.
 
PEKERJAAN PENDAHULUAN
1.
 
Pembersihan Tapak Proyek
1.1.
 
Lapangan terlebih dahulu harus dibersihkan dari rumput,semak dan akar-akar pohon.
1.2.
 
Sebelum pekerjaan lain dimulai,lapangan harus selalu dijaga tetap bersih dan rata.
1.3.
 
Sebelum pekerjaan dimulai,tanah ditempat pembangunan harus diratakan sesuaidengan ketinggian tanah yang ditentukan dalam gambar.
1.4.
 
Segala macam sampah-sampah dan dan barang-barang kotoran harus dikeluarkan daritapak proyek selambat-lambatnya sebelum pekerjaan pasangan pondasi dimulai,dantidak dibenarkan untuk ditimbun diluar pagar proyek meskipun untuk sementara
.2.
 
Pengukuran Tapak kembali
2.1.
 
Pemborong diwajibkan mengadakan pengukuran dan penggambaran kembali lokasipembangunan dengan dilengkapi keterangan-keterangan mengenai peil tanah,letakpohon-pohon,letak batas-batas dengan alat pengukuran yang disetujui oleh konsultanpengawas.
2.2.
 
Ketidakcocokan yang mungkin terjadi antar gambar dan keadaan lapangan yangsebenarnya harus segera dilaporkan kepada Konsultan pengawas untuk dimintakankeputusannya.
2.3.
 
Penentuan titik ketinggian dan sudut-sudut dilakukan dengan alat-alatwaterpass/theodolith.
2.4.
 
Theodholith dan waterpass beserta petugas yang menguasai pemakaian alat ini harusdisediakan oleh pemborong ,bila sewaktu-waktu ada pemeriksaan/pengecekanpengukuran oleh konsultan pengawas.
2.5.
 
Pengukuran sudut siku-siku dengan prisma atau benang secara azas segitiga phytagorashanya diperkenankan untuk bagian-bagian kecil yang telah disetujui oleh KonsultanPengawas.
3.
 
Papan Patok Ukuran
3.1.
 
Papan patok ukur dipasang pada patok yang kuat ,tertancap ditanah sehingga tidak bisadigerak-gerakan atau dirubah-rubah.
3.2.
 
Papan patok ukur dibuat dari kayu Meranti atau sejenis yang disetujui oleh KonsultanPengawas ,dengan ukuran tebal 3 cm,lebar 20 cm,lurus dan diserut rata pada sisisebelah atasnya.
3.3.
 
Tinggi sisi atas papan patok ukur harus sama satu dengan yang lainnya kecualidikehendaki lain oleh konsultan pengawas
3.4.
 
Papan patok ukur dipasang sejauh 200 cm dari As dinding terluar
 
Rencana kerja dan syarat-syarat ( RKS ) Kantor Bupati Sumba Barat Halaman : 3
3.5.
 
Setelah selesai pemasangan papan patok ukur ,pemborong harus melaporkan kepadaKonsultan pengawas untuk dimintakan persetujuannya, serta harus menjaga danmemelihara keutuhan serta ketetapan letak papan patok ukur sampai tidak diperlukanlagi dan dibongkar atas persetujuan konsultan pengawas.
4.
 
Penyediaan Air Dan Daya Listrik Untuk Bekerja
4.1.
 
Air untuk bekerja harus disediakan pemborong dengan membuat sumur pompa dilokasiproyek atau disuplai dari luar. Air harus bersih ,bebas dari lumpur,minyak dan bahan-bahan kimia lainnya yang merusak
.4.2.
 
Resevoir /bak air untuk kerja berukuran minimum 4 ( empat ) m3 dan senantiasa terisipenuh.
4.3.
 
Lisrik untuk bekerja harus disediakan pemborong
5.
 
Pagar Proyek
5.1.
 
Pagar proyek didirikan pada batas-batas yang mengelilingi lokasi proyek sepertiditentukan dalam gambar yaitu setinggi 200 meter dari permukaan.
5.2.
 
Pagar proyek terbuat dari seng gelombang BJLS 20,dipasang pada tiang dan rangka kayuDolken ,meranti atau sejenis dan diberi pondasi beton tumbuk.
5.3.
 
Seng gelombang pada sisi luar di cat dengan cat ex local dengan warna yang ditentukankonsultan pengawas.
5.4.
 
Pagar proyek menjadi milik pemberi tugas setelah selesai pembangunan proyek ini dandikembalikan dalam keadaan tersusun rapi pada tempat yang di tetapkan olehKonsultan pengawas
.
6.
 
Direksi KEET
6.1.
 
Direksi keet merupakan bangunan sementara dengan konstruksi rangka kayu,dindingpapan/multiplex dicat,penutup atap asbes semen gelombang ,lantai beton tumbukdiplester diberi pintu/jendela secukupnya untuk ventilasi udara dan pencahayaan.Letak kantor Konsultan pengawas harus cukup dekat dengan kantor Kontraktor tetapiterpisah dengan tegas.
6.2.
 
Perlengkapan-perlengkapan Direksi keet yang harus disediakan pemborong :1 (satu) meja rapat ukuran 1.20 x 1.80 m2,dengan 6 kursi lipat.1 (satu)meja tulis ukuran 0.70 x 1.40 m2,dengan 1 kursi lipat.1 (satu) lemari ukuran 1.50 x 2.00 x 0.50 m3,dapat dikunci.1 (satu) whitwboard ukuran 1.20 x 2.40 m2.1 (satu) rak untuk contoh-contoh material terbuat dari papan t = 2 cm.
6.3.
 
Berdekatan dengan Direksi keet harus ditampatkan ruang WC dengan bak air bersihsecukupnya,dan dirawat kebersihannya selama pelaksanaan proyek
6.4.
 
Alat-alat yang snantiasa harus tersedia di proyek untuk setiap saat dapat digunakanoleh Konsultan pengawas adalah :1 (satu) alat ukur (mistar,meteran)1 (satu) alat ukur optic (Theodolith/Waterpass)

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adhi Nathanagara liked this
Eri Munandar liked this
Jep Situmorang liked this
Sri Habib liked this
Abd Salam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->