Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Materi PKP.contoh Laporan PKP

Materi PKP.contoh Laporan PKP

Ratings: (0)|Views: 610 |Likes:

More info:

Published by: Alfith Filzatul Zahra on Mar 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

 
Materi PKP: Contoh Laporan PKP
Posted by maseremenmaos on 07:43 inMATERI KULIAH PGSD| 0 komentar 
BAB IPENDAHULUANA. Latar BelakangPelaksanaan pendidikan pada umumnya bertujuan untuk mengembangkanseluruh potensi yang ada dalam peserta didik, baik potensi Afektif,kognitif dan psikomotor. Pendidikan adalah pembinaan kepribadianmanusia yang tersimpul untuk merealisasikan usaha pendidikan yang baikdan berkesinambungan sehingga akan dihasilkan generasi penerus bangsayang memiliki sumber daya manusia yang baik, memiliki daya saing yangsangat tinggi,berakhlak mulia, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, yang pada akhirnya tujuan pembangunan negara dapat tercapaidengan baik dan tidak membutuhkan waktu yang lama.Keberhasilan pembelajaran ditunjukan oleh dikuasainya pembelajaranoleh siswa. Guru dituntut menciptakan pembelajaran yang memungkinkansiswa menguasai pembelajaran secara optimal. Materi pembelajarandisajikan dengan cara menarik sehingga meningkatkan rasa ingin tahusiswa (Slavin, 1991). Perhatian siswa bisa hilang apabila guru menjelaskandengan monoton. Guru dituntut untuk menggunakan berbagai metode danmedia yang bervariasi agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memperlukan usaha dandana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsademi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan Indonesiamenaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masadepan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagaigenerasi penerus dibentuk.Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yangharus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalamarti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesiamasih berkutat pada problematika ( permasalahan ) klasik dalam hal iniyaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicariakar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkardan tidak tahu darimana mesti harus diawali.Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjangSekolah Dasar ( SD ) sampai saat inimasih jauh dan apa yang kita harapkan. Betapa kita masih ingat denganhangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai masing –masing mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkanoleh orang – orang tua siswa sendiri, karena anak atau siswanya tidakdapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Melihat kondisirendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya
 
dilakukan salah satunya adalah pemberian tugas berupa kepada siswa.Dengan pemberian pekerjaan rumah kepada siswa diharapkan siswa dapatmeningkatkan aktifitas belajarnya, sehingga terjadi pengulangan danpenguatan terhadap meteri yang diberikan di sekolah dengan harapansiswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.B. Rumusan MasalahDalam praktek pembelajaran, guru sering dihadapkan denganpermasalahan-permasalahan yang mengahambat proses pembelajaransehingga mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi yangdiajarkan.diantaranya disebabkan karena kurangnya antusiasme siswa danrendahnya motivasi siswa untuk memahami pembelajaran seutuhnya.Penulis beranggapan, permasalahan tersebut dikarenakan kurangnyapemahaman guru tentang penerapan metode yang tepat serta kurangnyapenggunaan media pembelajaran.Tercapai dan tidaknya tujuan pembelajaran dalam proses pembelajarandapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa melalui evaluasi yangdiberikan, baik secara lisan maupun tulisan, dari evaluasi ini pula gurudapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari proses pembelajaran.Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, sudah seharusnyaguru sebagai pembimbing dan penanggung jawab pembelajaran senantiasaberupaya keras untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan atas prosespembelajaran telah dilaksanakan serta mencari iovasi-inovasi terbaruuntuk bisa meningkatkan nilai prestasi siswa sebagai bukti darikeberhasilan siswa.Berdasarkan hasil analisis terhadap masalah-masalah yang dihadapi dilapangan, yang menjadi penyebab rendahnya prestasi belajar terutamapada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu PengetahuanSosial (IPS) kelas IV SDN Lembang Kecamatan Cililin Kabupaten BandungBarat, rumusan masalahnya sebagai berikut:1. Bagaimana cara menerapkan metode tanya jawab untuk meningkatkanpemahaman siswa tentang materi gaya di kelas IV?2. Bagaimana cara menggunakan alat peraga untuk meningkatkanpemahaman siswa tentang materi perkembangan teknologi di kelas IV?C. Tujuan PenelitianTujuan penulisan laporan perbaikan pembelajaran ini sebagai berikut:1. Untuk memperbaiki pembelajaran IPA dan IPS di kelas IV SDN Lembangsehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik2. Untuk lebih meningkatkan profesionalime guru, sehingga guru mampumenerapakan metode bervariasi, menggunakan media atau alat bantuyang sesuai untuk setiap materi.3. Penulisan laporan ini juga dimaksudkan untuk memenuhi tugas salahsatu tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) PDGK4051 pada program S1 PGSD Universitas Terbuka.
 
D. Manfaat PenelitianDengan mengadakan perbaikan pembelajaran, dapat bermanfaat bagiGuru, Siswa dan bagi Sekolah.1. Bagi Siswaa. Dapat meningkatkan prestasi siswa belajar sehingga meningkatkankemampuan dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaranb. Meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya atau mengemukakanpendapat kepada guru sehingga prestasi siswa meningkat.c. Memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkanbagi siswa dalam kegiatan pembelajarn IPA dan IPSd. Membantu kesulitan siswa dalam belajar dan menyelesaikan soal danpermasalahannya2. Bagi Gurua. Dapat meningkatkan media seoptimal mungkin sehingga mediamembangun konsep belajar yang dapat membantu siswa dalampemahaman konsep belajarb. Dapat memilih metode dan strategi yang tepat dalam kegiatanpembelajaran sehingga memberikan pengalaman belajar yang berhargabagi siswa melalui kegiatan yang bermaknac. Dapat mengembangkan wawasan keilmuan serta meningkatkanketerampilan dan inovasi guru dalam proses pembelajaran hingga dapatmenghasilkan peserta didik yang memiliki hasil belajar yang lebih baik darisebelumnya.3. Bagi Sekolaha. Menjadi bahan rekomendasi dalam peningkatan kualitas pendidikandengan pemilihan metode atau model dan media pemblajaranb. Dapat menambah wahana pembelajaran menjadi lebih variatif sehinggamampu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.c. Menjadikan bahan pertimbangan bagi pmbinaan profesional tenagapendidikanBAB IIKAJIAN PUSTAKA1. Hakekat Sains dan Pembelajaran Sains di Sekolah DasarIlmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit telah dijelaskandiatas merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmufisik) dan life sciences (ilmu biologi). Yang termasuk physical sciencesadalah ilmu-ilmu astronomi, kimia, geologi, mineralogi, meteorologi, danfisika, sedangkan life science meliputi anatomi, fisiologi, zoologi, citologi,embriologi, mikrobiologi.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nicolas Santana added this note
Bapak dan Ibu Sebagai Refrensi Tambahan bisa lihat 40 Contoh Laporan PKP. buka WWW.PKPKU.BLOGSPOT.COM
nurulsusastiana liked this
Nicolas Santana added this note
Laporan PKP memang ada yang bisa didownload dan tidak, jika mau yang bisa didownload di www.pkpku.blogspot.com Semoga manfaat.
Nicolas Santana added this note
Laporan PKP memang ada yang bisa didownload dan tidak, jika mau yang bisa didownload di www.pkpku.blogspot.com Semoga manfaat.
Liana Irianti liked this
Hadi Halide liked this
Ahlan Agi Ana liked this
Tian Bocil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->