Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pertumbuhan Dan an

Makalah Pertumbuhan Dan an

Ratings: (0)|Views: 297 |Likes:
Published by Inay Oh Ina

More info:

Published by: Inay Oh Ina on Mar 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2014

pdf

text

original

 
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANI.PENDAHULUAN
Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembanganmerupakan ciri khasmakhluk hidup. Setiap makhluk hidup akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan seiring dengan waktu. Pengetahuan tentang perkembanganindividu murid, siswa dan mahasiswa (peserta didik) dalam proses pembelajaran sangat penting bagi guru, pendidik dan orang tua dalam dunia pendidikan formal maupun non formal. Perkembangan individu murid,siswa dan mahasiswa ditunjukkan bagaimana perkembangan anak-anak danremaja tumbuh dan berkembang.Pemahaman perkembangan peserta didik merupakan bagian dari permasalahan dan pembahasan dalam bidang psikologi pendidikan. Proses pengajaran dan pembelajaran tidak akan bisa berjalan efektif dan efisienapabila seorang guru, dosen (pendidik) tidak memahami perkembangan peserta didik secara menyeluruh terutama yang berkaitan dengan perkembangan fisik,psikologis yang sesuai dengan fase-fase perkembangan peserta didik secara individu.
II.RUMUSAN MASALAH
A.
Apa pengertian pertumbuhan dan perkembangan?
B.
Bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan?C.Apa prinsip-prinsip pertumbuhan dan perkembangan?D.Apa faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan?
1
 
III.PEMBAHASAN
A.
Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Setiap organisme, baik manusia maupun hewan, pasti mengalami peristiwa perkembangan selama hidupnya. Perkembangan ini meliputiseluruh bagian dengan keadaan yang dimiliki oleh organisme tersebut, baik yang bersifat konkrit maupun yang bersifat abstrak. Jadi, arti peristiwa perkembangan itu khususnya perkembangan manusia tidak hanya tertuju pada aspek psikologis saja, tetapi juga aspek biologis.
1
Ada dua bagian yang berbeda sebagai kondisi yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju ke arah kesempurnaan.
2
1.Bagian pribadi materiil yang kuantitatif 2.Bagian pribadi fungsional yang kualitatif Banyak orang yang menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan itu sama. Tetapi pada dasarnya keduanya berbeda tetapisaling terkait dan tidak dapat berdiri sendiri. Setiap manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan, namun berbeda untuk setiap orang.Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan fisik seseorang, sedangkan perkembangan berkaitan dengan perubahan psikis seseorang.
3
Para ahli ada yang tidak membedakan istilah perkembangan dan pertumbuhan. Tetapi sebagian ada yang membedakannya secara hati-hati.Berikut adalah pendapat para ahli tentang pengertian pertumbuhandan perkembangan:
4
a.Prof. Dr. F.J. Monk, dkk:
1
Muhibbin Syah,
 Psikologi Pendidikan
, (Bandung: PT Remaja Rosadakarya, 2010), hlm. 40.
2
M. Dalyono,
 Psikologi Pendidikan,
( Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009), cet. 5, hlm. 29.
3
4
Mustaqim,
 Psikologi Pendidikan,
(Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001), hlm. 12.
2
 
“Perkembangan ialah suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju kearah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan proses pertumbuhan, kemasakan dan belajar”.
b.Lester D. Crow, Ph.D dan Alice Crow, Ph.D.
“Istilah pertumbuhan menunjukkan kepada perubahan struktur dan fisik individu dalam resam tubuh sejak masa konsepsi sampai masa dewasa,istilah perkembangan lebih tepatdapat dipergunakan untuk menunjuk  potensi-potensi tingkah laku dari dalam yang terpengaruh olehrangsangan lingkungan”.
c.Prof. Dr. Soegarda Poerbakawatja
Pertumbuhan: suatu proses pada anak yang menunjukkan perubahan- perubahan padanya (terutama jasmaniyahnya) secara otomatis, sedang perkembangan suatu proses dalam pertumbuhan yang menunjukkanadanyapengaruh dalam yang menyebabkan bertanbahnya tempo, kualitasdalam pertumbuhan.Dari ketiga pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa padadasarnya pertumbuhan dan perkembangan adalah perubahan jasmani danrohani menuju ke tahap yang lebih tinggi atau lebih baik. Pertumbuhantercakup dalam pengertian perkembangan, namun tidak setiap perkembangan merupakan pertumbuhan. Pertumbuhan menunjukkan perubahan atau penambahan secara kuantitas, lebih cenderung menunjuk  pada kemajuan fisik. Sedangkan perkembangan menunjukkan perubahanatau penambahan secara kulitas, lebih menunjuk pada kemampuan mentalyang melaju terus menerus sampai akhir hayat.
B.
Proses Pertumbuhan dan Perkembangan
Secara umum proses dapat diartikan sebagai rentetan perubahanyang terjadi dalam perkembangan sesuatu. Adapun maksud kata prosesdalam perkembangan siswa adalah tahapan-tahapan perubahan yang dialamiseorang siswa, baik yang bersifat jasmaniah maupun yang bersifat rohaniah.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->