Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TTL_Sumber Dan Karakteristik

TTL_Sumber Dan Karakteristik

Ratings: (0)|Views: 439|Likes:
Published by taty_alfiah
sumber dan karakteristik sampah
sumber dan karakteristik sampah

More info:

Published by: taty_alfiah on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/12/2013

pdf

text

original

 
Buku Ajar Teknik Transpot Sampah
1
 
Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003
 
2
 
SUMBERdanKARAKTERISTIK LIMBAH PADAT
 
Limbah padat atau sampah, kuantitas maupun kualitasnya sangat dipengaruhi oleh taraf hidup dan kegiatan masyarakat. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah :
Jumlah Penduduk
.Dengan mudah dapat dipahami, bahwa dengan semakin banyaknya penduduk, makasemakin banyak pula sampah yang dihasilkan. Oleh karena itu perlu adanya datapenduduk yang cukup akurat untuk memperkirakan kuantitas sampah yang dihasilkan,sehingga dapat dilakukan perencanaan pengelolaan sampah yang dapat memenuhisasaran.Seperti kita ketahui, jumlah penduduk bukan hanya dipengaruhi oleh perkembanganalamiah, kelahiran dan kematian, tetapi juga oleh adanya perpindahan penduduk. Kota-kota besar memiliki daya tarik cukup besar, bagi penduduk di kota-kota kecil untuk datang ke kota besar, dalam upaya mendapatkan pekerjaan maupun mendapatkanpendidikan yang lebih baik.
 
Buku Ajar Teknik Transpot Sampah
2
 
Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003
 Keadaan Sosial ekonomi
Semakin tinggi keadaan sosial ekonomi masyarakat semakin bertambah kuantitas dansemakin beragam jenis sampah yang dihasilkan. Umumnya terjadi pergeseran
 kualitas dan kuantitas
sampah yang dihasilkan, dari keadaan sosial ekonomi rendah ke arahsosial ekonomi yang lebih baik.Pada penduduk dengan sosial ekonomi rendah, sampah yang dihasilkan umumnyakuantitas lebih sedikit dan cenderung didominasi oleh sampah yang mudah membusuk.Sedangkan pada masyarakat dengan keadaan sosial ekonomi lebih tinggi, sampah yangdihasilkan lebih banyak kuantitasnya, serta merupakan sampah yang cenderung tidak / sulit membusuk.
Kemajuan Teknologi
Kemajuan teknologi akan menambah jumlah serta kualitas sampah yang dihasilkan olehmasyarakat. Kemajuan teknologi dalam segala bidang telah memungkinkan penggunaanbahan baku yang semakin beragam, dalam bidang manufaktur dari mulai bahan mentah,pengolahan hingga pengepakan. Beragamnya hasil teknologi produksi meningkatkankeragaman sampah yang dihasilkan masyarakat. Peningkatan kenyamanan, kepraktisandengan adanya barang produksi sekali pakai, di sisi lain meningkatkan kuantitas sampahyang dihasilkan masyarakat.
SUMBER SAMPAH dan TATA GUNA LAHAN
Sampah kota atau limbah padat kota [
 Municipal Solid Waste
] kota berasal dari sumber-sumber domestik dan non domestik.
 
Sumber domestik adalah berasal dari pemukiman.
 
Sumber non-domestik berasal dari selain perumahan, misalnya : kantor, sekolah,stasiun, terminal, pasar, pertokoan, rumah makan, hotel, bioskop, dll.Sampah yang dihasilkan dari sumber-sumber tersebut memerlukan penanganan yangtepat agar tujuan pengelolaan sampah tercapai, karena volumenya besar.
 
 
Buku Ajar Teknik Transpot Sampah
3
 
Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003
 TATA GUNA LAHAN
Sumber sampah memiliki keterkaitan erat dengan tata guna lahan. Jenis dan sumbersampah berkeambang seiring dengan perkembangan aktifitas masyarakat kota. Letak dari sumber sampah kota tumbuh seiring dengan tata guna lahan serta perkembangankota.Pada kota kecil, pola tata letak kegiatan masyarakat lebih sederhana. Kegiatanmasyarakat kota cenderung hanya memiliki satu pusat, yakni di tengah kota. Bentuk kota dapat diasumsikan seperti lingkaran. Pusat kota adalah pusat dari berbagaikegiatan, seperti komersial, perumahan, perkantoran, terminal, pasar, stasiun. Padalingkaran diluarnya terletak sekolah, pemukiman, sedangkan pada lingkaran terluar ataudi tepi kota terdapat perumahan, kebun, sawah, tanah kosong.Kota besar memiliki beberapa pusat kota, tata letak sumber sampah lebih kompleks.Jenis dan jumlah sumber sampah lebih banyak.
SUMBER SAMPAH
Beberapa sumber sampah dan karakteristiknya :
Perumahan
Letak : pemukiman lama umumnya berada di pusat kota. Dengan berkembangnya kota,semakin banyak rumah yang dibutuhkan, bisanya pemukiman baru terletak dipinggir kota. Perumahan baru umumnya memiliki tata letak yang lebih baik.Selain dari sebaran perumahan, perumahan dapat juga di bedakan dari tingkatsosaial ekonominya, pemukiman tinggi, sedang dan rendah. Klasifikasi inidiperlukan karena berhubungan dengan besar timbulan sampah dan komposisisampah yang dihasilkan. Di sekitar pusat komersial, bisanya tumbuh pemukimandengan kondisi sosial ekonomi rendah. Pemikiman tersebut tumbuh salahsatunya karean adanya pendatang yang bekerja di area komersial.Karakteristik sampah : terutama sampah mudah busuk, plastik, kertas, logam, baterai,kaca, dll.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->