Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
140Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Pemuaian Logam

Laporan Praktikum Pemuaian Logam

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 7,448 |Likes:
Published by Susita Pratiwi

More info:

Published by: Susita Pratiwi on Apr 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

 
1
PEMUAIAN LOGAMI.
 
TUJUAN
1.
 
Menjelaskan pengaruh perubahan temperatur terhadap bahan terutama logam2.
 
Mengukur besarnya koefisien pemuaian panjang material
II.
 
DASAR TEORI2.1 Pengertian Pemuaian
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhuatau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor. Pemuaian terjadi pada 3zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas. Pemuaian pada zatpadat ada 3 jenis yaitu pemuaian panjang (untuk satu demensi), pemuaian luas (duadimensi) dan pemuaian volume (untuk tiga dimensi). Sedangkan pada zat cair dan zat gashanya terjadi pemuaian volume saja, khusus pada zat gas biasanya diambil nilai koefisienmuai volumenya sama dengan 1/273. Pemuaian yang terjadi pada tiga zat yaitu :1.
 
Pemuaian pada zat padat.Dalam Pemuaian pada zat padat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :a. Pemuaian panjang.b. Pemuaian luas.c. Pemuaian volume.2.
 
Pemuaian pada zat cairTernyata Pada zat cair, hanya terjadi pemuaian volume. Khusus untuk air,pemuaian tidak berlaku pada suhu 0°C sampai dengan 4°C karena pada selangsuhu tersebut volume air mengalami penyusutan. Sifat air itu dinamakan anomaliair.3.
 
Pemuaian pada zat gasSeperti halnya zat cair,zat gas pun juga hanya mengalami pemuaian volume.Berdasarkan jenisnya Pemuaian ada tiga jenis yaitu :1.
 
Pemuaian panjang
 
Pemuaian Panjang adalah bertambahnya ukuran panjang suatu benda karenamenerima kalor. Pada pemuaian panjang nilai lebar dan tebal sangat kecil
 
2dibandingkan dengan nilai panjang benda tersebut. Sehingga lebar dan tebaldianggap tidak ada. Contoh benda yang hanya mengalami pemuaian panjang sajaadalah kawat kecil yang panjang sekali. Pemuaian panjang suatu benda dipengaruhioleh beberapa faktor yaitu panjang awal benda, koefisien muai panjang dan besarperubahan suhu. Koefisien muai panjang suatu benda sendiri dipengaruhi oleh jenisbenda atau jenis bahan. Secara matematis persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan panjang benda setelah dipanaskan pada suhu tertentuadalah :
 ∆L=Lo.α.∆t 
(1.1)
Keterangan :
 ∆
 L
= pertambahan panjang (m)
lo
= panjang awal (m)
 Α
=
koefisien muai panjang (/C
0
)Bila ingin menentukan panjang akhir setelah pemanasan maka digunakanpersamaan sebagai berikut :
0
lll
 
).1(
0
ll
 
(1.2)
Keterangan
 ∆
 L
= pertambahan panjang (m)
l =
panjang akhir (m)
lo
= panjang awal (m)
 Α
=
koefisien muai panjang (/C
0
)2.
 
Pemuaian luas
 
Pemuaian Luas adalah pertambahan ukuran luas suatu benda karena menerimakalor. Pemuaian luas terjadi pada benda yang mempunyai ukuran panjang dan lebar,sedangkan tebalnya sangat kecil dan dianggap tidak ada. Contoh benda yangmempunyai pemuaian luas adalah lempeng besi yang lebar sekali dan tipis.Sepertihalnya pada pemuian luas faktor yang mempengaruhi pemuaian luas adalah luasawal, koefisien muai luas, dan perubahan suhu. Karena sebenarnya pemuaian luasitu merupakan pemuian panjang yang ditinjau dari dua dimensi maka koefisien
 
3muai luas besarnya sama dengan 2 kali koefisien muai panjang. Untuk menentukanpertambahan luas dan volume akhir digunakan persamaan sebagai berikut :
 ∆A= Ao.β. ∆t 
 
 A=∆A + Ao
 
 A= Ao(1+ β. ∆t)
(1.3)
Keterangan :A = luas akhir (m
2
)
 ∆
 A=
pertambahan luas (m
2
)
 Ao
= luas awal (m
2
)
 Β
=
Koefisien muai luas (/C
o
)3.
 
Pemuaian volume
 
Pemuaian volume adalah pertambahan ukuran volume suatu benda karenamenerima kalor. Pemuaian volume terjadi benda yang mempunyai ukuran panjang,lebar dan tebal. Contoh benda yang mempunyai pemuaian volume adalah kubus, airdan udara. Persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan volume danvolume akhir suatu benda tidak jauh beda pada perumusan sebelum. Hanya sajabeda pada lambangnya saja. Perumusannya adalah sebagai berikut :
 ∆
V=Vo.
.
 ∆t 
 V=
 ∆
V + VoV= Vo(1+
.
 ∆t)
(1.4)
Keterangan :V= volume akhir (m
3
)
V=pertambahan volume (m
3
)Vo= Volume awal (m
3
)
= koefisien muai volume (/C
o
)
2.2
 
Manfaat Pemuaian
Dalam kehidupan sehari-hari kita, kita dapat menemukan beberapa contoh dari manfaatpemuaian tersebut Berikut ini adalah Beberapa manfaat pemuaian yang ada dalamkehidupan sehari-hari kita sebagai berikut.
 
Pemasangan Roda Baja

Activity (140)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Fajar Iskandar liked this
Iin Nurbaetun liked this
Fani Angelia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->