Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hak atas tanah

Hak atas tanah

Ratings: (0)|Views: 378 |Likes:
Published by bung ryan

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: bung ryan on Apr 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2013

pdf

text

original

 
KISI-KISIA.
 
Pengertian hak atas tanah?
Hak yang memberi wewenang kepada seseorang yang mempunyai hak untuk mempergunakan atau mengambil manfaat atas tanah tersebut yang berasal dari hak menguasai Negara. Kewajibanya yaitu menjaga, mengolah dll.
B.
 
Dasar hukum hak atas tanah di Indonesia
UU No 5 tahun 1960, pasal 16 ayat 1 dan tertib hukum pertanahan( kepres 7 tahun 1979,pasal 4 ayat 1 dan 2, pasal 16 ayat 1, pasal 53 ayat 1).1.
 
Pasal 4 tercantum makna bahwa hak menguasai dari Negara terhadap bumi, air sertaruang angkasa yang ada diatasnya. Menurut Budi harsono, Hak dari Negara bukanberarti memiliki tetapi memberi wewenang pada Negara sebagai organisasikekuasaan yang tertinggi. Wewenang tersebut untuk 3 hal:a.
 
Wewenang mengatur dan menyelenggarakan, peruntukkan penggunaan,persediaan, dan pemeliharaannya.b.
 
Wewenang untuk menentukan dan mengatur hak2 yang dapat dipunyai atasbumi air dan ruang angkasac.
 
Wewenang dalam menentukan dan mengatur hubungan hukum antara orang2dengan objek tanah.2.
 
Pasal 16 ayat 1 (hak2 atas tanah)3.
 
Pasal 53 ayat 1 (sifatnya sementara)Hak tersebut makin lama akan menghilang.Hak milik a.
 
sifatnya terbatas.b.
 
Orang asing tidak boleh punya hak milik 
C.
 
Jenis2 hak atas tanah! ( pasal 16 ayat 1)
a.
 
Hak milik hak turun-menurun, terkuat (bisa dibuktikan atau dengan status hokum kuat) danterpenuh yang dapat dipunyai orang atas tanah dengan mengingat ketentuan ygberlaku pada pasal 6. Biasanya menggunakan system publikasi negative yaitu
 
pembuktian dengan sertifikat. Subjeknya Orang asing yang mewarisi dari istrinya,Badan hukum, warga Negara Indonesia, dll.Apabila punya kewarganegaraan rangkap, jika belum berumur 17 tahun, dia bolehkewarganegaraan rangkap, jika lebih, dia harus memilih. Ia juga tidak diperkenankanatas hak milik tanah. Namun bila ia mendapat wasiat, ia punya kesempatan untuk mengurus urusan kepemilikan hak miliknya.
1.
 
Terjadinya dan cara mendapatkan hak milik
Menurut hukum adat, hak milik dengan penetapan pemerintah, ketentuan UUyaitu terjadi karena konversi berbagai ketentuan2 yang ada setelah UUPA.
2.
 
Jual beli hak milik
Jika secara adat, dengan perjanjian kedua belah pihak. Jika belum bersertifikatharus ada perjanjian jual beli.
3.
 
Hapusnya hak milik
a.
 
Ditelantarkanb.
 
Pencabutan hak c.
 
Tanahnya musnahd.
 
Penyerahan dengan sukarela oleh pemiliknyab.
 
HGUhak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai langsung oleh Negara, dalam jangkawaktu paling lama 25 tahun, guna perusahaan pertanian, perikanan atau peternakan.c.
 
HGBhak untuk mendirikan dan mempunyai bangunan-bangunan atas tanah yang bukanmiliknya sendiri, dengan jangka waktu paling lama 30 tahun, bisa diperpanjang 20tahun lagi.d.
 
Hak pakaihak untuk menggunakan dan/atau memungut hasil dari tanah yang dikuasai langsungoleh Negara atau tanah milik orang lain, yang memberi wewenang dan kewajibanyang ditentukan dalam keputusan pemberiannya oleh pejabat yang berwenangmemberikannya atau dalam perjanjian dengan pemilik tanahnya, yang bukanperjanjian sewa-menyewa atau perjanjian pengolahan tanah, segala sesuatu asal tidak bertentangan dengan jiwa dan ketentuan-ketentuan Undang-undang.e.
 
Hak sewa
 
Seseorang atau suatu badan hukum mempunyai hak sewa atas tanah, apabila ia berhak mempergunakan tanah-milik orang lain untuk keperluan bangunan, dengan membayarkepada pemiliknya sejumlah uang sebagai sewa.f.
 
Hak membuka tanah dan Hak memungut hasil hutanHak membuka tanah dan memungut hasil hutan hanya dapat dipunyai oleh warga-negara Indonesia dan diatur dengan Peraturan Pemerintah.g.
 
Hak-hak lain yg tidak termasuk dalam hak2 tersebut diatas yg akan ditetapkan denganUU serta hak-hak yg sifatnya sementara
D.
 
Prosedur pengurusan hak atas tanah
a.
 
Pemohon mengajukan permohonan Hak Milik kepada pejabat yang berwenangmelalui Bupati Walikota Kepala Daerah c.q. Kepala Sub Direktorat AgrariaKabupaten atau Kotamadya yang bersangkutan secara tertulis.
 
b.
 
Permohonan tersebut harus memuat antara lain, sebagai berikut :1) Pemohon
 
a)
 
Jika pemohon adalah perorangan, harus memuat keterangan berupa nama, umur,kewarganegaraan, tempat tinggal, dan pekerjaannya serta jumlah isteri dananaknya yang masih menjadi tanggungannya. Jika ia seorang isteri, jugadisebutkan keterangan mengenai suaminya.
 
b)
 
Jika pemohon adalah badan hukum, harusmemuat nama, tempat kedudukan, aktaatau peraturan pendiriannya, tanggal dan nomor surat Keputusan Menteri DalamNegeri tentang penunjukannya sebagai badan hukum yang boleh mempunyaitanahdengan Hak Milik.
 
2)
 
Tanahnya memuat tentang :
a)
 
Letak, luas, dan batas-batasnya.
 
b)
 
Status tanahnya.
 
c)
 
Jenis tanahnya
 
d)
 
Tanah tersebut telah atau belum dikuasaipemohon. Apabila telah dikuasisebelumnya,atas dasar apa ia memperoleh atau menguasainya.
 
e)
 
Penggunaannya.
 
3)
 
Lain-lain :
 
a)
 
Melampirkan keterangan-keterangan mengenai status hukum, letak dan tandabukti dari tanah-tanah yang telah dimiliki oleh pemohon termasuk yang

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Miftahul Hadi liked this
agnes_samosir_1 liked this
Syafitri Ditami liked this
marga_abdillah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->