Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komponen Utama Dan Arsitektur Komputer

Komponen Utama Dan Arsitektur Komputer

Ratings: (0)|Views: 3,051 |Likes:

More info:

Published by: Aditya Dwi cahyo Nugroho on Apr 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
Ini merupakan tugas kedua dengan soal atau permasalahan
Membuat Summary
untuk Menjelaskan cara kerja dan fungsi dari kompunen utama dan arsitektur komputer yangmeliputi
CPU (Central Processing Unit), I/O (Input/Output), System Interconection danMemory Utama (Main Memory)
. Berikut Ulasannya :
1. CPU (Central Processing Unit).
 CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit merupakan perangkat keras komputeryang juga disebut sebagai Unit Pengolah Pusat (UPP) pada komputer.
Cara Kerja CPU
 Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan diRAM (melalui Input-storage), apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit diProgram-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika registersiap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dariProgram-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memoriyang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambiloleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalamhal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalaharithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasarinstruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahantelah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, makaControl Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung keOutput-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan keoutput-devices.
Fungsi CPU
 Adapun fungsi utama CPU adalah melakukan berbagai operasi, termasuk operasi aritmatikadan logika terhadap data yang datang dari memori atau informasi yang dimasukkan melaluiperangkat keras, seperti papan ketik (Keyboard), pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.
 
Intinya ialah
 
CPU ini berfungsi untuk menjalankan program-program yang disimpan dimemori utama.
2. I/O (Input/Output).
Input/Output Unit merupakan bagian dari komputer untuk menerima data maupunmengeluarkan/menampilkan data setelah diproses oleh Processor
.
 
Input (Masukan)
 
 
Input (Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenanceinput. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistemkomputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolahdata yang dimasukkan.Jadi Fungsi dari Perangkat input ini adalah sebagai media untuk memasukkan data dari luarke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yangdiperlukan.
Output (Keluaran)
 Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasilpengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor),ataupun berupa suara.Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan(huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalahoutput yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanyadigunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
3. System Interconnection.
 
Sistem Interkoneksi
adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponeninternal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternalCPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran. Sampai saat ini terjadi perkembangan struktur interkoneksi, namun yangbanyak digunakan saat ini adalah sistem bus. Sistem bus ada yang digunakan secara tunggaldan ada secara jamak, tergantung karakteristik sistemnya.
Sistem bus
adalah penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankantugasnya. Transfer data antar komponen komputer sangatlah mendominasi kerja suatu

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->