Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah ISBD

makalah ISBD

Ratings: (0)|Views: 703 |Likes:
Published by srimurtini554

More info:

Published by: srimurtini554 on Apr 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
BAB 1
 
PENDAHULUANA.
 
LATAR BELAKANG
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajibmenanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasaIndonesia adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menaggung segala sesuatunya, ataumemberikan jawab dan menaggung akibat.Tanggung jawab adalah kesadarn manusia akan tinggkah laku atau perbuatannyayang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagaiperwujudan kesadaran dan kewajibannya.
B.
 
Tujuan
 
Agar mengetahui tentang hubungan manusia dan tanggung jawab serta
 
pengabdian.
 
Menambah pengetahuan untuk kami tentang arti dari manusia dan
 
tanggung jawab serta pengabdian.
 
Sebagai tugas dari Bapak Syafri Yusuf, sebagai Dosen Ilmu Budaya
 
Dasar.
C.
 
Perumusan Masalah
 1.
 
Pengertian Tanggung Jawab2.
 
Pengertian Pengabdian3.
 
Pengertian Pengorbanan4.
 
Tanggung Jawab Bermakna Pengabdian yang Meliputi Kesadaran Pengorbanan, danKewajiban
 
 
BAB IITANGGUNG JAWAB DAN KESADARAN
 A.
 
TANGGUNG JAWAB DAN ALASANNYA1.
 
Konsep Tanggung JawabApabila berbicara tentang tanggung jawab, pastilah menyangkut hubungan manusiadengan manusia, hubungan manusia dengan alam lingkungan, ataupaun hubunganmanusia dengan Tuhan. Dalam ketiga jenis hubungan tersebut terdapat kewajiban danhak. Konsep tanggung jawab muncul berkenaan dengan pemenuhan kewajiban. Ada 2(dua) hal mengenai pemenuhan kewajiban, yaitu pemenuhan kewajiban secara wajar atau
seharusnya sesuai dengan norma kehidupan, ini disebut “tanggung jawab positif” y
angbersifat ideal dan sempurna (ideal or complete responsibility). Ideal artinya menjadiidaman kehidupan manusia, sedangkan sempurna artinya tidak ada cacat atau kurangnya.
Tanggung jawab positif lazim disebut “tanggung jawab” saja (responsibility). Meme
nuhikewajiban sesuai dengan norma kehidupan disebut bertanggung jawab (responsible), halini adalah wajar.Adapun konsepny yaitu
 
Perjanjian sumber kewajiban dan hak Hubungan yang menimbulkan kewajiban dan hak dapat terjadi karena perjanjianantara manusia dan manusia dalam hal memenuhi kebutuhan hidup,misalnyaperjanjian jual beli (kebutuhan ekonomi) ataupun perjanjian perkawinan(kebutuhan biologis).
 
Moralitas sumber kewajiban dan hak Hubungan yang menimbulkan kewajiban dan hak dapat terjadi karena moralitasmanusia (human morality) kepada alam lingkungan.Moralitas manusia bersumberdari unsure rasa dalam diri manusia yang dibenarkan atau di terima oleh akalsehat.
 
 
Ciptaan tuhan sumber kewajiban dan hak Hubungan yang menimbulkan kewajiban dan hak dapat terjadi karena ciptaanTuhan. Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk mengabdi, menyembah,dan memujakepada-Nya. Karena tuhan menciptakan manusia, maka Tuhan telah menyiapkanrezeki di muka bumi ini untuk kepentingan manusia. Sebagai rasa syukur,manusia wajib bertakwa kepada Tuhan. Atas dasar ciptaan tuhan, timbulahkewajiban manusia kepada Tuhan yaitu takwa dalam arti wajib memenuhiperintah dan menjauhi larangan-larangannya yang diwujudkan melaluipengabdian, penyembahan, dan pemujaan kepada Tuhan.Berdasartkan hasil pembahasan diatas, maka dapat dirumuskan konsep tanggung jawab secara labih jelas dan terarah sesuai kaitannya dengan 3 (tiga) dimensihubungan dalam kehidupan manusia, Jadi, tanggung jawab adalah:a)
 
Memenuhi segala kewajiban, memikul segala beban, menanggung segalaakibat yang timbul dari perbuatan sendiri ataupun perbuatan orang lain,sesuai dengan norma kehidupan;b)
 
Rela mengabdi dan berkorban karena sayang, senang, dan belas kasihanpada alam lingkungan, sehingga kelestariannya dapat dipelihara sesuaidengan norma kehidupan.c)
 
Pasrah mengabdi, menyembah, dan memuja kepada Tuhan sesuai dengannorma kehidupan beragama.2.
 
Kesadaran Bertanggung JawabTimbulnya kesadaran bertanggung jawab karena manusia hidup bermasyarakat dan hidupdalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya saja terhadap sesamemanusia dan alam lingkungannya. Manusia bertindak sesuai dengan norma kehidupanyang tercermin dalam system nilai budaya mereka, sehingga tercipta keseimbangan,keserasian, keselarasan antara sesama manusia dan alam lingkungan. Sebaliknya, apabilamanusia bertindak semaunya saja, manusia wajib menanggung, memikul beban, danmemenuhi segala akibatnya bagi dirinya sendiri dan terhadap pihak lain yang dirugikan,

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
Femmy Angreany liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ahib Sevenfold liked this
Jonny Muchtar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->