Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
14Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep-Konsep Profesi Bimbingan Konseling

Konsep-Konsep Profesi Bimbingan Konseling

Ratings: (0)|Views: 4,463|Likes:
Published by Eddy Sutarjo

More info:

Published by: Eddy Sutarjo on Apr 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/14/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang.Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan terhadappengetahuan khusus yang akan mendukung profesi yang akan digelutinyatersebut. Dalam melaksanakan tugas-tugas profesi itu, dituntut adanya penguasaanterhadap pengetahuan atau teori dan praktis yang sesuai. Untuk dapat mencapaikesesuaian tersebut terkadang diperlukan kesesuaian antara perkembangan jamandan kebutuhan yang ada di masyarakat. Berdasarkan pada hal tersebut, maka suatuprofesi perlu melakukan pengembangan terhadap profesi tersebut. Pengembanganitu tentunya bertujuan agar profesi tersebut menjadi lebih baik lagi. BimbinganKonseling sebagai suatu profesi juga perlu melakukan pengembangan. Salah satuhal yang dapat menunjukan pentingnya dilakukan pengembangan terhadap profesiBimbingan Konseling adalah semakin kompleksnya masalah-masalah yangdihadapi oleh individu dalam kehidupannya serta adanya perbedaan kepribadianpada individu tersebut, berdasarkan pada hal tersebut diperlukan suatu metode-metode baru yang tepat untuk mengentaskan masalah yang semakin komplekstersebut.Selain pengembangan untuk pelaksanaan tugas konselor,pengembangan profesi juga perlu untuk masa depan profesi tersebut melihatsekarang ini banyak sekali adanya miskonsepsi tentang profesi BimbinganKonseling itu sendiri terutama terhadap Guru BK yang terdapat di sekolah-sekolah, tugas-tugas yang seharusnya tidak dikerjakan oleh Guru BK justrudikerjakan oleh Guru BK, ini tentunya bertentangan dengan tugas mereka. Hal-haltersebut adalah sebagian kecil dari masalah yang dihadapi, melihat pada haltersebutlah diperlukan suatu pengembangan terhadap profesi BimbinganKonseling itu sendiri. Pengembangan ini selain untuk dapat mengatasi berbagaimasalah yang dihadapi atau mungkin akan dihadapi, pengembangan ini jugauntuk menjaga eksistensi profesi Bimbingan Konseling itu sendiri.
 
2
1.2 Rumusan Masalah.Dari latar belakang di atas dapat diambil rumusan masalahnya yaitu sebagaiberikut :1.
 
Bagaimana Konsep-konsep profesi bimbingan Konseling?2.
 
Bagaimana pengembangan profesi Bimbingan Konseling?3.
 
Bagaimana kualitas personal profesi Bimbingan konseling?1.3 Tujuan penulisanBerdasarkan rumusan masalah diatas dapat diambil tujuan penulisan ini yaitusebagai berikut:1.
 
untuk dapat memahami dan mengetahui konsep-konsep profesi bimbingankonseling.2.
 
untuk dapat memahami dan mengetahui pengembangan profesi BimbinganKonseling.3.
 
untuk dapat memahami dan mengetahui kualitas personal ProfesiBimbingan Konseling.1.4 Manfaat.Adapun manfaat yang dapat diperoleh penulis dari makalah ini yaitu sebagaiberikut :1.
 
pembaca Dapat mengetahui pengetahuan mengenai konsep-konsep profesibimbingan konseling.2.
 
Pembaca dapat mengetahui dan mendapatkan pengetahuan tentangpengembangan profesi BK3.
 
pembaca dapat mengetahui kualitas personal profesi bimbingan konseling
 
3
BAB IIPEMBAHASAN2.1 konsep-konsep profesi bimbingan konselingProfesi adalah suatu kata yang menyangkut suatu pekerjaan. Istilah profesisampai saat ini masih sangat sering digunakan namun masih memiliki berbagaivarian pengertian. Berikut pengertian profesi yang penulis peroleh dari berbagaisumber :Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaanterhadap suatu pengetahuan khusus, suatu profesi biasanya memiliki asosiasiprofesi, kode etik, proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk profesitersebut.
“Profesi” adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari
para petugasnya. Artinya, pekerjaan yang disebut profesi, tidak bisa dilakukanoleh orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus terlebih dahuluuntuk melakukan pekerjaan itu.Profesi adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menafkahidiri dan keluarganya dimana profesi tersebut diatur oleh Etika Profesi dimanaEtika Profesi tersebut hanya berlaku sesama Profesi tersebut. DE GEORGEmemberikan pengertian profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatanpokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.Dari berbagai uraian di atas dapat dikatakan bahwa yang dimaksud denganprofesi adalah suatu pekerjaan namun tidak semua pekerjaan dapat dikatakansebagai suatu profesi, profesi ini memiliki karakteristik tertentu yangmembedakannya dengan pekerjaan yang lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciridari profesi namun ciri ini tidak semuanya diterapkan pada setiap profesi :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->