Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Efesus

Efesus

Ratings: (0)|Views: 239 |Likes:
Published by marreah

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: marreah on Apr 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/11/2014

pdf

text

original

 
Kitab Efesus
Penulis
: Rasul Paulus.
 Waktu Penulisan
: Antara tahun 60 sampai 62 Masehi.
Tema :
Kristus dan Gereja
Judul Kitab :
Dinamakan sesuai kepada siapa surat ini ditujukan, yaitu jemaat efesus. Akantetapi, surat kepada Efesus ini juga diteruskan kepada kota-kota Romawi yang lain.
Tempat Penulisan
: Dari sebuah penjara di Romawi.
Pada Mulanya Ditujukan Kepada
: Orang-orang Kristen di Efesus.
Isi:
 Efesus tidak menbahas masalah-masalah atau situasi khusus dalam Gereja. Sebaliknya, Efesusditulis untuk memberi dorongan kepada tubuh Kristus agar semakin dewasa di dalam-Nya.PAulus menunjukkan gambaran rencana dan tujuan Allah sejak dunia diciptakan. Semuakeistimewaan dan kesatuan yang Kristus berikan kepada orang percaya menyiapkan merekasetiap hari untuk peperangan rohani. Bimbingan praktis diberikan untuk hubungan suami-istri(pasal 5); orang tua dan anak-anak, serta majikan dan hamba (pasal 6). Paulus membagikanbahwa bila seorang Kristen ingin berhasil, ia harus mula-mula menyadari kekayaankedudukannya di dalam Kristus, dan kuasa didapatkan bila ia 'memakai senjata Allahselengkapnya" (6:11).
Kata Kunci
:"Kekayaan" ; "Satu". Semua orang percaya di dalam Kristus adalah pewaris dari "kekayaan"Kristus serta kemurahan dan kemuliaan-Nya. Efesus berusaha untuk mempersatukan tubuhdengan menekankan bahwa ada "satu" Tuhan, "satu" iman, dan "satu" baptisan. (4:5)
Tema
:Roh Kudus memeteraikan orang-orang percaya sebagai milik Allah. Tubuh Kristus adalahGereja ... dengannya rencana Allah digenapi. Allah telah memberikan kepada orang percayasemua pengadaan yang perlu untuk menang atas serangan dari setan. Dengan kekuatan kitasendiri, kita tidak berdaya melawan serang gencar setan ... Kekuatan kita didapat dari senjataAllah. Bila orang-orang Kristen memahami panggilan mereka dalam Kristus, semua sikap yangbaik di dalamnya akan mengikuti.
 
Garis Besar
:1.
 
Salam pembukaan. (1:1-2)2.
 
Kedudukan orang-orang Kristen dalam Kristus. (1:3-3:21)3.
 
Kesatuan dan kesucian bagi jemaat Efesus. (4:1-5:21)4.
 
Persekutuan berdasarkan Kristus. (5:22-6:9)5.
 
Peperangan rohani. (6:10-20)6.
 
Kata Penutup. (6:21-24)
Latar Belakang
 Orang-orang beriman Yahudi pada masa Gereja awal sering memisahkan diri merekasendiri dan melarang masuk saudara-saudara non-Yahudi. Paulus mengunakan kesempatan iniuntuk menekankan kesatuan orang-orang percaya. Bersama-sama dengan surat-surat Kolose,Filipi, dan Filemon, Efesus dianggap sebagai salah satu dari empat "sarat-surat Penjara" karenaditulis selama masa Paulus dipenjara di Roma selama 2 tahun. Sebab itu, ia mengirim surat itu keAsia melalui temannya Tikhikus . Paulus telah mengunjungi Efesus sebelumnya dan padaperjalanan penginjilan yang ketiga ia menetap disana selama 3 tahun untuk bercerita tentangKristus. Pada masa inilah Paulus mulai memperhatikan hal-hal khusus bagi jemaat, seperti yangdiungkapkan dalam suratnya.Surat Efesus merupakan salah satu puncak dalam penyataan alkitabiah danmenduduki tempat yang unik di antara surat-surat Paulus. Surat ini tidak ditulis sebagai jawabanterhadap suatu kontroversi doktrinal atau persoalan pastoral seperti banyak surat lain, sebaliknyaEfesus memberikan kesan akan luapan penyataan yang melimpah sebagai hasil dari kehidupandoa pribadi Paulus. Paulus menulis surat ini ketika dipenjara karena Kristus(Ef 3:1; Ef 4:1; Ef 6:20), kemungkinan besar di Roma. Ada banyak persamaan di antara surat ini dengan suratKolose dan mungkin ditulis tidak lama sesudah surat Kolose. Kedua surat ini mungkin dibawasecara serentak ke tujuannya oleh seorang kawan sekerja Paulus yang bernama Tikhikus(Ef 6:21;bd.Kol 4:7). Kepercayaan umum ialah bahwa Paulus menulis surat ini dengan maksud agar sidangpembaca akan lebih luas daripada jemaat di Efesus saja -- mungkin surat ini ditulisnya sebagaisurat edaran untuk gereja-gereja di seluruh propinsi Asia. Pada mulanya mungkin setiap jemaatdi Asia Kecil menyisipkan namanya sendiri diEf 1:1,sebagai bukti relevansi amanatnya yang

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Vian Zova liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->