Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
31Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Sistem Informasi Distributor BBM

Proposal Sistem Informasi Distributor BBM

Ratings: (0)|Views: 14,174|Likes:
Published by Rendra Kurniawan

More info:

Published by: Rendra Kurniawan on Apr 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
1 |Page 
BAB IPENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
 Perkembangan teknologi saat ini akan sejalan dengan perkembanganteknologi komputer yang mendorong terjadinya perubahan berbagai ilmu, baik dalam kajian ataupun implementasi di lapangan. Peran teknologi komputer sangatdiperlukan oleh berbagai perusahaan kecil, menengah hingga besar. Mengingatkebutuhan akan peningkatan efesiensi dan efektivitas dari setiap kegiatan dalamperusahaan tidak dapat diukur dan dilakukan secara cepat dan akurat tanpa adanyadukungan teknologi tersebut. Akurasi data, kecepatan waktu dan relevansimenjadi penentu kualitas informasi yang dihasilkan.Bagi perusahaan kecil menengah maupun perusahaan besar, selainteknologi komputer haruslah sadar dan mengerti pula akan pentingnya sisteminformasi. Hal ini sangat berguna untuk membantu dan mempermudah perusahaanitu sendiri dan tentunya bisa memberikan kontribusi besar bagi kemajuanperusahaan tersebut. Sehingga upaya untuk melakukan peningkatan kualitaspelayanan, pendataan, penyimpanan, pengiriman serta kondisi kinerja keuangandapat dilakukan secara efektif. Dengan demikian peranan sistem informasi itusangat penting dalam setiap aspek kehidupan, baik itu dalam bidang ekonomi,ilmu pengetahuan, pemerintah maupun bidang teknologi itu sendiri.Bagian distribusi merupakan salah satu bagian penting di perusahaanDistributor BBM. Namun sistem yang berjalan pada bagian distribusi sebagianbesar masih terbilang kurang maksimal, karena sistem yang belum terpadusehingga pemasukkan data menjadi kurang efektif serta dalam penyimpanandatanya masih belum terintegrasi dengan baik yang akhirnya menyulitkan dalampencarian data. Selain itu sering terjadi kesulitan dalam memperbaiki data apabilaterdapat perubahan data yang baru dari permintaan pelanggan dan sulitnya pula
 
2 |Page dalam pembuatan surat jalan karena harus melakukan pengkopian ataupemindahan data terlebih dahulu dalam memasukkan data barang yang akandikirim serta terjadi kesulitan dalam pembuatan laporan. Melihat kendala yangmuncul, saya tertarik untuk membuat sebuah Sistem Informasi sebagai bahanProyek Praktikum Basis Data dengan topik atau tema “Perancangan SistemInformasi Distributor BBM”.
1.2 Identifikasi dan Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang yang telah dikemukakan di atas, makapenulis dapat mengidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut :
1.
 
Dalam mengolah data masih menggunakan sistem yang belum terpadu,yang menyebabkan cukup kesulitan untuk melakukan perubahan ataupembaharuan data.
2.
 
Penyimpanan data belum terintegrasi dengan baik sehingga pencariandata menjadi kurang efektif.
3.
 
Terjadi kesulitan dalam membuat laporan.Sedangkan rumusan masalah yang saya ambil dalam pembahasan proyek iniadalah sebagai berikut :
1.
 
Bagaimana membangun Sistem Informasi Terpadu mempunyaidatabase cukup besar untuk penyimpanan data.
2.
 
Bagaimana merancang Sistem Informasi Distributor BBM yang mudahdioperasikan dan maksimal.
3.
 
Bagaimana implementasi Sistem Informasi agar dapat membantu danmempermudah pekerjaan .
1.3 Tujuan
Tujuan dari perancangan Sistem Informasi ini adalah sebagai berikut :
1.
 
Membangun Sistem Informasi yang mempunyai database handal untuk 
 
3 |Page penyimpanan data.
2.
 
Membuat rancangan Sistem Informasi Distributor BBM yang terpadudan mudah digunakan oleh operator.
3.
 
Untuk mengimplementasikan Sistem Informasi agar membantu danmempermudah pekerjaan.
1.4 Batasan Masalah
 Adapun batasan-batasan masalah yang akan dibahas dalam perancangansistem informasi distribusi barang yang dikembangkan ini meliputi :
1.
 
Sistem yang dibangun hanya menangani masalah pendistribusian BBMyang meliputi pencatatan order barang yang diminta, pencatatanpengiriman dan pemesanan barang dan pembuatan surat jalan.
2.
 
Dalam pembuatan laporan, aplikasi ini hanya menyajikan laporanpengiriman barang, laporan stok barang, laporan pemesanan danlaporan penerimaan barang per satu periode.
3.
 
Sistem ini dibangun berbasis Web, menggunakan Web Programming(PHP, HTML, CSS, Ajax, etc) dengan database Oracle 10g dan OSyang dipakai adalah Windows XP keatas.
1.5 Metodologi Penelitian
 Untuk meneliti dan mendapatkan data sebagai bahan kajian dalampenulisan proyek dengan tujuan membuat suatu Sistem Informasi.
1.5.1 Metodologi Pengumpulan Data
 Metodologi penelitian yang dilakukan oleh penulis dalammengumpulkandata-data adalah sebagai berikut:1.
 
Tenik Observasi LangsungYakni teknik pengumpulan data dimana kita mengadakanpengamatan secara langsung, baik pengamatan itu dilakukan didalam situasi buatan yang khusus diadakan.

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
Ims Suwadi liked this
Yudi Dhila liked this
Juny de Verwende liked this
Juny de Verwende liked this
Iwann Sya Aguskurniawanm added this note|
terima kasih infonya..
Fauzan Wahyu liked this
Asep Subroto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->