P. 1
Referat Vertigo

Referat Vertigo

Ratings: (0)|Views: 7,194 |Likes:
Published by gedepambudi

More info:

Published by: gedepambudi on Apr 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Vertigo adalah halusinasi gerakan lingkungan sekitar serasa berputar mengelilingi pasienatau pasien serasa berputar mengelilingi lingkungan sekitar. Vertigo tidak selalu sama dengan
dizziness.
 
 Dizziness
adalah sebuah istilah non spesifik yang dapat dikategorikan ke dalan 4subtipe tergantung gejala yang digambarkan oleh pasien.
1
Terdapat empat tipe
dizziness
yaitu vertigo,
lightheadedness
,
presyncope
, dan
disequilibrium. Y 
ang paling sering adalah vertigo yaitu sekitar 54% dari keluhan
dizziness
yang dilaporkan pada
 primary care.
2
Diagnosis banding vertigo meliputi penyebab perifer vestibular (berasal dari system saraf perifer), dan sentral vestibular (berasal dari system saraf pusat) dan kondisi lain. 93% pasienpada Iprimary care mengalami BPPV, acute vestibular neuronitis, atau menire disease.
2
Karena pasien dengan
dizziness
seringkali sulit menggambarkan gejala mereka,menetukan penyebab akan menjadi sulit. Penting untuk membuat sebuah pendekatanmenggunakan pengetahuan dari kunci anamnesis, pemeriksaan fisik, dan temuan radiologisakan membantu dokter unutk menegakkan diagnosis dan member terapi yang tepat untupasien.
3
1.2
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apakah definisi, etiologi dan patofisiologi vertigo?2.
 
Bagaimanakah klasifikasi vertigo?3.
 
Bagaimanakah gejala klinis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, diagnosis,diagnosis banding dan terapi vertigo?
1.3
 
Tujuan
1.
 
Mampu menjelaskan definisi, etiologi, dan patofisologi dari vertigo2.
 
Mampu menjelaskan klasifikasi dari vertigo3.
 
Mampu mendiagnosis vertigo berdasarkan gejala klinis, pemeriksaan fisik, danpemeriksaan penunjang serta mampu menentukan terapi dengan tepat.
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Anatomi dan Fisiologi Alat Keseimbangan Tubuh
Terdapat tiga sistem yang mengelola pengaturan keseimbangan tubuh yaitu : sistemvestibular, sistem proprioseptik, dan sistem optik. Sistem vestibular meliputi labirin (aparatusvestibularis), nervus vestibularis dan vestibular sentral. Labirin terletak dalam pars petrosa ostemporalis dan dibagi atas koklea (alat pendengaran) dan aparatus vestibularis (alatkeseimbangan). Labirin yang merupakan seri saluran, terdiri atas labirin membran yang berisiendolimfe dan labirin tulang berisi perilimfe, dimana kedua cairan ini mempunyai komposisikimia berbeda dan tidak saling berhubungan.
4
Aparatus vestibularis terdiri atas satu pasang organ otolith dan tiga pasang kanalissemisirkularis. Otolith terbagi atas sepasang kantong yang disebut sakulus dan utrikulus.Sakulus dan utrikulus masing-masing mempunyai suatu penebalan atau makula sebagaimekanoreseptor khusus. Makula terdiri dari sel-sel rambut dan sel penyokong. Kanalissemisirkularis adalah saluran labirin tulang yang berisi perilimfe, sedang duktussemisirkularis adalah saluran labirin selaput berisi endolimfe. Ketiga duktus semisirkularisterletak saling tegak lurus.
4
Sistem vestibular terdiri dari labirin, bagian vestibular nervus kranialis kedelapan(yaitu,
nervus vestibularis
, bagian nervus vestibulokokhlearis), dan
nuklei vestibularis
dibagian otak, dengan koneksi sentralnya. Labirin terletak di dalam bagian petrosus ostempolaris dan terdiri dari utrikulus, sakulus, dan tigan kanalis semisirkularis. Labirinmembranosa terpisah dari labirin tulang oleh rongga kecil yang terisi dengan perilimf; organmembranosa itu sendiri berisi endolimf. Urtikulus, sakulus, dan bagian kanalis semisirkularisyang melebar (ampula) mengandung organ reseptor yang berfungsi untuk mempertahankankeseimbangan.
4
 
 Gambar 1. Organ pendengaran dan keseimbangan
4
 Tiga kanalis semisirkularis terletak di bidang yang berbeda. Kanalis semisirkularislateral terletak di bidang horizontal, dan dua kanalis semisirkularis lainnya tegak lurusdengannya dan satu sama lain. Kanalis semisirkularis posterior sejajar dengan aksis ospetrosus, sedangkan kanalis semisirkularis anterior tegak lurus dengannya. Karena aksis ospetrosus terletak pada sudut 45
0
terhadap garis tengah, kanalis semisirkularis anterior satutelinga pararel dengan kanalis semisirkularis posterior telinga sisi lainnya, dan kebalikannya.Kedua kanalis semisirkularis lateralis terletak di bidang yang sama (bidang horizontal).Masing-masing dari ketiga kanalis semisirkularis berhubungan dengan utrikulus.Setiap kanalis semisirkularis melebar pada salah satu ujungnya untuk membentuk ampula,yang berisi organ reseptor sistem vestibular, krista ampularis. Rambut-rambut sensorik kristatertanam pada salah satu ujung massa gelatinosa yangmemanjang yang disebut kupula, yangtidak mengandung otolit. Pergerakan endolimf di kanalis semisirkularis menstimulasi rambut-rambut sensorik krista, yang dengan demikian, merupakan reseptor kinetik (reseptorpergerakan).
4
Gambar 2. Krista ampularis

Activity (189)

You've already reviewed this. Edit your review.
Can Burcano liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
vitisfinivera liked this
thank , makasih bgt informasinya dari penyakit vertigo , smga ini smua mnjadi manfaat .
Junaedy Hf liked this
erinmowoka liked this
sri helna liked this
erinmowoka liked this
Hana Chan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->