Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
28Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PTK IPA

PTK IPA

Ratings: (0)|Views: 6,641|Likes:
Published by Yoyoh Munawaroh

More info:

Published by: Yoyoh Munawaroh on Apr 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/01/2013

pdf

text

original

 
I
 
 Penelitian Tindakan Kelas
I
IPA Terpadu
I
di MTs Negeri Sangkanurip 2010
 
I
1
BAB. IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah.Setiap Guru menginginkan proses pembelajaran yang dilaksankannyamenyenangkan dan berpusat pada siswa. Siswa antusias mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan atau memberikan pendapat , bersorak merayakan keberhasilanmereka, bertukar informasi dan saling memberikan semangat. Dan Tujuan akhir darisemua proses itu adalah aktifitas belajar siswa yang meningkat serta penguasaan konsepdan hasil belajar yang memuaskan .Sikap kurang bergairah, kurang aktif, kelas kurang berpusat pada siswa, dankadang-kadang ada yang bermain-main sendiri di dalam kelas merupakan masalah yangdihadapi MTs Negeri Sangkanurip Kuningan, khususnya untuk mata pelajaran IPATerpadu pada siswa kelas VIII.A. Kondisi ini tentunnya sangat tidak diharapkan dalamproses belajar mengajar.Sebenarnya guru telah berusaha menciptakan pembelajaran pembelajaran agarsiswa lebih aktif, diantaranya: pengamatan objek langsung, diskusi kelompok,mengerjakan LKS, menggunakan media yang ada disekolah dan menggunakan metodetanya jawab. Namun hasilnya belum dapat meningkatkan gairah dan aktivitas siswasecara maksimal.Jika kondisi seperti ini tidak dicarikan solusi alternatif pemecahan masalahnya,maka guru tetap sebagai sumber informasi satu-satunya dikleas, tidak ada tukarinformasi, dalam peningkatkan aktivitas belajar siswa, penguasaan konsep dan hasilbelajar IPA terpadu siswa tetap rendah dan jadi membosankan.Upaya untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa diantaranya dapat dilakukanmelalui upaya memperbaiki proses pengajaran. Dalam perbaikan proses belajar ini peranguru sangat penting. Oleh karena itu guru sepatutnya mampu mencari strategi yangdipandang dapat membelajarkan siswa melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan,agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif, dan hasil bejarpun diharapkandapat lebih ditingkatkan.(Ali, 1990:9).
 
I
 
 Penelitian Tindakan Kelas
I
IPA Terpadu
I
di MTs Negeri Sangkanurip 2010
 
I
2
Salah satu model pembelajaran yang dapat di pakai dalam memberdayakanpotensi siswa adalah model Cooperative Learning. Cooperative Learning disebut jugapembelajaran gotong-royong, belajar bekerjasama dan sama-sama bekerja tetapi tidak sama dengan kerja kelompok yang bisa dilakukan tanpa rancangan tertentu yang dibuatoleh guru. Dalam cooperative learning setiap siswa dituntut untuk bekerja dalamkelompok melalui rancangan-rancangan tertentu yang sudah dipersiapkan oleh gurusehingga seluruh siswa harus aktif ( Syafrian et al, 2004:25).Pada dasarnya hakikat belajar adalah wujud aktivitas pada saat terjadinyapembelajaran di kelas. Aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas fisik dan mental siswa.Piage ( dalam Nasution: 2000) berpendapat bahwa, seorang naak berfikir sepanjang iaberbuat. Tanpa berbuat anak tidak berfikir. Agar anak berfikir, ia harus diberi kesempatanuntuk berbuat sendiriBerdasarkan pendapat tersebut, untuk mengatasi masalah diatas maka dilakukanpenelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran cooperativelearning tekni two stay two stray ( dua tinggal dua bertamu) kedalam prosespembelajaran dengan harapan pemebelajaran IPA terpadu jadi menyenangkan, siswalebih aktif, dan tercapaianya tujuan pembelajarann yang diinginkan .B.
 
Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang masalah diatas, peneliti akan mengemukakan rumusanmasalah sebagai berikut:
“ Apakah proses pembelajaran pada materi pokok 
system pernapasan pada manusiamelalui model pembelajaran cooperative learning teknik two stay two stray ( dua tinggaldua bertamu) dapat meningkatkan aktifitas siswa belajar siswa di kelas VIII.A MTsNegeri Sangkanurip?.C.
 
Cara Pemecahan MasalahDalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa, khususnya pada materi pokok systempernapasan pada manusia di kelas VIII.A MTs Negeri Sangkanurip Kabupaten Kuningan,maka kegiatan proses pembelajaran akan dilakukan dengan menggunakan modelPembelajaran cooperative teknik teo stay two stray.D.
 
Hipotesa Tindakan
 
I
 
 Penelitian Tindakan Kelas
I
IPA Terpadu
I
di MTs Negeri Sangkanurip 2010
 
I
3
Proses pembelajaran pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia bila dilakukanmelalui model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray ( dua tinggal duabertamu) di duga akan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswaE.
 
Tujuan dan Manfaat Penelitian1.
 
Tujuan Penelitiana.
 
Untuk meneliti dalam meningkatkan kualitas proses pembejaran pada materipokok system pernapasan pada manusiab.
 
Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem pernapasanpada manusia2.
 
Manfaat PenelitianManfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah:a.
 
Bagi Guru1.
 
Memperoleh pengalaman nyata untuk memperbaiki proses pemebelajaran2.
 
Sebagai bahan masukan untuk inovasi pembalajaran3.
 
Dapat meningkatkan kepekaan dan profesionalisme seorang guru4.
 
Guru menjadi percaya diri untuk berkembang secara profesional maupunakademik 5.
 
Guru berperan aktif menyumbangkan pengetahuan dan keterampilan sendirib.
 
Bagi Siswa1.
 
Siswa memperoleh pengalaman baru dalam belajar2.
 
Siswa belajar berdiskusi dan bekerja secara kooperatif 3.
 
Siswa bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam prosespembelajaran.

Activity (28)

You've already reviewed this. Edit your review.
Moel Yadi liked this
1 hundred reads
1 thousand reads
Mardiana Lestari liked this
Syamsinar Inar liked this
Puput Putri liked this
Win Wijayanti II liked this
Thanks ...sangat bermanfaat
abumeisha liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->