Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGKAJIAN CERPEN INDONESIA: GODLOB

PENGKAJIAN CERPEN INDONESIA: GODLOB

Ratings: (0)|Views: 349 |Likes:
ANALISIS HAL-HAL MENARIK CERPEN GODLOB KARYA DANARTO
ANALISIS HAL-HAL MENARIK CERPEN GODLOB KARYA DANARTO

More info:

Published by: Ingeu Widyatari Heriana on Apr 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
TUGAS MATA KULIAH PENGKAJIAN CERPEN INDONESIAANALISIS HAL-HAL MENARIK DALAM CERPEN“GODLOB”DANARTOINGEU WIDYATARI HERIANA180110110055SASTRA INDONESIAFAKULTAS ILMU BUDAYAUNIVERSITAS PADJADJARAN2012
 
Pengarang:DanartoTahun Terbit:1974Judul Cerpen:GodlobKota Terbit:JakartaPenerbit:Pustaka Utama Grafiti
 
Hal-Hal menarik terdapat dalam salah satu cerpen karya Danarto yang berjudul ”Godlob”. Sayamemilih dua unsur cerpen sebagai hal menarik tersebut, yaitu amanat dan unsur sosial. Sebagai objek tugas matakuliah Pengkajian Cerpen Indonesia, berikut Saya jabarkan hal-hal apa saja yang menjadikan cerpen karyaDanarto ini menjadi sebuah kisah yang begitu mengesenkan dan memberi pelajaran bagi para pembaca.AmanatCerpen “Godlob” memberi pelajaran untuk pembaca bahwa manusia harus bersikap setia, komitmen,dan tegas dalam menjalani kehidupan. Dalam salah satu sebelas asas kepemimpinan manusia harus memilikisikap ambeg paroma arta. Sebagai seorang pemimpin harus sanggup menentukan prioritas dalam hidup.Manusia sebagai pemimpin di bumi Tuhan Yang Maha Esa harus bisa memilih mana yang harus didahului. Haltersebut dibuktikan dengan kutipan cerpen “Godlob” pada awal alurnya atau prolog cerpen berikut ini.
 Laksana setan maut yang compang-camping mereka buas dan tidak mempunyai ukuran hingga merekaloncat ke sana loncat kemari., terbang ke sana terbang kemari, dari bangkai atau mayat yang satu ke gumpalandaging yang lain. Dan burung-burung ini jelas kurang tekun dan tidak memiliki kesetiaan.
Tidak boleh bersikap seperti hewan yang selalu berpindah-pindah pendirian, pasangan, tuan, dan tempat bernaung. Manusia yang tidak tekun, teliti, dan serius dalam menjalani hidupnya terhadap apa yang telahdiamanahkan dan diterima maka manusia adalah hewan. Dari kutipan tersebut dapat diambil hikamh bahwasegala sesuatu yang sedang manusia hadapi atau dapati harus dipertanggungjawabkan.Pembaca juga diajak merenung untuk menerima dengan ikhlas ketentuan atau takdir dari Sang Pencipta.Segala sesuatu yang telah didapatkan sebagai rezeki harus disyukuri karena apa pun yang telah Ia berikan untuk manusisa adalah yang terbaik untuk hidup manusia karena Ia tidak pernah salah. Ia yang menciptakan lalumengatur alam semsta beserta isinya tidak bisa digugat keadaan yang demikian. Dapat dibuktikan dengankutipan percakapan tokoh anak kepada ayahnya berikut ini.
“Ayah, cukupla. Bagiku semuanya memastikan. Tidak ada yang menyangsikan walaupun keadaannya rutin,rutin belaka. Semuanya kita sudah diatur.Tanpa kuminta dan di luar pengetahuan saya, lahirlah saya darirahim ibuku yang bersuamikan Ayah.”Ia berhenti bicara karena napasnya tersengal-sengal. Dan roda-roda gerobak berderak-derak, sedang dua ekor kerbau ogah-ogahan.“Aku anak bungsu. Kenapa aku tidak minta sebagai anak sulung? Aku kagum kepada tentara. Aku inginmemasukinya. Aku dilarang. Perang pecah dan membawaku ke sana. Sekarang aku luka parah, mungkin bisahidup terus, mungkin sebentar nanti mati. Tapi kini aku bisa berkata bahwa tentara itu baik. Semacam manusia yang percaya kepada manusia lain, sehingga kepasrahan ini mampu mendorongnya untuk mengorbankan segala-segalanya, harta bendanya, keluarganya, dan nyawanya.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Lisa Ajach liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->