Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rpp Ipa Gaya

Rpp Ipa Gaya

Ratings: (0)|Views: 563 |Likes:
Published by f4lcon16

More info:

Published by: f4lcon16 on Apr 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2013

pdf

text

original

 
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SD N 2 BanaranMata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan AlamKelas/Semester : V/2Alokasi Waktu : 5 kali pertemuan @ 2 x 35 menit Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinyaKompetensi Dasar : 5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melaluipercobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)Indikator :1.
 
Melakukan percobaan untuk membandingkan kecepatan jatuh dua buah benda dari ketinggiantertentu.2.
 
Melakukan percobaan untuk mengetahui arah gravitasi bumi.3.
 
Mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis.4.
 
Melakukan percobaan untuk kekuatan gaya tarik magnet.5.
 
Mencari informasi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.6.
 
Membuat magnet dengan berbagai cara misalnya induksi, digosok, dan dialiri listrik.7.
 
Melakukan percobaan untuk membandingkan gerak benda pada dua permukaan yang berbeda.8.
 
Menemukan berbagai cara memperkecil gaya gesek suatu benda melalui percobaan danpengamatan.9.
 
Mendata manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
I.
 
Tujuan Pembelajaran
1.
 
Melakukan percobaan untuk membandingkan kecepatan jatuh dua buah benda dari ketinggiantertentu.2.
 
Melakukan percobaan untuk mengetahui arah gravitasi bumi.3.
 
Mengelompokkan benda-benda magnetis dan non magnetis.4.
 
Melakukan percobaan untuk kekuatan gaya tarik magnet.5.
 
Mencari informasi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.6.
 
Membuat magnet dengan berbagai cara misal:induksi, digosok, dan dialiri listrik.7.
 
Melakukan percobaan untuk membandingkan gerak benda pada dua permukaan yang berbeda.8.
 
Menemukan berbagai cara memperkecil gaya gesek suatu benda melalui percobaan danpengamatan.9.
 
Mendata manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
II.
 
Materi PembelajaranPENGERTIAN DAN PENGARUH GAYA
Gerakan mendorong atau menarik yang menyebabkan benda bergerak disebut gaya. Gaya yangdikerjakan pada suatu benda akan mempengaruhi benda tersebut. Gaya terhadap suatu benda dapat mengakibatkan benda bergerak, berubah bentuk, dan berubah arah.Pada saat kamu menendang bola maka bola akan bergerak dan berubah arahnya. Gaya padabenda juga mengakibatkan benda berubah bentuk. Sebagai contohnya, ketika kamu bermain denganplastisin kamu dapat membuat berbagai macam bentuk. Gaya tangan menyebabkan bentuk plastisinberubah sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
Macam-macam Gaya1. Gaya Magnet 
Magnet atau kemagnetan adalah kemampuan suatu benda untuk menarik benda-benda lain yangberada di sekitarnya.Berdasarkan kemagnetannya, benda dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:1.Benda magnetik (disebut juga Feromagnetik)Benda magnetik yaitu benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan cukup kuat.Contoh: besi, baja, nikel, kobalt.
 
2.Benda bukan Magnetik (non magnetik) Terbagi menjadi:a.Paramagnet:Paramagnetik yaitu benda yang dapat sedikit ditarik oleh magnet kuat.Contoh: alumunium, platina, tembaga.b.Diamagnetik:Diamagnetik yaitu benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet kuat.Contoh: merkuri, emas, bismut, seng.c. Magnet keras : adalah benda yang sukar dijadikan magnet, tetapi setelah menjadi magnet, sifat kemagnetannya tersimpan lama.Contoh: baja, alkomak, kobalt.d. Magnet lunak adalah benda yang mudah dijadikan magnet tetapi tidak menyimpan lama sifat kemagnetannya.Contoh: besi.
MEDAN MAGNET
 Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet di mana magnet lain masih dapat dipengaruhi olehgaya magnet jika berada pada daerah itu.Garis gaya magnet adalah pola garis yang terbentuk di sekitar medan magnet.
Sifat garis gaya magnet adalah:
 1.Garis gaya magnet keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan,2.Garis gaya magnet tidak pernah berpotongan,3. Tempat yang mempunyai garis gaya magnet yang rapat, menunjukkan medan magnet yang kuat.
GAYA ANTAR KUTUB MAGNET
 Magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan.- Kutub utara (U) : selalu menunjuk ke arah utara bumi.- Kutub Selatan (S): selalu menunjuk ke arah selatan bumi.Kutub-kutub sejenis tolak menolak Kutub-kutub tidak sejenis
> tarik-menarik 
TEORI KEMAGNETAN
 1.
 
Sebuah magnet selalu tersusun atas magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer,2.
 
Pada benda magnetik, magnet elementer tersusun secara teratur, tetapi pada bendanonmagnetik, elementernya tersusun secara acak,3.
 
Prinsip membuat magnet adalah menjadikan magnet elementer yang semula acak (tidak teratur) menjadi teratur dan searah,4.
 
Magnet elementer pada magnet lunak mudah diatur sehingga mudah dijadikan magnet,5.
 
Magnet elementer pada magnet keras sukar diatur sehingga sukar dijadikan magnet,6.
 
Pada benda yang sudah menjadi magnet, jika benda tersebut dipotong, maka masing-masingpotongan tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan.
CARA MEMBUAT MAGNET
 Ada 3 cara untuk membuat magnet:1.Dengan cara menggosok,2.Dengan cara induksi (didekatkan tanpa menyentuh),3. Dengan menggunakan arus listrik.Untuk menghilangkan sifat kemagnetannya dapat dilakukan dengan cara:1.Dipanaskan (pemanasan),2.Dipukul (pemukulan).
MANFAAT MAGNET
 
Dalam kehidupan sehari-hari gaya magnet digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengambilbenda-benda dari logam, penunjuk arah, mengubah energi listrik menjadi energi bunyi,menghasilkan listrik, menggantikan roda pada kereta api maglev, dan merapatkan dua benda.
1.
 
Mengambil Benda-Benda dari Logam
 Masih ingatkah kamu benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet? Benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet adalah bahan yang terbuat dari logam seperti besi, baja, dan nikel. Denganadanya sifat itu, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk mempermudah mengambilbenda dari logam. Peralatan tersebut antara lain gunting, obeng, tang, dan alai pengangkut besitua.Tahukah kamu bahwa beberapa gunting, obeng, dan tang memiliki magnet pada bagianujungnya? Ujung-ujung gunting dibuat bermagnet agar mudah mengambil dan mencari jarum.Ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obengsehingga mudah memasangnya.Alat pengangkut besi tua menggunakan elektromagnet yang dialiri arus listrik kuat untuk mengangkut besi tua. Besi tua akan menempel pada alas pengangkut selama arus listrik ternsmengalir. Bila arus listrik dimatikan, besi tua akan berjatuhan.Alat tersebut juga berfungsi memisahkan besi dan baja tua dengan benda-benda lain yang bukan
logam. Besi dan baja tua yang telah ‘an akan dileb
ur untuk dibentuk menjadi besi dan baja yangbaru.
2.
 
Penunjuk Arah
 Magnet dapat digunakan untuk menunjukkan arah karena kutub-kutub magnet selalumenunjukkan arah utara dan selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut adalahkompas. Kompas adalah alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga dapat digunakanuntuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki gunung, dan pilot untuk membantu menunjukkan jalan.
3.
 
Membantu dalam Perubahan Energi
 Coba kamu perhatikan beberapa peralatan listrik seperti televisi dan radio. Apakah kamu bisamelihat magnet pada peralatan tersebut? Meskipun tidak terlihat, beberapa peralatan tersebut menggunakan magnet pada bagian pengeras suara (speaker). Fungsi magnet pada speaker adalahmengubah energi listrik menjadi energi bunyi.
4.
 
Menghasilkan Listrik 
 Magnet dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yangmenggunakan magnet untuk menghasilkan listrik adalah dinamo sepeda.Pada dinamo sepeda, magnet menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakanuntuk menyalakan lampu sepeda.
5.
 
Merapatkan Dua Benda
 Coba perhatikan pintu lemari es. Mengapa pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat?Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yangpanjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadimagnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintulemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan danminuman di dalamnya tetap segar.
6.
 
Beberapa benda lain yang menggunakan magnet adalah kotak pensil dan tas. Magnet dapat menjaga kotak pensil dan tas menutup dengan rapat sehingga berbagai benda di dalamnya tidak mudah jatuh. Beberapa pintu menggunakan magnet agar pintu tidak mudah menutup jika tertiupangin. Magnet tersebut diletakkan di balik pintu dengan besi atau baja menempel pada belakangpintu.
7.
 
Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev
 Kereta api jenis maglev adalah kereta api modern yang bergerak tidak menggunakan roda tetapimenggunakan magnet. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari magnet.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dwi Ayu S liked this
Saamih Farha added this note
Mohon izin untuk mendownlod rpp ini ...!
seniman liked this
nurulragil liked this
Black Moon liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->