Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN CANGKOK

LAPORAN CANGKOK

Ratings: (0)|Views: 3,121 |Likes:
Published by Agash TRamp

More info:

Published by: Agash TRamp on Apr 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN BIOTEKNOLOGI
Nama : Siti MufarrojahNIM : 208 203 976Tanggal Praktikum : 24 November 2011Judul Praktikum : Pembuatan Teknik Propagasi TanamanTujuan :
I.
 
Hasil PengamatanPembahasan
Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengembangkan pembudidayaantanaman.secara garis besar kita mengenal dua cara pengembangbiakkan tanaman,yaitu secaravegetatif alami dan secara vegetatif buatan.namun yang akan kita bahas kali ini adalahpengembangbiakkan secaravegetatif buatan.sebab cara ini sering dilaksanakan untuk pembudidayaan tanaman. Misalnya mencangkok, merunduk, dan menyambung.
 
Perbanyakan tanaman juga memiliki beberapa jenis cara, diantaranya adalahperbanyakan segara genetatif maupun vegetatif.Disini saya hanya akan membahas salah satu cara perkembangbiakkan tanaman yangtermasuk dalam vegetative buatan,yaitu mencangkok. Mencangkok adalah menguliti hinggabersih dan menghilangkankambiumpada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm. Tumbuhandikotil yang dicangkok akan memilikiakar serabut,bukanakar tunggang. 
 
Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yangditanam dari biji dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Akan tetapi, tumbuhan hasilcangkokan mudah roboh, karena sistem perakarannya adalah serabut, oleh karena itu berhati-hatilah ketika menanamnya dan umurnya lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang ditanamdari biji.Dalam kenyataannya, hanya tumbuhan dikotil saja yang dapat dicangkok. Supayalebih jelas alangkah baiknya kita meninjau struktur batangnya (karena batanglah yangdicangkok). Struktur batang tumbuhan monokotil berbeda dengan susunan batang dikotil.Struktur batang tumbuhan dikotil dan monokotil berbeda, adapun perbedaannyaantara lain:1.
 
Berkas pembuluh pada tumbuhan dikotil teratur. Floem terletak di bagian luar pembuluhdan xylem terdapat di bagian dalam pembuluh, di antara dua bagian ini terdapat kambiumyang meripakan jaringan meristematis sekunder. Sedangkan pada tumbuhan monokotilberkas pembuluhnya menyebar. Xylem dan floemnya berdekatan tapi menyebar diseluruh bagian.
 
2.
 
Batang dikotil memiliki kambium untuk pertumbuhan sekunder (membesar / melebar)sedangkan tumbuhan monokotil tidak.
 
Dua hal di ataslah yang menyebabkan hanya tumbuhan dikotil yang bisa dicangkok.Mencangkok memerlukan susunan batang yang teratur. Saat mencangkok jaringan floemdihilangkan agar zat makanan hasil fotosintesis terhenti di daerah pemotongan danmerangsang pertumbuhan akar. Selain itu juga dibutuhkan kambium yang merupakan jaringan meristematis untuk pertumbuhan sekunder.Mencangkok sendiri sebenarnya adalah suatu peristiwa translokasi,yaitu denganmenyayat batang pada bagian floemnya, sedangkan xilemdibiarkan utuh. Setelah beberapalama akan terjadi penggembungan pada bagian yang di sayat karena ada timbunan bahanorganik. Bagian bekas luka yang menggembung disebutkalus. Pada batang atau akar
 
tumbuhan dikotil, jika mengalami luka maka akan ada usaha untuk memperbaiki bagiantesebut dengan pembentukan kalus dan dengan bantuan hormon luka atau kambium luka(asam traumalin).Translokasi dapat pula diamati pada pengeluaran getah pada proses penyadapan. Padaperbanyakan dengan cara mencangkok batang bawah tidak diperlukan karena pada cara iniperakaran keluar langsung dari cabang pohon induk yang dicangkok. Cara perbanyakanvegetatif dengan stek pada prinsipnya menumbuhkan bagian atau potongan tanaman,sehingga menjadi tanaman baru.Kelebihan bibit vegetatif yaitu kualitas tanaman keturunan mempunyai sifat yangpersis sama dengan induknya,bibit berumur genjah (cepat berbuah).Sebagai contoh adalahtanaman mangga asal bibit susuan dapat berbuah lima tahun setelah tanam, sedangkan bibityang berasal dari biji baru berbuah 10-15 tahun setelah tanam. Contoh yang lain adalah bibitdurian hasil okulasi dapat berbuah 4- 6 tahun setelah tanam,sedangkan bibit asal biji akanberbuah setelah berumur lebih dari 10 tahun setelah tanam.
Teknik Pencangkokan
Teknik perbanyakan vegetatif dengan cara pelukaan atau pengeratan cabang pohoninduk dan dibungkus media tanam untuk merangsang terbentuknya akar. Pada teknik ini tidak ada batang bawah dan batang atas. Teknik ini relatif sudah dilakukan oleh petani dankeberhasilannya lebih tinggi, karena pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masihberada di pohon induk.Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.Tanamanasal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau di pematang kolamikan.Disamping keuntungan, terdapat juga beberapa kekurangan/ kerugian pembibitandengan system cangkok.Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering.Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar tunggang. Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong. Dalam satu pohon induk kitahanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlahbesar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.Media untuk mencangkok bisa menggunakan serbuk sabut kelapa ataupun cacahansabut kelapa. Dapat pula digunakan campuran kompos/ pupuk kandang dengan tanah (1:1).Kalau disekitar kebun ada tanaman bambu, maka tanah di bawah bambu yang telahbercampur seresah daun bambu dan sudah membusuk bisa juga digunakan untuk mediacangkok. Waktu pelaksanaan sebaiknya pada awal musim hujan, sehingga cangkokan tidak akan kekeringan.

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
IhdaHilya liked this
Aryanda Sani liked this
Yunita Arya Sari liked this
Al Akhyar liked this
Andery Aying liked this
Radit Bcl liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->