Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manusia Dan Cinta Kasih

Manusia Dan Cinta Kasih

Ratings: (0)|Views: 87 |Likes:
Published by Satrio Achmad

More info:

Published by: Satrio Achmad on Apr 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2012

pdf

text

original

 
 
Manusia dan Cinta Kasih
 
A.
 
CINTA KASIH
 Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya W.J.S Poerwadarminta, cinta adalahrasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangattertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada ataumenaruh belas kasihan. Dengan kata lain cinta dan kasih memiliki hampir kesamaan artitetapi kata kasih memperkuat arti dari cinta.Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasayang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa,mengarah kepada yang dicintai.
Cinta sama sekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagaiberikut:
 
 
Cinta bersifat manusiawi, hanya pada manusialah Cinta timbul danberkembang,sedangkan pada binatang terbatas pada naluri untuk melindungi
 
Cinta bersifat rokhaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah.
 
Cinta menunjukkan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.
Ada 3 unsur tentang cinta, yaitu:
 
 
Keintiman : kedekatan hubungan
 
Gairah : secara sexual, cantik,ganteng,dll
 
Komitmen : pernyataan bahwa kau pacarku
Kemungkinan:
 keintiman+komitmen =Cinta Hampa = ada pernyataan pacaran , ada kedekatan tp nga adanafsu (ketertarikan lawan jenis) =komitmen+Nafsu=:Cinta Romantis ada pernyataan dan adaketertarikan terhadap lawan jenis (merasa pasanganya cantik,guanteng,dll)=Nafsu+keintiman=Cinta Semberonoo: ada ketertarikan,ada kedekatan hubungan tapi tidak ada status pacaran.
 
Ada tiga tingkat cinta.
 
Pertama,
cinta atas dasar harapan mendapat sesuatu. Yaitu ketika seorang yang mencintaikekasihnya karena menginginkan sesuatu dari kekasihnya itu. Dan sesuatu yangdiinginkannya itu biasanya berujud materi.
Kedua,
cinta atas dasar mengharap ridho kekasih. Cinta seperti ini lebih tinggi tingkatannyadari yang pertama. Yaitu mencintai kekasih karena semata mengharap ridhonya. Orang yangmemiliki cinta tingkat kedua ini akan melakukan apapun secara sukarela dengan tujuan agarkekasih mendapatkan kebahagiaan. Agar kekasih memperoleh kesenangan. Agar kekasihterhindar dari marabahaya, dll. Terkadang ada dia berani mengambil resiko besar dalammelakukan hal-hal tersebut. Terkadang dia bersedia melakukan sesuatu yang konyol danmemalukan. Terkadang dia mau melakukan sesuatu yang tidak masuk akal.
Ketiga,
cinta atas dasar mengharap Ridho Allah sekaligus ridho kekasih. Inilah cinta sejati.Inilah cinta tertinggi. Pada cinta jenis kedua (mengharap ridho kekasih), adakalanya orangtersebut melakukan sesuatu dengan tulus namun apa yang dilakukannya itu tidak diridhoioleh Allah, Sang Pencipta Cinta. Artinya apa yang dilakukannya itu menyimpang dari aturan-aturan agama. Jika demikian adanya, maka dia dan kekasihnya tidak akan merasakankebahagiaan sejati. Yang dirasakannya hanyalah kesenangan jangka pendek dan bersifatsemu.Dalam kehidupan manusia, cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk. Kadang
 – 
kadangseseorang mencintai dirinya sendiri. Kadang
 – 
kadang mencintai orang lain. Atau jugamencintai anak dan istrinya, hartanya, Allah dan rasulnya.
Ada berbagai bentuk cinta yaitu :
 
 
Cinta Persaudaraan, diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cintapersaudraan tidak mengenal adanya batas
 – 
batas manusia berdasarkan SARA.
 
Cinta Keibuan, kasih sayang yang bersumber pada cinta seorang ibu terhadap anaknya.
 
Cinta Erotis, kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi) merupakan sesuatuyang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Namun, bilaorang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari rasa cinta, di dalamnya samasekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
 
Cinta Diri Sendiri, yaitu bersumber dai diri sendiri. CInta diri sendiri bernilai positif jikamengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus dirinya dalam kebutuhan jasmanidan rohani.
 
Cinta Terhadap Allah
 
B.
 
CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
 1.
 
Cinta Diri
 Cinta Diri erat kaitannya dengan dorongan menjaga diri. Al-
Qur’an telah
mengungkpkan cinta alamiah manusia terhadap dirinya sendiri ini, kecenderungannyauntuk menuntut segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya, danmenghindari diri dari segala sesuatu yang membahayakan kesalahan dirinya, melaluiucapan Nabi Muhammd SAW, bahwa seandainya beliau mengetahui hal-hl gaib, tentubeliau akan memperbanyak hal-hal yang baik bagi dirinya dan menjauhkan dirinya darisegala keburukan.2.
 
Cinta Kepada Sesama Manusia
 Agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan denganmanusia lainnya, tidak boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri danegoismenya. Allah ketika member isyarat tentang kecintaan manusia pada dirinyasendiri, seperti yang tampak pada keluh kesahnya apabila ia tertimpa kesusahan danusahanya yang terus menurus untuk memperoleh kebaikan serta kebakhilannya dalammemberikan sebagian karunia yang diperolehnya, setelah itu Allah langsung memberipujian kepada orang-orang yang berusaha untuk tidak berlebih-lebihan dalam cintanyakepada diri sendiri dan melepaskan diri dari gejala-gejala itu.3.
 
Cinta Seksual
 Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalammelestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama ntara suami dan istri. Ia merupakanfactor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga :
“Dan
diantara tanda-tanda kekuasaannya ialah dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dandijadikannya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itubenar-benar terdapat tanda-tanda bagi yang berpikir. QS, Ar-Rum, 30:21)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->