P. 1
BAB II

BAB II

Ratings: (0)|Views: 490 |Likes:

More info:

Published by: Adi Hadiansyah Fahrizal on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IILANDASAN TEORI
2.1Teori Tentang Konsep2.1.1 Sistem1.Pengertian Sistem
Sistem merupakan istilah dari bahasa yunani “system” yang artinyaadalah himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secarateratur untuk mencapai tujuan bersama.Pengertian sistem menurut sejumlah para ahli :a.L. James HaveryMenurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satudengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatukesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. b.John Mc ManamaMenurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yangtersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerjasebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yangdiinginkan secara efektif dan efesien.c.C.W. Churchman.Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yangdikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.7
 
8d.J.C. HingginsMenurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yangsaling berhubungan.e.Edgar F Huse dan James L. BowdictMenurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian- bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupasehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akanmempengaruhi keseluruhan.f.Jerry FithGeraldsistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatukegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
2.Karakteristik Sistem
a.Memiliki komponenSuatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagiandari sistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistemuntuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi prosessistem secara keseluruhan. b.Batas sistem (boundary)Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatusistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistemtersebut.
 
9c.Lingkungan luar sistem (environment)Adalah apapun di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasisistem.d.Penghubung sistem (interface)Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengansubsistem yang lainnya.e.Masukan sistem (input)Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem.Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) danmasukan sinyal (signal input). Maintenance input adalah energiyang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroperasi. Signalinput adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalahmaintanance input yang digunakan untuk mengoperasikankomputernya dan data adalah signal input untuk diolah menjadiinformasi.
f.
Keluaran sistem (Output)Merupakan hasil dari energi yang diolah oleh sistem.
g.
Pengolah sistem (Process)Merupakan bagian yang memproses masukan untuk menjadikeluaran yang diinginkan.
h.
Sasaran sistemKalau sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.
3.Pelaku Sistem

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->