Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Agama Islam Sebagai Agama Samawi

Agama Islam Sebagai Agama Samawi

Ratings: (0)|Views: 878 |Likes:
Published by Yani Hana Ichiyuki

More info:

Published by: Yani Hana Ichiyuki on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

 
Agama Islam sebagai Agama Samawi
Kata ISLAM berasal dari bahasa arab yang artinya berserah diri kepada Allah. Allah menujuk nabi Muhammad yang dilahirkan di mekah pada tahun 571 sesudah masehi, untuk menyampaikanajaran islam. Menurut sejarah islam, Muhammad adalah keturunan Nabi Ibrahim, pembawa agamaSamawi. Muhammad SAW menerima wahyu Allah yang kemudian dikumpul dalam satu kitabyang diberi nama AL-QURAN.Agama Samawi atau disebut juga agama langit adalah Agama yang dipercaya oleh para pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah.Beberapa pendapat menyimpulkan bahwa suatu agama disebut agama samawi jika:
Mempunyai definisi Tuhan yang jelas.
Mempunyai penyampai risalah (nabi/rasul).
Mempunyai kumpulan wahyu dari Tuhan yang diwujudkan dalam kitab suci.Didunia ini agama-agama besar yang dianggap agama Samawi diantaranya Yahudi, Nasrani,Islam.Kebalikan dari agama Samawi adalah agama Ardhi (agama bumi). Agama Ardhi ialah agamayang di ciptakan oleh manusia. Seperti agama Hindu, Budha, Kong Hu Cu.Ada beberapa ciri dan karakteristik utama yang membedakan antara agama samawi dan agamaardhi, kami akan sebutkan beberapa di antaranya:
1.Bukan tumbuh dari masyarakat, tapi diturunkan untuk masyarakat
Agama samawi tidak diciptakan oleh manusia lewat kontemplasi atau perenungan. Berbedadengan agama Budha, yang diciptakan oleh Sidharta Gautama. Sang Budha konon dahulu duduk merenung di bawah pohon Bodi, lalu mendapatkan temuan-temuan berupa nilai-nilai kehidupan,yang kemudian dijadikan sebagai dasar agama itu.Demikian juga, agama samawi sangat jauh berbeda dengan konsep pengertian agamamenurut beberapa ilmuwan barat, yang memandang bahwa asalkan sudah mengandung pengabdiankepada suatu kekuatan tertentu, atau ada ajaran tertentu, atau ada penyembahan tertentu, makasudah bisa disebut agama.
 
Umumnya para ilmuwan barat cenderung menganggap sebuah aliran kepercayaan,spiritulisme tertentu serta nilai-nilai tertentu sebagai sebuah agama.Sementara konsep agama samawi adalah sebuah paket ajaran lengkap yang turun darilangit. Kata samawi mengacu kepada arti langit, karena tuhan itu ada di atas langit menurunkanwahyu. Wahyu bukan sekedar kata-kata ghaib atau magis, melainkan berisi hukum dan undang-undang yang mengatur semua tatanan hidup manusia, mulai dari masalah yang paling kecil hinggayang paling besar. Dari masalah mikro sampai masalah makro.Agama samawi tidak pernah menciptakan sendiri ajarannya, tetapi menerima ajaran itu dariatas langit begitu saja. Berbeda dengan agama ardhi, di mana ajarannya memang diciptakan,disusun, dibuat dan diolah oleh sesama makhluk penghuni bumi, manusia.
2.Disampaikan oleh manusia pilihan Allah, utusan itu hanya menyampaikan bukanmenciptakan
Karena agama samawi datang dari tuhan yang ada di langit, dan tuhan tidak menampakkkan diriNya secara langsung, maka agama samawi mengenal konsep kenabian.Fungsi dan tugas nabi ini adalah menyampaikan semua kemauan, perintah, aturan, syariah,undang-undang dari tuhan kepada umat manusia. Seorang nabi tidak diberi wewenang untumenciptakan ajaran sendiri. Nabi bukan manusia setengah dewa, maka tidak ada konsep penyembahan kepada nabi.Dalam konsep agama samawi, seorang nabi hanyalah seorang manusia biasa. Dia bisa lapar lalu makan, dia bisa haus lalu minum, dia juga bisa berhasrat kepada wanita lalu dia menikah. Namun di balik semua sifat kemanusiaannya, seorang nabi mendapat wahyu dari langit. Sertamendapatkan penjagaan dan pemeliharaan dari langit agar tidak melakukan kesalahan.Satu lagi fungsi seorang nabi yang tidak boleh dilupakan, yaitu sosok diri seorang nabidijadikan suri tauladan, contoh hidup yang nyata, dan model untuk bisa ditiru oleh manusia.
3.Memiliki kitab suci yang bersih dari campur tangan manusia
Perbedaan lainnya lagi antara agama samawi dan agama ardhi adalah bahwa tiap agamasamawi memiliki kitab suci yang turun dari langit. Kitab suci itu datang langsung dari tuhan, bukanhasil ciptaan manusia.Diturunkan lewat malaikat Jibril alaihissalam, kepada para nabi. Lalu para nabimengajarkan isi wahyu itu kepada umatnya. Jadilah kumpulan wahyu itu sebagai kitab suci. Ituadalah proses turunnya Al-Quran. Atau bisa jadi Allah SWT menurunkan kitab itu sekaligus dalamsatu penurunan, seperti yang terjadi para kitab-kitab suci yang turun kepada Bani Israil.
 
Sedangkan agama ardhi seperti Hindu, Budha, Konghucu, Shinto, dan lainnya, meski juga punya kitab yang dianggap suci, namun bukan wayhu yang turun dari langit. Kitab yang merekaanggap suci itu hanyalah karangan dari para pendeta, rahib, atau pun pendiri agama itu. Bukanwayhu, bukan firman, bukan kalamullah, bukan perkataan tuhan.Dari sisi isi materi, umumnya kitab suci agama samawi berisi aturan dan hukum. Kitab-kitab itu bicara tentang hukum halal dan haram. Adapun kitab suci agama ardhi umumnya lebih banyak bicara tentang pujian, kidung, nyanyian, penyembahan.
4.Konsep tentang Tuhannya adalah tauhid
Agama samawi selalu mengajarkan konsep ketauhidan, baik Islam, yahudi atau punnasrani. Tuhan itu hanya satu, bukan dua atau tiga, apalagi banyak.Sedangkan agama ardhi umumnya punya konsep bahwa tuhan itu ada banyak. Walau punada yang paling besar dan senior, tetapi masih dimungkinkan adanya tuhan-tuhan selain tuhansenior itu, yang boleh disembah, diagungkan, diabdi dan dijadikan sesembahan oleh manusia.Konsep bertuhan kepada banyak objek ini dikenal dengan istilah polytheisme. Agama dankepercayaan yang beredar di Cina telah mengarahkan bangsa itu kepada penyembahan dewa-dewa.Ada dewa api, dewa air, dewa hujan, dewa tanah, dewa siang, dewa malam, bahkan ada dewa yangkerjanya minum khamar, dewa mabok.Kepercayaan bangsa-bangsa di Eropa pun tidak kalah serunya terhadap konsep dewa-dewaini. Semua bintang di langit dianggap dewa, diberi nama dan dikait-kaitkan dengan nasibseseorang. Kemudian ada dewa senior di gunung Olympus, Zeus namanya. Dewa ini punya anak,setengah dewa tapi setengah manusia, Hercules namanya. Lalu para dewa itu bertindak-tanduk seperti manusia, bahkan hewan. Ada yang perang, ada yang berzina, ada yang mabuk-mabukan bahkan ada dewa yang kerjaannya melacurkan diri.Kepercayaan bangsa Romawi kuno hingga hari ini masih saja berlangsung di masyarakat barat, mereka masih sangat kental mempercayai adanya dewa-dewa itu.Agama samawi datang kenolak semua konsep tuhan banyak dan beranak pinak. Dalamkonsep agama samawi, tuhan hanya satu. Dia Maha Sempurna, tidak sama dengan manusia, MahaAgung dan Maha Suci dari segala sifat kekurangan. Selain tuhan yang satu, tidak ada apa pun yang boleh disembah. Maka tidak ada paganisme (paham kedewaaan) dalam agama samawi.

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dahlia Yurike liked this
Banister Muneh liked this
Banister Muneh liked this
Yuni Ulfia liked this
Banister Muneh liked this
ANis ANisak liked this
Amyra Anas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->