Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bagaimana Cara Mengajar Matematika Yang Baik

Bagaimana Cara Mengajar Matematika Yang Baik

Ratings: (0)|Views: 101 |Likes:
Published by Suwika Sari

More info:

Published by: Suwika Sari on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2013

pdf

text

original

 
Bagaimana sech cara mengajar matematika yang baik itu???Bila pertanyaan ini diajukan pada guru matematika, tentunya akan dijawab berdasarkanpengalaman. Bila pertanyaan itu diajukan pada guru yang bukan matematika, pasti jawabannya juga berdasarkan pengalamannya mengajar bidang lain. Namun bila pertanyaan tersebutdiberikan kepada sembarang orang pasti jawabannya berdasarkan pengalaman saat menjadisiswa sekolah dulu.Hingga saat ini tidak ada literatur dan para ahli yang mengemukakan tentang cara yang efektif dalam mengajar matematika. Cara apapun yang digunakan ada kelebihan dan kelemahannya.
Yang saya maksud “cara mengajar” di sini meliputi metode atau teknik mengajar dan pendekatan
pembelajaran.Pertanyaan tentang bagaimana mengajar, dapat diartikan bagaimana sech sebenarnya agar tujuanpembelajaran itu dapat dicapai?? Tujuan pembelajaran tersebut dapat berupa tujuan jangkapanjang dan tujuan jangka pendek. Tujuan jangka panjangnya adalah bahwa siswa dapatmengambil nilai-nilai matematika dan mengaplikasikannya dalam kehidupan. Sedangkan tujuan jangka pendeknya adalah bahwa siswa diharapkan dapat memahami pelajaran matematika danmengaplikasikan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tujuan pembelajaran matematika dapattercapai.
Pertama
: Gurunya itu sendiri bagaimana???Apakah guru yang akan mengajarkan matematika itu kompeten, layak, sesuai keahliannya??Seorang guru matematika dikatakan kompeten bukan hanya teruji dari kemampuannya dalammenguasai materi saja, tapi juga apakah ia mampu menyampaikan materi itu pada siswa?? Syaratminimal seorang guru bisa menyampaikan materi yaitu bisa bicara di depan siswa untuk menyampaikan apa yang dipahaminya. Banyak yang mengerti dan paham tentang matematika,namun sukar untuk bisa menyampaikannya ke orang lain.Seorang guru yang pemahaman materinya dan penyampainnya bagus pun masih perlu belajar,memperkaya diri dengan banyak membaca, tak berpuas diri dengan kemampuan yang sudahdimiliki, dan tentunya perlu melakukan persiapan sebelum pembelajaran. Sehebat apapunseorang guru, bila mengajarnya tidak dipersiapkan, saya pesimis tujuan pembelajaran itu akantercapai.
Kedua
: Siswanya itu bagaimana??Yang perlu diperhatikan oleh seorang guru yang akan mengajar matematika adalah bahwa siswayang belajar matematika itu kemampuannya beragam. Ada yang cepat menangkap pelajaran, adayang biasa saja, dan ada yang kurang cepat. Mereka semua, pastinya ingin bisa matematika yangmereka pelajari.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->