Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis

Jenis

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by Kamaruddin Passolle

More info:

Published by: Kamaruddin Passolle on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2013

pdf

text

original

 
Jenis-Jenis Gempa dan Apa yang HarusDilakukan Saat Gempa
Gempa bumi
adalah peristiwa bergetarnya permukaan bumi secara tiba-tibaakibat gelombang seismik terhadap lapisan-lapisan batuan (litosfer). Menurut Wikipedia,gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energidari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Berdasarkan penyebabnya,gempa dibedakan atas gempa tektonik, gempa vulkanik, gempa runtuhan, dan gempa buatan.Berdasarkan bentuk episentrum, gempa dibedakan menjadi gempa linier dan gempa sentral.Berdasarkan hiposentrumnya, gempa dibedakan menjadi gempa dalam, gempa intermediet, dangempa dangkal.
Jenis-Jenis Gempa Berdasarkan Penyebabnya.
1) Gempa Tektonik
 Gempa tektonik adalah gempa yang diakibatkan gerakan tektonisme berupa pelepasan tenagaakibat pergeseran atau pematahan lempeng tektonik. Gempa jenis ini sering terjadi di Indonesia,bisa sangat kuat dan meliputi wilayah yang luas. Contohnya adalah gempa yang mengguncangYogyakarta pada 27 Mei 2006 berkekuatan 5,9 SR. Gempa ini mengakibatkan >5000 orangmeninggal, puluhan terlukan dan ratusan ribu rumah hancur.
 
 Pusat gempa Yogyakarta 27 Mei 2006Gempa tektonik yang pusat gempanya berada di dasar laut sering berpotensi menimbulkantsunami.
Tsunami
adalah gelombang laut raksasa yang timbul akibat gempa di dasar laut atau gunungmeletus.Mengapa permukaan laut turun sebelum terjadi tsunami?Tsunami yang muncul diawali dengan peristiwa ini adalah tsunami yang disebabkan oleh gempatektonik. Saat dasar laut turun akibat adanya pergeseran lempeng, terjadilah penarikan volumeair mengisi ruang kosong di bawah laut. Akibatnya, permukaan air laut di pantai turun puluhanhingga ratusan meter. Dalam waktu beberapa menit kemudian, air laut kembali dengangelombang yang jauh lebih tinggi dan menyapu daratan tepi pantai.
2) Gempa Vulkanik
 Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena kegiatan gunung api, baik sebelum maupunsesudah letusan gunung api. Gempa ini terjadi bersamaan dengan pergerakan magma yangmendorong ke atas mencari daerah yang lemah sehingga muncul ke permukaan bumi. Gempa inihanya terasa di sekitar gunung api dan tidak terlalu kuat dibandingkan dengan gempa tektonik.
 
 Gunung meletus bisa memicu gempa vulkanik Terdapat 2 kategori gempa vulkanik, yaitu:
 
Gempa vulkano-tektonik, yaitu gempa yang diakibatkan perubahan tekanan pada batuanakibat aktivitas magma, dan gempa ini bisa terjadi kapan saja.
 
Gempa periode panjang, yaitu gempa yang terjadi akibat penerobosan magma yangmenembus batuan di sekitarnya sehingga menimbulkan getaran. Biasanya gempa inimenjadi pertanda gunung api akan meletus.
3) Gempa Runtuhan/Terban
 Gempa runtuhan adalah gempa yang terjadi akibat runtuhnya massa batuan dan tanah.Contohnya adalah gempa yang terjadi saat suatu gua runtuh atau gempa akibat longsor. Gempaini tidak begitu kuat dan radiusnya pendek, paling-paling hanya 1-2 km.
4) Gempa Buatan
 Merupakan gempa yang terjadi karena aktivitas manusia. Misalnya pada saat penancapan tiangpancang beton (untuk membangun ruko/kantor). Daerah yang dipengaruhi gempa ini sangatsempit, hanya 1-100 meter.
Jenis-Jenis Gempa Berdasarkan Kedalaman Hiposentrum

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->