Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lailatul Qadr

Lailatul Qadr

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 4,327|Likes:
Published by ast_9909

More info:

Published by: ast_9909 on Dec 12, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2012

pdf

text

original

 
KEAGUNGAN LAILATUL QADAR 
 
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) padasaat Lailatul Qadar. Dan tahukah engkau apakah LailatulQadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, turun malaikat- malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatursegala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampaiterbit fajar." (QS-97-1:5).
 Salah satu dari sepuluh hari terakhir bulan ramadhan,disebut lailatul-qadar. Kata lail atau lailah, artinyamalam hari; dan kata qadar, makna aslinya, ukuran.Tetapi, kata lailatul qadar biasa diterjemahkan oleh paraulama dengan sebutan "malam yang agung" atau "malam yangmulia".Dalam pandangan Islam, lailatul qadar merupakan satumalam kebahagiaan yang ditentukan Allah pada bulanRamadhan untuk menunjukkan kebebasan dan keagungan bulanyang mulia ini.Sebenarnya Islam tidak membenarkan adanya sistem pertapa,namun dalam sepuluh hari terakhir itu, kaum Muslimdiizinkan untuk hidup seperti pertapa, yaitu dengan jalanmengurung diri di dalam masjid, dan menjauhi segalaurusan duniawi (i'tikaf). Banyak sekali hadis yangmenerangkan bahwa kaum muslim hendaklah mencari lailatulqadar di antara tanggal ganjil pada sepuluh hari terakhirbulan Ramadhan (HR Bukhari) atau tujuh malam terakhirbulan itu (HR Bukhari). Menurut sebagian hadis, malamlailatul qadar ialah tanggal duapuluh lima, duapuluhtujuh atau duapuluh sembilan bulan Ramadhan.Dari Ibnu Umar r.a. : bahwasanya beberapa orang sahabatNabi SAw melihat lailatul qadar dalam mimpi pada tujuhhari terakhir bulan Ramadhan. Kemudian Rasulullah SAWbersabda:"Diperlihatkan kepadaku kebenaran mimpi kalian,yaitu telah sesuai pada tujuh hari terakhir, Oleh karenaitu, barangsiapa yang akan mencari malam tersebut,carilah pada tujuh hari malam terakhir." (HR Bukhari danMuslim)
 
Dari Muawiyah bin Abu Sufyan r.a., dari Nabi SAW, beliaubersabda tentang malam lailatul qadar:" Lailatul Qadaritu ialah pada malam keduapuluh tujuh." (HR Abu Dawud).Para ulama memang berbeda pendapat mengenai jatuhnyalailatul qadar itu. Ada yang menyatakan pada malam ke-27Ramadhan. Ada pula yang mengatakan pada malam-malam yangganjil dari mulai tanggal 21 sampai tanggal 29. Dan adapula yang mengatakan seluruh bulan Ramadhan adalah waktuuntuk mendapatkan lailatul qadar itu, sebab kaum Muslimhendaknya beribadat setulusnya sepanjang masa bulanRamadhan itu dengan tidak membedakan satu hari dan malamdaripada hari dan malam yang lain. Dengan demikian,setiap hari pada bulan Ramadhan mempunyai arti yang tidakboleh diabaikan satu hari jua pun. Karena itu pula Allahhanya menyebutkan pada bulan Ramadhan Al-Quran ituditurunkan untuk tidak membedakan satu hari dari yanglainnya.Tampaknya bagi kita tidak menjadi persoalan kapanlailatul qadar itu didatangkan , tetapi yang pentingadalah menanti kedatangannya pada setiap waktu danmempersiapkan diri untuk itu. Tetapi kalau kitamengetahui - dengan izin Allah - akan malam lailatulqadar, maka Rasulullah menganjurkan agar kita berdoa.Berdasarkan hadis berikut:Dari Aisyah r.a., ia berkata; saya bertanya: "YaRasulullah bagaimana kalau saya tahu akan malam lailatulqadar itu? Apa yang harus saya ucapkan pada malam itu?"Beliau bersabda: Ucapkanlah:
"Ya Allah, Engkau adalah pengampun, suka mengampuni,ampunilah hamba" (HR Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad).
 
LAILAT AL-QADAR 
 Berbicara tentang Lailat Al-Qadar mengharuskan kitaberbicara tentang surat Al-Qadar.Surat Al-Qadar adalah surat ke-97 menurut urutannya dalamMushaf. Ia ditempatkan sesudah surat Iqra'. Para ulamaAl-Quran menyatakan bahwa ia turun jauh sesudah turunnyasurat Iqra'. Bahkan sebagian di antara mereka menyatakanbahwa surat Al-Qadar turun setelah Nabi Saw. berhijrah keMadinah.Penempatan urutan surat dalam Al-Quran dilakukan langsungatas perintah Allah Swt., dan dari perurutannya ditemukankeserasian-keserasian yang mengagumkan.Kalau dalam surat Iqra' Nabi Saw. (demikian pula kaumMuslim) diperintahkan untuk membaca, dan yang dibaca ituantara lain adalah Al-Quran, maka wajar jika suratsesudahnya yakni surat Al-Qadar ini berbicara tentangturunnya Al-Quran, dan kemuliaan malam yang terpilihsebagai malam Nuzul Al-Quran. Bulan Ramadhan memilikisekian banyak keistimewaan, salah satunya adalah LailatAl-Qadar, suatu malam yang oleh Al-Quran "lebih baik dariseribu bulan."Tetapi apa dan bagaimana malam itu? Apakah ia terjadisekali saja yakni malam ketika turunnya Al-Quran limabelas abad yang lalu, atau terjadi setiap bulan Ramadhansepanjang masa? Bagaimana kedatangannya, apakah setiaporang yang menantinya pasti akan mendapatkannya, danbenarkah ada tanda-tanda fisik material yang menyertaikehadirannya (seperti membekunya air, heningnya malam,dan menunduknya pepohonan dan sebagainya)? Bahkan masihbanyak lagi pertanyaan yang dapat dan sering munculberkaitan dengan malam Al-Qadar itu.Yang pasti dan harus diimani oleh setiap Muslimberdasarkan pernyataan Al-Quran bahwa, "Ada suatu malamyang bernama Lailat Al-Qadar, dan bahwa malam itu adalahmalam yang penuh berkah, di mana dijelaskan atauditetapkan segala urusan besar dengan penuhkebijaksanaan."

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Edy Advance liked this
nizam08 liked this
mirnarahmahlubis liked this
Yos Shooter liked this
erlyna mulyono liked this
zamorano8715 liked this
Anshori Briyan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->