Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Ratings: (0)|Views: 487 |Likes:
Published by Mysteri Man
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Mysteri Man on Apr 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

 
 
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sekolah adalah sebuahlembagayang dirancang untuk pengajaransiswa(atau"murid") di bawah pengawasanguru.Sebagian besarnegaramemilikisistempendidikanformal,yang umumnyawajib.Dalam sistem ini, siswa kemajuan melalui serangkaian sekolah.Nama-namauntuk  sekolah-sekolah ini bervariasimenurut negara, tetapi umumnya termasuk sekolah dasar untuk anak- anak mudadan sekolah menengah untuk remajayang telah menyelesaikan pendidikan dasar. Menurut Gray (dalam Winardi, 2002) motivasi merupakan sejumlah proses, yang bersifatinternal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme danpersistensi, dalam hal melaksanakan kegiatan- kegiatan tertentu. Sedangkan Morgan (dalam Soemanto,1987) mengemukakan bahwa motivasi bertalian dengan tiga hal yang sekaligus merupakan aspek- aspek dari motivasi. Ketiga hal tersebut adalah: keadaan yang mendorong tingkah laku (motivating states),tingkah laku yang di dorong oleh keadaan tersebut (motivated behavior), dan tujuan dari pada tingkahlaku tersebut (goals or ends of such behavior).Lembaga pendidikan (sekolah) merupakan wadah para siswa dalam menggali ilmupengetahuan, salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi tingkat hasil belajarsiswa adalah motivasi belajar yang ada pada diri siswa. Adanya motivasi belajar yangkuat membuat siswa belajar dengan tekun yang pada akhirnya terwujud dalam hasilbelajar siswa tersebut.Oleh karena itulah motivasi belajar hendaknya ditanamkan padadiri siswa agar dengan demikian ia akan dengan senang hati akan mengikuti materipelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah. Perlu ditanamkan pada diri siswabahwa dengan belajarlah akan mendapatkan pengetahuan yang baik,siswa akanmempunyai bekal menjalani kehidupannya di kemudian hari. Hal
 – 
hal yang dapatmempengaruhi motivasi belajar pada diri siswa dapat timbul dari dirinya sendiri,lingkungan sekolah maupun dari lingkungan keluarga. Dari lingkungan sekolah misalnya
 
guru di samping mengajar juga hendaknya menanamkan motivasi belajar kepada siswayang diajarnya.Banyak siswa yang tidak termotivasi belajar mengakibatkan hasilbelajarnya menurun. Oleh karena itulah sekolah hendaknya mengkondisikanlingkungannya sedemikian rupa dengan demikian siswa akan termotivasi untuk belajar.Mengingat akan pentingnya motivasi belajar ini dalam kegiatan belajar mengajar,maka sudah seharusnya berbagai pihak yang terkait dengan bidang pendidikan menaruhperhatian sebaik-baiknya.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan di atas, maka dapatlah diidentifikasibeberapa masalah yaitu sebagai berikut :a.
 
Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajarsiswa ?
 
b.
 
Apakah motivasi guru dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa ?c.
 
Bagaimanakah peranan guru sebagai motivator hubungannya denganprestasibelajar siswa ?d.
 
Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa ?e.
 
Pihak-pihak mana saja yang terkait dalam memberikan motivasi belajar padasiswa ?
C. Pembatasan Masalah
Banyak faktor-faktor atau variabel yang dapat dikaji untuk ditindaklanjuti dalam penelitian ini. Namunkarena luasnya bidang cakupan serta adanya berbagai keterbatasan yang ada baik waktu, dana,maupun jangkauan penulis sehingga dalam penelitian ini tidak semua dapat ditindaklanjuti. Untuk itudalam penelitian ini dibatasi masalah motivasi belajar yang turut mempengaruhi terhadap hasil belajarsiswa.
 
 
D. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah serta pembatasan masalah yangtelah diuraikan sebelumnya, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut :Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa.
E. Tujuan Penelitian
1.
 
Tujuan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasibelajar siswa dengan hasil belajar siswa, serta ingin mengetahui apakah metodependekatan yang dipergunakan dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa.2.
 
Untuk mengembangkan wawasan berpikir, khususnya dalam memecahkanmasalah
 – 
masalah yang ada hubungannya dengan motivasi belajar dengan hasil belajardan meningkatkan motivasi belajar siswa walaupun di luar lingkungan sekolah.
F. Kegunaaan Penelitian
Dengan penelitian yang telah dilakukan, penulis berharap penelitian ini mempunyai banyak kegunaan yang di peroleh antara lain:a.
 
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan yang positif bagipelaksanaan proses pembelajaran.b.
 
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti sendiri gunameningkatkan profesionalisme di bidang penelitian
G. Sistematika Penulisan
Untuk dapat memberikan gambaran mengenai penelitian ini dapat disusun sistematikapenulisan sebagai berikut :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->