Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Antrian

Sistem Antrian

Ratings: (0)|Views: 270 |Likes:
Published by Romy El-zael

More info:

Published by: Romy El-zael on Apr 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2014

pdf

text

original

 
BAB IPendahuluan
A.Latar Belakang
Sesuai dengan semakin bertambahnya jumlah populasi di dunia, maka jumlah antrian dan panjangantrian juga semakin bertambah. Dalam dunia bisnis, bertambahnya nasabah (customer) berarti bertambah pulatransaksi bisnis (Susanti, R., 1996). Disamping beberapacara untuk menarik nasabah, sistem antrian yang efisienakan mengurangi waktu tunggu bagi nasabah. Selanjutnya,waktu tunggu yang singkat, membuat nasabah senang danapabila nasabah senang dilayani dengan cepat makamereka akan kembali untuk bertansaksi bisnis lagi.Gross dan Haris (Gross, 1994) mengatakan bahwasistem antrian adalah kedatangan pelanggan untuk mendapatkan pelayanan, menunggu untuk dilayani jikafasilitas pelayanan (server) masih sibuk, mendapatkan pelayanan dan kemudian meninggalkan sistem setelahdilayani. Dari sudut pandang pihak bank, efisiensi sistemdapat diestimasikan dengan mengevaluasi ukuran wakturata-rata dari antrian tunggal (single queue) atau antrianterpisah. Pihak bank juga tertarik untuk mengestimasikanfraksi waktu yang digunakan oleh tiap server dalam satuhari kerja untuk tiap-tiap model antrian (Setiawan, 1997).Simulasi diperlukan untuk menjaga statistik yangmemungkinkan pembuatan estimasi bagi peningkatankinerja layanan bank tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa unjuk kerja layanan teller bank dengan membandingkan sistemantrian single-channel dan multiple-channel serta pengaruhnya terhadap waktu tunggu nasabah dan probabilitas mengantri. Penelitian dilakukan denganmengembangkan program simulasi pendekatan discrete-event untuk verifikasi data dan memprediksikan kinerjasistem antrian lainnya sebelum dilakukan perubahansistem antrian.
5
 
B.Perumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas adalah menentukanmodel antrian yang paling tepat digunakan sehingga dapatmenghindari terjadi antrian. Jika dimungkinkan, akandicari solusi penyelesaian agar lama waktu antri pengunjung berkurang dengan tampa menambah fasilitasataupun komponen penunjang lain secara signifikan.
C.Batasan masalah
Dari masalah yang dirumuskan di atas maka dapatdilakukan perbatasan masalah agar lebih mengarahkan permasalahan tersebut pada tujuannya sehingga menjadilebih jelas. Adapun permasalahan adalah sebagai berikut:a.Ruang lingkup penelitian hanya mencangkupkedatangan, pelayanan, disiplin antrian dan jumlahfasilitas pelayanan yang tersedia. b.Pembatasan masalah dilakukan hanya yangmencangkup proses antrian nasabah yang baru datang.c.Model antian yang dilakukan adalah modelantrian tunggal
D.Tinjauan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah untumemudel simolasi antrian tunngal di bank jatim pamekasan. Dan jika di mungkinkan akan dicari solusi penyelesaian agar lama waktu antri pengunjung dengantampa menambah fasilitas ataupun komponen penunjanglain secara signifikan.
E.Manfaat Penelitian
Sesuai tujuan tersebut di atas penelitian inidiharapkan bermanfaat untuk:1.Pembaca, diharapkan bagi pembaca untuk lebih mengetahui dan memahamitentang sistem antrian, model-model antrian dansimulasi dari model antrian.2.Bank Jatim Pamekasan,memberikan informasi yang dapat membantu dalam pengambilan kebijakan dalam peningkatan efektifitas pelayanan kepada nasabah.
6
 
F.Sistematika
Secara garis besar sistematika makalah ini dibagimenjadi 3 bagian, yaiu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian akhir.Bagian isi dibagi menjadi 4 bab, yaitu sebagai berikut:1.Bab I PendahuluanPada bab pendahuluan ini dikemukakan tentang alasan pemilihan judul, permasalahan, batasan masalah,tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematikamakalah.2.Bab II Landasan TeoriLandasan teori berisi tentang teori-teori yangdigunakan sebagai pedoman dalam memecahkan permasalahan dalam model antrian bank ini.3.Bab III Metode PenelitianBab ini berisi tentang hasil penelitian
4.
Bab IV Hasil danPembahasanBab ini membahasan, sebagai jawaban dari permasalahan.5.Bab V PenutupPenutup berisi simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian dan saran. Bagian akhir dari makalah iniadalah daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
7

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Tabita Noti liked this
Suke Kesi liked this
Heri Aldoski liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->