Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Ukm Dan Pemberdayaan Masyarakat

Ukm Dan Pemberdayaan Masyarakat

Ratings: (0)|Views: 326 |Likes:

More info:

Published by: Andistya Oktaning Listra on Apr 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2013

pdf

text

original

 
 Perekonomian Indonesia Kelas A
Tugas 4
Andistya Oktaning Listra NIM / Absen : 0910210022 / 06
UKM dan Pemberdayaan Masyarakat
A.
Pertumbuhan UKM dalam Proses Memberdayakan Masyarakat
Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM merupakan sebuah istilah yangmengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp200.000.000 tidak termasuk tanahdan bangunan tempat usaha, dan merupakan usahayang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI No. 99 tahun 1998 pengertianUsaha Kecil adalah : “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidangusaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungiuntuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”Ditilik dari segi pemberdayaan masyarakat peran Usaha Kecil dan Menengah(UKM) tidak perlu diragukan lagi. Sejarah telah menunjukkan bahwa UKM diIndonesia menjadi katup penyelamat krisis ekonomi tahun 1997 karenakemampuannya memberikan sumbangan yang besar dalam membasmi hantaman PHK dan sempitnya lapangan pekerjaan. Eksistensi UKM kala itu telah berubah menjadisolusi “dunia kerja baru” yang fleksibel bagi semua lapisan masyarakat, secara tidak langsung disinilah terjadi proses pemberdayaan masyarakat hal ini dikarenakan UKM berorientasi ke masyarakat dimana membantu dalam mengembangkan diri atas dasar inovasi-inovasi yang ada, menetapkannya secara partisipatoris, dan pendekatannyalebih terspesialisasi pada kebutuhan masyarakat, baik dalam bentuk layanan individumaupun kelompok (Sikhondze : 1999).Untuk melakukan pemberdayaan masyarakat khususnya pada UKM, secara umumdapat diwujudkan dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar pendampinganmasyarakat (Karsidi, 1988), sebagai berikut:
a)
Belajar Dari MasyarakatPrinsip yang paling mendasar adalah prinsip bahwa untuk melakukan pemberdayaan masyarakat adalah dari, oleh, dan untuk masyarakat. Ini
 
 Perekonomian Indonesia Kelas A
Tugas 4
 berarti, dibangun pada pengakuan serta kepercayaan akan nilai dan relevansi pengetahuan tradisional masyarakat serta kemampuan masyarakat untuk memecahkan masalah-masalahnya sendiri.
b)
Pendamping sebagai Fasilitator, Masyarakat sebagai PelakuKonsekuensi dari prinsip pertama adalah perlunya pendamping menyadari perannya sebagai fasilitator dan bukannya sebagai pelaku atau guru. Untuk itu perlu sikap rendah hati serta ketersediaan untuk belajar dari masyarakat danmenempatkan warga masyarakat sebagai narasumber utama dalam memahamikeadaan masyarakat itu sendiri.
c)
Saling Belajar, Saling Berbagi PengalamanSalah satu prinsip dasar pendampingan untuk pemberdayaan masyarakatadalah pengakuan akan pengalaman dan pengetahuan lokal masyarakat. Halini bukanlah berarti bahwa masyarakat selamanya benar dan harus dibiarkantidak berubah. Kenyataan objektif telah membuktikan bahwa dalam banyak hal perkembangan pengalaman dan pengetahuan lokal (bahkan tradisional)masyarakat tidak sempat mengejar perubahan-perubahan yang terjadi dantidak lagi dapat memecahkan masalah-masalah yang berkembang. Namunsebaliknya, telah terbukti pula bahwa pengetahuan modern dan inovasi dariluar yang diperkenalkan oleh orang luar tidak juga dapat memecahkanmasalah mereka.Adapun hubungan antara pertumbuhan UKM dalam proses pemberdayaanmasyarakat khususnya dilihat dari penyerapan tenaga kerjanya seperti yang terlihat pada data statistik dari BPS dibawah ini :
 
 Perekonomian Indonesia Kelas A
Tugas 4
Dari data yang tertera diatas dapat diketahui bahwa jumlah populasi UKM padatahun 2007 mencapai 49,8 juta unit usaha atau 99,99 persen terhadap total unit usahadi Indonesia, sementara jumlah tenaga kerjanya mencapai 91,8 juta orang atau 97,3 persen terhadap seluruh tenaga kerja Indonesia. Secara sektoral, pemberdayaanmasyarakat pada populasi UKM di tahun 2007 lebih dari separuh (52,5 persen) bergerak di sektor pertanian, diikuti oleh sektor perdagangan sebanyak 28,1 persen,dan sektor industri sebanyak 6,5 persen. Sementara jumlah tenaga kerja padakelompok UKM 46,4 persen berada di sektor pertanian, diikuti sektor perdagangansebanyak 25,2 persen, dan sektor industri sebanyak 11,4 persen. Bisa disimpulkan bahwa pertumbuhan UKM berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja yangmerupakan proses pemberdayaan masyarakat di berbagai jenis lapangan usaha sepertiyang terlihat pada data statistik dari BPS di bawah ini :

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
samdbono liked this
IOo Bemby'e liked this
Ulhey Laksmi liked this
manna_lestari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->