Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
24Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANALISA MUTU CPO DAN KERNEL DI PKS DAMULI

ANALISA MUTU CPO DAN KERNEL DI PKS DAMULI

Ratings: (0)|Views: 4,699|Likes:
Published by Rahmad Dhanye
ISI LAPORAN PKL
ISI LAPORAN PKL

More info:

Published by: Rahmad Dhanye on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUAN
1.1.
 
Latar Belakang Pelaksanaan PKL
Kelapa sawit sebagai tanaman penghasil minyak sawit dan inti sawitmerupakan salah satu komoditi yang sangat penting dalam mendorongperekonomian Indonesia umumnya dan Sumatera Utara khususnya. Sebagaipenghasil devisa negara kelapa sawit merupakan salah satu komoditi yangmemberikan sumbangan yang sangat berarti dalam peningkatan pertumbuhanekonomi, sehingga telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacupengembangan ekspor minyak kelapa sawit (Anonim, 2010)Kelapa sawit yang diproduksi kemudian diolah menjadi CPO (
Crude PalmOil
) dan PKO (
Palm Kernel Oil
). CPO dan PKO ini kemudian dijual baik didalam negeri (domestik) maupun di luar negeri (ekspor). Di pasar ekspor, minyak kelapa sawit merupakan salah satu dari minyak nabati.
Volume ekspor minyak sawit mentah (CPO/ 
Crude Palm Oil
) asal Indonesia terus meningkat signifikanselama enam tahun terakhir (2004-2009), mencapai 94,27%, yakni dari 8,66 juta tonpada tahun 2004, meningkat drastis menjadi 16,83 juta ton pada tahun 2009. Indiadan China adalah pasar ekspor utama Indonesia untuk CPO, rata-rata mencapai41,90% per tahun dari total volume ekspor produk sawit tersebut selama 2004-2009.Bahkan, pada tahun 2009, pasar ekspor dua negara itu menyerap 48,38% volumeekspor CPO. Kinerja ekspor produk CPO semakin meningkat ke negara-negara UniEropa, dengan peningkatan mencapai 113,26% selama enam tahun terakhir, yaknidari 1,47 juta ton tahun 2004 menjadi 3,14 juta ton tahun 2009 (Dinas Perindustriandan Perdagangan, 2010).
PT. SINAR SAWIT LESTARI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan. Saat ini berada pada posisi industri pertanian(agroindustri) yang mengolah tandan buah segar (TBS) menjadi CPO (
CrudePalm Oil
) dan PK (
Palm Kernel).
Adapun yang dimaksud dengan
Crude Palm Oil
 
2
(CPO) adalah produksi minyak sawit, sedangkan
Palm Kernel
(PK) adalahproduksi inti sawit.Untuk mendapatkan produk yang bermutu tinggi dan berdaya saing di pasarglobal, tentunya perlu dilakukan pengujian terhadap bahan baku, bahan dalamproses dan juga produk CPO dan Kernel yang dihasilkan. Oleh karena itu, penulisingin melakukan analisis terhadap kadar Asam Lemak Bebas ( FFA), moist (kadarair), kadar kotoran (Dirt), Oil Loses serta Total Loses untuk kernel, yang penulislakukan di Laboratorium PT PT SINAR SAWIT LESTARI pada tanggal 21Desember 2011 s.d. 22 Januari 2012.
1.2. Tujuan PKL
Setiap kegiatan yang dilaksanakan harus mempunyai tujuan yang jelas agardalam mencapai apa yang diinginkan dari pelaksaanan kegiatan itu. Seperti halnyaPKL dapat membawa manfaat bagi beberapa pihak yaitu mahasiswa/i, universitas,dan bagi instansi tempat mahasiswa/i itu melakukan Praktek Kerja Lapangan.Adapun tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapanganini adalah :1.
 
Untuk membandingkan/mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh dibangku perkuliahan dengan praktek kerja yang nyata dilapangan.2.
 
Dapat mengoperasikan alat-alat laboratorium yang digunakan untuk menganalisis dengan baik dan benar.3.
 
Untuk menambah wawasan, pandangan, pengetahuan serta pengalamanmahasiswa/i terhadap aktivitas harian perusahaan atau instansi secaranyata.4.
 
Mempersiapkan mental mahasiswa/i yang mantap dalam menghadapilingkungan kerja di tengah-tengah masyarakat.5.
 
Melatih mahasiswa/i meningkatkan ketrampilan diri dalam melakukanpekerjaan di perusahaan atau instansi, juga dapat bekerja sama.
 
3
6.
 
Mengetahui sistem organisasi/manajeman perusahaan di tempatPengenalan Lapangan.7.
 
Untuk memperkenalkan pada situasi kerja yang sebenarnya yaitu dalammengerjakan tugas-tugas rutin suatu instansi, menjalin hubungan kerjadengan para karyawan yang memiliki perbedaan dari segi tingkat umurdan pengalaman.
1.3.
 
Manfaat PKL
 
1.3.1. Untuk Mahasiswa
a. Mengetahui lebih banyak tentang tempat Kuliah Kerja Praktek terkaitberdasarkan sejarahnya, tujuannya, proses produksi, produk dan permasalahanyang ada didalamnya.b. Memperoleh pengalaman kerja terutama yang berkaitan dengan analisis danpenyelesaian masalah yang sedang dihadapi.c. Sebagai wadah untuk melatih diri dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah di lapangan kerja.d. Sebagai bahan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek yang nantinya akandijadikan sebagai acuan untuk penulisan Tugas Akhir/Karya Akhir.
1.3.2. Untuk Perguruan Tinggi
a. Menjalin dan meningkatkan kerjasama Perguruan Tinggi dengan Perusahaan.b. Mendapatkan informasi mengenai penerapan ilmu manajemen, produksi danhal-hal lainnya yang dapat digunakan sebagai acuan perbaikan kurikulumpendidikan di perguruan tinggi agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dilapangan kerja.c. Sebagai sarana promosi untuk mengenalkan Program S1 Universitas NegeriMedan jurusan Kimia kepada masyarakat khususnya Perusahaan.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nursa Adnan liked this
jkurchatofium liked this
Juli Hanianda liked this
hdephie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->