Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ANATOMI Jalan Lahir

ANATOMI Jalan Lahir

Ratings: (0)|Views: 692|Likes:
Published by Resti Fratiwi Fitri

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Resti Fratiwi Fitri on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
ANATOMI PELVIS
Pelvis adalah daerah batang tubuh yang berada di sebelah dorsokaudal terhadap abdomen danmerupakan daerah peralihan dari batang tubuh ke extremitas inferior. Pelvis bersendi denganvertebra lumbalis ke-5 di bagian atas dan dengan caput fem oris kanan dan kiri padaacetabulum yang sesuai.Pelvis dibatasi oleh dinding yang dibentuk oleh tulang, ligamentum, dan otot. Cavitas pelvisyang berbentuk seperti corong, memberi tempat kepada vesicaurinaria, alat kelamin pelvic,rectum, pembuluh darah dan limfe, dan saraf.A.
 
Kerangka PelvisKerangka pelvis terdiri dari:
• Dua os coxae yang masing
-masing dibentuk oleh tiga tulang: os ilii, os ischii, dan os pubis.
• Os sacrum• Os coccyges
a.
 
Os SacrumOs sacrum terdiri dari lima vertebrae rudimenter yang bersatu membentuk tulangberbentuk baji yang cekung kearah anterior. Pinggir atas atau basis ossis sacribersendi dengan vertebra lumbalis V. Pinggir inferior yang sempit bersendidengan os coceygis. Di lateral, os sacrum bersendi dengan kedua os coxaemembentuk articulation sacroiliaca. Pinggir anterior dan atas vertebra sacralispertama menonjol ke depan sebagai batas posterior apertura pelvis superior,disebut promontorium os sacrum, yang merupakan bagian penting bagi ahlikandungan untuk menentuk anukuran pelvis. Foramina vertebralia bersama-samamembentuk canalis sacralis. Canalis sacralis berisi radix anterior dan posteriornervi lumbales, sacrales, dan coccygeus filum terminale dan lemak fibrosa.b.
 
Os CoccygisOs coccygis berartikulasi dengan sacrum di superior. Tulang ini terdiri dari empatvertebra rudimenter yang bersatu membentuk tulang segitiga kecil yang basisnyabersendi dengan ujung bawah sacrum. Vertebra coccygea hanya terdiri atas
 
corpus, namun vertebra pertama mempunyai processus transverses rudimenter dancornu coccygeum. Cornu adalah sisa pediculus dan processus articularis superioryang menonjol ke atas untuk bersendi dengan cornu sacrale.c.
 
Os inominatum (tulang panggul)Tulang ini terdiri dari tiga bagian komponen, yaitu: ilium, iskium, dan pubis. Saatdewasa tulang-tulang ini telah menyatu selurunya pada asetabulum.
 
 Ilium
: batas atas tulang ini adalah Krista iliaka. Krista iliaka berjalan kebelakang dari spina iliaka anterior superior menuju spina iliaka posteriorsuperior. Di bawah tonjolan tulang ini terdapat spina inferiornya. Permukaanaurikularis ilium disebut permukaan glutealis karena disitulah pelekatan mgluteus. Linea glutealis inferior, anterior, dan posterior membatas i pelekatanglutei ke tulang. Permukaan dalam ilium halus dan berongga membentuk fosailiaka. Fosailiaka merupakan tempat melekatnya m. iliakus. Permukaanauriku laris ilium berartikulasi dengan sacrum pada sendi sakro iliaka (sendisinovial) . Ligamentum sakro iliaka posterior, interoseus, dan anteriormemperkuat sendi sakro iliaka. Linea iliopektinealis berjalan di sebelahanterior permukaan dalam ilium dari permukaan aurikularis menuju pubis.
 
 Iskium
: terdiri dari spina di bagian posterior yang membatasi insisura iskiadika mayor (atas) dan minor (bawah. Tuberositas iskia adalah penebalan bagianbaw ah korpus iskium yang menyangga berat badan saat duduk. Ramus iskium
 
menonjol ke depan dari tuberositas ini dan bertemu serta menyatu denganramus pubis inferior.
 
Pubis
: terdiri dari korpus serta rami pubis superior dan inferior. Tulang iniberartikulasi dengan tulang pubis di tiap sisi simfisis pubis. Permukaan superior dari korpus memiliki krista pubikum dan tuberkulum pubikum. Foramenobturatorium merupakan lubang besar yang dibatasi oleh rami pubis daniskium.d.
 
Plevis major (panggul besar, pelvis spurium)
 
Terletak cranial terhadap aperture pelvis superior (aditus pelvis)
 
Terbuka dan melebar pada ujung atasnya dan harus dipikirkan sebagai bagi ancavitas abdominalis.
 
Melindungi isi abdomen dan setelah kehamilan bulan ketiga, membantumenyokong uterus gravidarum.
 
Selama stadium awal persalinan, pelvis major membantu menuntun janin masuk ke pelvis minor.
 
Kearah ventral dibatasi dinding abdomen, kearah lateral oleh fossa iliac adextra dan fossa iliaka sinistra, dan kearah dorsal oleh vertebra L. S danvertebra S1.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->