Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya

Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya

Ratings: (0)|Views: 234 |Likes:
Published by Syfa Dwiyatna

More info:

Published by: Syfa Dwiyatna on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
NAMA : SYFA DWIYATNAKELAS : X TI 3PLH
 
LINGKUNGAN HIDUP DANPELESTARIANNYA
Kehidupan yang berlangsung di muka bumi merupakan bentuk interaksi timbal balik antaraunsur-unsur biotik dan unsur-unsur abiotik. Kedua unsur tersebut harus dapat mendukung satusama lain, sehingga dapat diperoleh kondisi lingkungan hidup yang serasi dan seimbang. Halpenting yang harus kalian ingat adalah bahwa lingkungan hidup yang ada sekarang bukanlahwarisan dari nenek moyang yang dapat kita gunakan sembarangan. Akan tetapi, merupakantitipan dari generasi yang akan datang, sehingga dalam memanfaatkannya harus diperhatikankelangsungan dan kelestariannya agar dapat digunakan oleh generasi yang akan datang.
A. Unsur-Unsur Lingkungan 
Menurut Undang-Undang No 4 Tahun 1982, lingkungan hidup merupakan kesatuan ruangdengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia danperilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia sertamakhluk hidup lainnya. Berdasarkan pengertian tersebut, lingkungan hidup tersusun dariberbagai unsur yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu unsur biotik, abiotik, dan sosialbudaya.
1. Unsur Biotik
Unsur biotik adalah unsur-unsur makhluk hidup atau benda yang dapat menunjukkan ciri-cirikehidupan, seperti bernapas, memerlukan makanan, tumbuh, dan berkembang biak. Unsur biotik terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Secara umum, unsur biotik meliputiprodusen, konsumen, dan pengurai.a. Produsen, yaitu organisme yang dapat membuat makanan sendiri dari bahan anorganik sederhana. Produsen pada umumnya adalah tumbuhan hijau yang dapat membentuk bahan
 
makanan (zat organik) melalui fotosintesis.b. Konsumen, yaitu organisme yang tidak mampu membuat makanan sendiri. Konsumen terdiriatas hewan dan manusia. Konsumen memperoleh makanan dari organisme lain, baik hewanmaupun tumbuhan.c. Pengurai atau perombak (dekomposer), yaitu organisme yang mampu menguraikan bahanorganik yang berasal dari organisme mati. Pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebutdan melepas bahan-bahan yang sederhana yang dapat dipakai oleh produsen. Pengurai terdiriatas bakteri dan jamur.
2. Unsur Abiotik
Unsur abiotik adalah unsur-unsur alam berupa benda mati yang dapat mendukung kehidupanmakhluk hidup. Termasuk unsur abiotik adalah tanah, air, cuaca, angin, sinar matahari, danberbagai bentuk bentang lahan.
3. Unsur Sosial Budaya
Unsur sosial budaya merupakan bentuk penggabungan antara cipta, rasa, dan karsa manusia yangdisesuaikan atau dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam setempat. Termasuk unsur sosialbudaya adalah adat istiadat serta berbagai hasil penemuan manusia dalam mengembangkan ilmupengetahuan dan teknologi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->