Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas kelompok

tugas kelompok

Ratings: (0)|Views: 342|Likes:
Published by Laila Limariantika

More info:

Published by: Laila Limariantika on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2012

pdf

text

original

 
TUGAS KELOMPOK SISTEM INFORMASI
Tentang 
FUNDAMENTAL MURNI DAN FUNDAMENTAL KOMPONEN Menganalisis, Merancang, dan Mengembangkan Fundamental SI 
” 
 
OLEH :
LAILA LIMARIANTIKA
 
97896
 /2009Pend.
 
Teknik Informatika
TEKNIK ELEKTRONIKAFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG
 
Tugas Kelompok SI Laila Limariantika 97896 Page 2
Dasar-dasar Fundamental Sistem Informasi
A. Fundamental Sistem Informasi1. Konsep Dasar Sistem
Sistem: kumpulan dari unsur/elemen-elemen yang saling berkaitan/berinteraksi dan salingmempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Contoh :- Sistem Komputer terdiri dari : Software, Hardware, Brainware- Sistem Akuntansi, dll
Menurut Jerry FithGerald
 
;
sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang salingberhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatusasaran tertentu.
Menurut Ludwig Von Bartalanfy ;
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalamsuatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut Anatol Raporot ;
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satusama lain.
Menurut L. Ackof ;
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri daribagian -bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
Syarat-Syarat Sistem :
- Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.- Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.- Adanya hubungan diantara elemen sistem.- Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih pentingdaripada elemen sistem.
 
Tugas Kelompok SI Laila Limariantika 97896 Page 3
- Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.1.
 
2. Karakteristik Sistem
Komponen (Component)
 Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja samamembentuk satu kesatuan. Komponen -komponen sistem dapat berupa suatu subsistem ataubagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalumengandung komponen -komponen atau subsistem-subsistem. Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistemsecara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai suatu sistem yang lebih besar yang disebut suprasistem, misalnya suatu perusahaan dapat disebut dengan suatu sistem dan industri yangmerupakan sistem yang lebih besar dapat disebut dengan supra sistem. Kalau dipandang industrisebagai suatu sistem, maka perusahaan dapat disebut sebagai subsistem. Demikian juga bilaperusahaan dipandang sebagai suatu sistem, maka sistem akuntansi adalah subsistemnya.
• Batas Sistem (Boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan system yanglainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandangsebagai suatu kesatuan , karena dengan batas sistem ini fungsi dan tugas dari subsistem yangsatu dengan lainnya berbeda tetapi tetap saling berinteraksi. Batas suatu sistem menunjukkanruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
• Lingkungan Luar Sistem (Environment)
Segala sesuatu diluar dari batas sistem yang mempengaruhi operasi dari suatu sistem.Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan atau merugikan. Lingkungan luar yangmenguntungkan harus dipelihara dan dijaga agar tidak hilang pengaruhnya, sedangkan lingkunganluar yang merugikan harus dimusnahkan dikendalikan agar tidak mengganggu operasi sistem.
• Penghubung Sistem (Interface)
Merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.Untuk membentuk satu kesatuan, sehingga sumber-sumber daya mengalir dari subsistem yangsatu ke subsistem yang lainnya. Dengan kata lain output dari suatu subsistem akan menjadiinput dari subsistem yang lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->