Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Lapak Mekflu Bab 4 Hubungan Tekanan (P), Kecepatan (v), Dan Elevasi (Z)

Lapak Mekflu Bab 4 Hubungan Tekanan (P), Kecepatan (v), Dan Elevasi (Z)

Ratings: (0)|Views: 3,320 |Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Arnella Qurrota Ainni on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Air merupakan fluida yang terdapat di mana saja. Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan air untuk melakukan berbagai aktifitas, dan untuk mendapatkan air tersebut kita harus mengalirkannya dari sumber air ke rumah.Tentu saja cara itu memerlukan sebuah cara yang panjang dengan menggunakanpipa yang dihubungkan dari satu pipa ke pipa yang lain sampai ke rumah kita. Caratersebut merupakan salah satu aplikasi dari hukum Bernoulli dimana hukum iniberlaku pada aliran air melalui pipa dari tangki menuju bak-bak penampung.Hukum Bernoulli ini menjelaskan tentang konsep dasar aliran fluida, bahwapeningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan padaaliran tersebut. Namun, apakah hukum ini benar? Kita akan menjawabnya padapraktikum kali ini dengan mengetahui hubungan antara tekanan, kecepatan, danelevasi.
1.2
 
Tujuan
Tujuan dari praktikum kali ini adalah :1.
 
Mengukur kecepatan aliran dalam pipa.2.
 
Mengukur tekanan dalam pipa.3.
 
Mengetahui faktor kemiringan / sudut yang mempengaruhi kecepatan dantekanan aliran dalam pipa.
 
2
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1 Prinsip Bernoulli
 Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakanbahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkanpenurunan tekanan pada aliran tersebut. Prinsip ini sebenarnya merupakan penyederhanaandari Persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energi pada suatu titik di dalamsuatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energi di titik lain pada jalur aliran yangsama. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama Daniel Bernoulli.
2.2 Hukum Bernoulli
Asas Bernoulli berbunyi pada pipa mendatar (horizontal), tekanan fluida paling besaradalah pada bagian yang kelajuan alirnya paling kecil, dan tekanan paling kecil adalah padabagian yang kelajuan alirnya palig besar.Anda telah mengetahui bahwa untuk zat cair yang tidak bergerak (fluida statis), tekananpada kedalaman yang sama dimana pun sama besarnya. Ini ditunjukkan oleh permukaan zatcair dalam tabung-tabung suatu bejana berhubungan yang akan sama tingginya jika diisi olehzat cair sejenis . Hukum ini diterapkan pada zat cair yang mengalir dengan kecepatan berbedadalam suatu pipa. Oleh karena itu, peristiwa ini kita sebut sebagai asas bejana berhubungan.Dalam bentuknya yang sudah disederhanakan, secara umum terdapat dua bentuk persamaan Bernoulli; yang pertama berlaku untuk aliran tak-termampatkan (incompressibleflow), dan yang lain adalah untuk fluida termampatkan (compressible flow).
2.2.1 Aliran Tak-termampatkan
 Aliran tak-termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan tidak berubahnyabesaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluida tak-termampatkan adalah: air, berbagai jenis minyak, emulsi, dll. Bentuk Persamaan Bernoulliuntuk aliran tak-termampatkan adalah sebagai berikut:
 
3dimana:
 
v = kecepatan fluidag = percepatan gravitasi bumih = ketinggian relatif terhadapa suatu referensip = tekanan fluida
ρ = densitas flu
idaPersamaan di atas berlaku untuk aliran tak-termampatkan dengan asumsi-asumsisebagai berikut:
• Aliran bersifat tunak (steady state)
 
• Tidak terdapat gesekan
 Dalam bentuk lain, Persamaan Bernoulli dapat dituliskan sebagai berikut:
2.2.2 Aliran Termampatkan
 Aliran termampatkan adalah aliran fluida yang dicirikan dengan berubahnya besarankerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran tersebut. Contoh fluidatermampatkan adalah: udara, gas alam, dll. Persamaan Bernoulli untuk aliran termampatkanadalah sebagai berikut:di mana:= energi potensial gravitasi per satuan massa; jika gravitasi konstan maka=entalpifluida per satuan massaCatatan:,di mana adalah energitermodinamikaper satuan massa, juga disebut sebagai energiinternal spesifik.

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rachmadi Gewa S liked this
Jurnalhizt Jurna liked this
Bahtaria Rohmah liked this
Ewin Damanik liked this
Aiiy Arnis liked this
Rizka Nurul Aida liked this
Desy Amalia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->