Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
236Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif

Ratings:

4.33

(6)
|Views: 65,084|Likes:
Published by anon-372496

More info:

Published by: anon-372496 on Dec 14, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2013

pdf

text

original

 
 Tujuh Gaya Belajar Efektif 
Banyak gaya yang bisa dipilih untuk belajar secara efektif. Berikut adalahtujuh gaya belajar yang mungkin bisa Anda ikuti
1.
Bermain dengan kata.
Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang teman yangsenang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membacaserta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisamembantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hallainya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.
2.
Bermain dengan pertanyaan.
Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat bila itudilakukan dengan cara bermian dengan pertanyaan. Misalnya, kitamemancing keinginan tahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiaopkali muncuil jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkanhasil yang paling akhirnya atau kesimpulan.
3.
Bermain dengan gambar.
Anda sementar orang yang lebih suka belajar dengan membuatgambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Orangyang memiliki kegemaran ini, biasa memiliki kepekaan tertentudalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuatperubahan, merangkai dan membaca kartu. Jika Anda termasukkelompok ini, tak salah bila Anda mencoba mengikutinya.
4.
Bermain dengan musik.
 
Detak irama, nyanyian, dan mungkin memainkan salah satuinstrumen musik, atau selalu mendengarkan musik. Ada banyakorang yang suka mengingat beragam informasi dengan caramenginat notasi atau melodi musik. Ini yang disebut sebagai ritmehidup. Mereka berusaha mendapatkan informasi terbaru mengenaiberagam hal dengan cara mengingat musik atau notasinya yangkemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitandengan itu. Misalnya mendegarkan musik jazz, lalu tergeliikbagaimanalagu itu dibuat, siapa yang membuat, dimana, dan padasaat seperti apa lagu itu muncul. Informasi yang mengiringi lagu itu,bisa saja tak sebatas cerita tentang musik, tapi juga manusia,teknologi, dan situasi sosial politik pada kurun waktu tertentu.
5.
Bermain dengan bergerak.
Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakantubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu carabelajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudahmemahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalahkalangan penari, olahragawan. Jadi jika Anda termasuk kelompokyang aktif, tak salah mencoba belajar sambil tetap melakukanberagam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.
6.
Bermain dengan bersosialisasi.
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaikmendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul,kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat danmudah memahaminya. Dan biasanya, informasi yang didapatdengan cara ini, akan lebih lama terekam dalam ingatan.
 
7.
Bermain dengan Kesendirian.
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya,termasuk belajar dengan menyepi. Untuk mereka yang seperti ini,biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjagaprivasinya. Jika Anda termasuk yang seperti ini, maka memilikikamar pribadi akan sangat membantu Anda bisa belajar secaramandiri.(Sumber TEMPO Interaktif - 23 April 2001)
Lima Prinsip Belajar
1.
Mengenali betul apa yang menarik untuk kita
 Jika kita mengetahui betul apa sesungguhnya yang menarik bagikita, tentu akan lebih mudah mencari ragam informasi penting yangakan kita pelajari. Tak ada seorang pun yang mampu memberikaninformasi tentang apa yang menarik untuk kita pelajari kecuali kitasendiri.Ada baiknya, sekali waktu, Anda berhenti dulu belajar, lalu tanyakanpada diri Anda sendiri, untuk apa Anda belajar? Jika Anda cukuppunya alasannya, tak salah bila Anda mencoba mengujinya denganmengikuti beberapa tes untuk melihat tingkat pemahaman kita dancara untuk meningkatkannya. Hal terpenting yang perlu diingatadalah seberapa cepat pun kita bisa memahami suatu informasi,maka informasi itu dengan mudah bisa hilang dari ingatan jikaternyata informasi tersebut bukan seperti sesuatu yang menjadi intiketertarikan kita.
2.
Kenalilah kepribadian diri sendiri.
 Jika kita tahu betul siap kita dan apa yang kita inginkan, makamempelajari sesuatu yang sesuai dengan keinginan dankepribadian kita menjadi lebih mudah dilakukan. Sebab, apapunyang akan kita pelajari dan pahami, seringkali menjadi sia-sia jikaternyata tak sesuai dengan kepribadian kita.
3.
Rekam semua informasi dalam kata.
Langkah yang paling mudah untuk memahami, mengingat danmempelajari sesuatu adalah dengan kata. Jadi, langkah yang palingmudah dan bijaksana adalah bila kita terbiasa merekam semuainformasi itu dengan cara menuliskannya kembali dalam bentuk apasaja. Gambar, coretan dan yang terbaik adalah catatan tertulisbuatan tangan sendiri.
4.
Belajar bersama orang lain.
Cara termudah untuk belajar sesungguhnya adalah bila kitamelakukannya secara bersama-sama. Prinsip belajar ini hampirselalu efektif bagi setiap orang, apa pun karakter belajar yangdimilikinya. Selain itu, belajar juga menjadi terasa lebihmenyenangkan dan ringan, bila dilakukan secara bersama-sama.
5.
Hargai diri sendiri.
Belajar memahami dan menyerap informasi akan menjadi lebihterasa bermanfaat dan berarti bila kita menghargainya. Jadi,rencanakan apa yang Anda akan pelajari dan pahami. Setelah itu,cobalah membuat jeda di antara waktu belajar yang Anda laklukan.Setelah itu, lihat seberapa besar tingkat keberhasilan Anda dalammempelajari suatu informasi atau fakta tertentu. Bila Anda merasa
 
itu berhasil, maka Anda layak menghargai jerih-payah Anda belajardengan cara apa saja. Misalnya, merayakannya dengan makanenak atau membeli sesuatu yang bisa mengingatkan Anda akankeberhasilan yang Anda pernah capai. (Sumber TEMPO Interaktif -23 April 2001)
Cara Belajar Yang Baik Menurut Hukum Newton
Oleh
: Uripto Trisno Santoso
Banyak orangtua, guru dan mungkin teman kita memberikan nasihat agar kita belajar jauh hari sebelum waktu pelaksanaan ujian tiba. Tidak sedikit buku tentang cara belajar yang juga memberikan nasihat demikian.Secara umum kita semua setuju, terutama ketika kita masih duduk dibangku sekolah, agar belajar secara bertahap dan sistematis.Sebaliknya, pada dasarnya kita tidak setuju cara belajar dengan SistemKebut Semalam (SKS), yakni belajar semalam suntuk hanya pada saat menjelang ujian keesokan harinya. Selain melelahkan dan mendatangkanstres, cara belajar SKS tidak memberikan hasil yang memuaskan, bahkancenderung menuai kegagalan. Namun, dengan berbagai alasan banyak siswa atau mahasiswa yang masih suka belajar dengan cara SKS.Melihat betapa besar pengorbanan orangtua dan mungkin juga sanak-saudara, mengeluarkan biaya dan mencurahkan perhatian kepada kitadengan harapan kita memperoleh pendidikan yang baik dan kelak memiliki bekal ilmu. Atau setidaknya ijazah yang dapat dijadikan prasyarat guna mendapatkan pekerjaan. Lebih jauh, masyarakat dikampung hingga negara juga menaruh harapan besar di pundak siswasebagai penerus bangsa. Apa pun alasannya, belajar jelas penting dansangat perlu apalagi bagi siswa, minimal untuk mencapai syarat kelulusan.Untuk lebih memotivasi siswa dan guru, pada kesempatan ini penulismemaparkan tentang cara belajar yang baik ditinjau dari sudut pandangsains (ilmu pengetahuan), Juga memberikan alasan ilmiah mengapa kitalebih baik belajar secara berkesinambungan jauh hari sebelum ujian,bukan belajar dengan cara dadakan (SKS). Ada beberapa hukum dalam sains yang dapat dijadikan landasan ilmiahtentang cara belajar yang baik, misalnya Hukum Newton. Hukum Newtonsangat terkenal terutama dalam pelajaran fisika dan telah diaplikasikandalam banyak bidang hingga sekarang. Misalnya untuk pembangunan

Activity (236)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Nsr Roel liked this
Dharma Arung Laby added this note
setuju. Trimakasih.
Anisa Sheerif added this note
thanks tips nya
Susi Ilow liked this
Dedi Saputra added this note
thanks atas tipsnya
Syifa Solihat added this note
makasih infony

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->