Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
10Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SISTEM HORMON MANUSIA.doc

SISTEM HORMON MANUSIA.doc

Ratings: (0)|Views: 382|Likes:
Published by Anggri Septyan

More info:

Published by: Anggri Septyan on Apr 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

 
SISTEM HORMON MANUSIA
MATERI KELAS IX
Hormon berasal dari kata
Hormaein
yang artinya memacu atau menggiatkan ataumerangsang. Dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tidak terlalu banyak (sedikit),tetapi jika kekurangan atau berlebihan akan mengakibatkan hal yang tidak baik(kelainan seperti penyakit) sehingga dapat mengganggu pertumbuhan danperkembangan serta proses metabolisme tubuh.Hormon merupakan senyawa kimia, berupa protein yang mempunyai fungsi untukmemacu atau menggiatkan proses metabolisme tubuh. Dengan adanya hormondalam tubuh maka organ akan berfungsi menjadi lebih baik.
Hormonologi
: yaitu ilmu yang mempelajari mengenai seluk belukhormon.Pada makhluk hidup, khususnya manusia hormon dihasilkan oleh kelenjar yangtersebar dalam tubuh. Cara kerja hormon di dalam tubuh tidak dapat diketahuisecara cepat perubahannya, akan tetapi memerlukan waktu yang lama. Tidak sepertisistem saraf yang cara kerjanya dengan cepat dapat dilihat perubahannya. Hal inikarena hormon yang dihasilkan akan langsung diedarkan oleh darah melaluipembuluh darah, sehingga memerlukan waktu yang panjang.
Kelenjar dalam tubuh manusia dibedakanmenjadi 2 bagian yaitu :
1.Kelenjar eksokrinyaitu kelenjar yang mempunyai saluran khusus dalampenyaluran hasil sekretnya/getahnya.Ex : kelenjar-kelenjar pencernaan.2.Kelenjar endokrinyaitu kelenjar yang tidak mempunyai saluran khusus dalampenyaluran hasil sekretnya/getahnya.Ex : kelenjar hipofisis, thyroid, thymus dll.
Hormon berfungsi :
a.Memacu pertumbuhan dan metabolisme tubuh.b.Memacu reproduksi.1
 
c.Mengatur keseimbangan cairan tubuh/homeostasis.d.Mengatur tingkah laku.
Macam kelenjar :
A.Berdasarkan aktivitasnya :1
. Kelenjar yang bekerja sepanjang masa.
Kelenjar golongan ini akan bekerja terus menerus sepanjang kehidupanmanusia dan akan terhenti jika sudah tidak ada kehidupan pada manusiatersebut. Sehingga tidak terbatas pada usia.Ex : Hormon metabolisme.2.
Kelenjar yang bekerjanya mulai masa tertentu.
Hormon golongan ini tidak akan dapat berfungsi jika belum mencapaiproses perkembangan dalam diri manusia atau proses pendewasaan selyang terjadi dalam tubuh manusia. Kedewasaan sel akan terjadi pada saatusia tertentu seperti pada saat usia pubertas.Ex : Hormon kelamin.
3. Kelenjar yang bekerja sampai pada masa tertentu.
Hormon golongan ini bekerja pada saatn manusia itu dilahirkan sampaipada usia tertentu. Pada usia tersebut terjadi proses pertumbuhan dariseluruh oragn-organ tubuh manusia sampai dengan penyempurnaanorgan. Sehingga masing-masing organ tersebut dapat berfungsisebagaimana mestinya. Kecuali organ yang membutuhkan persyaratankedewasaan sel.2
 
Hormon ini akan berhenti dihasilkan pada saat tubuh mulai memperlambatatau menghentikan proses pertumbuhan. Biasanya hormon ini bekerja padakisaran usia 0 hari sampai 17 tahun (masa pertumbuhan).Ex : Hormon pertumbuhan, kelenjar tymus.B. Berdasarkan letaknya :1. Kelenjar hipophysis/pituitary di dasar cerebrum, dibawah hypothalamus.2.Kelenjar pineal/epiphysis di cerebrum.3.Kelenjar thyroid di daerah leher.4.Kelenjar parathyroid di dekat kelenjar thyroid.5.Kelenjar thymus di rongga dada.6.Kelenjar adrenal/suprarenalis di atas ren.7.Kelenjar pulau langerhans/pankreas di rongga perut.8.Kelenjar Usus dan lambung di rongga perut.9.Kelenjar kelamin :a. Ovarium di rongga perut.b. Testis di rongga perut bawah. 
Figure 1 : Letak kelenjar endokrin
3

Activity (10)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
elangfajar liked this
Aina Nurlaila liked this
hariyanto81 liked this
Ika Enji liked this
Dwiza Meliana R liked this
Muhammad Rizal liked this
Lovelia Andrexa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->