Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Ratings: (0)|Views: 843|Likes:
Published by Jejen Jaelani

More info:

Published by: Jejen Jaelani on Apr 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2012

pdf

text

original

 
Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
 
1.
 
Pengertian Desain
.Para ahli dalam bidang perencanaan merumuskan desain dengan definisi, Desain adalahsalah satu aspek dari proses pengembangan yang terdiri dari enam fase. Untuk mengembangkan berbagai bentuk atau aktifitas baru yang dianalisis sebagai proses yangterdiri dari enam karakteristik yang saling berhubungan ;a.
 
Riset (analisis)b.
 
Desain (sintesisi)c.
 
Produksi (formasi )d.
 
Distribusi(pemyebaran)e.
 
Utilisasi(kinerja)f. Eliminasi(penghentian)
2.
 
Pengertian Pendidikan Agama Islam
Pendidikan agama adalah merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaanterhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai denga agama yang dianut oleh peserta didik yangbersangkutan dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati agama lain dalamhubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyrakat untuk mewujudkan pesatuannasional. Sedangkan Pendidikan agama Islam mempuyai pengertian sebagai usaha sadaruntuk menyiapkan siswa dalam menyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkanagama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan denganmemperhatikan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antaraumat beragama dalam masyarakat untuk mewujutkan persatuan nasional.
 
3.
 
Desain Pembelajaran pendidikan agama Islam
Rencana pembelajaran yang baik menurut Gagne dan Briggs(1974)hendaknya mengndung tigakomponen yang di sebut dengan anchor point.1) Tujuan pengajaran;2) Materi pengajaran/ bahan ajar, pendekatan dan metode mengajar, media pengajaran danpengalaman belajar3) Evaluasi keberhasilan .Hal ini sesuai dengan pendapat Kenneth D Moore;bahwa komposisi format rencanapembelajaran meliputi bebrapa komponen di antaranya adalah sebagai berikut:a.
 
Topic bahasanb.
 
Tujuan pembelajaran (kompetensi dan indicator kompetensi )c.
 
Materi pelajrand.
 
Kegiatan pembelajarane.
 
Alat atau media yang dibutuhkanf.
 
Evaluasi hasil belajarDari beberapa pandangan tersebut diatas maka desain pembelajaran pendidikan agma Islam yangbaik adalah:1. Menentukan tujuan pengajaran pendidikan Islam, adapun tujuan secara umum, pendidikanagama Islam adalah bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, danpengamalan peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yangberiman dan bertaqwa kepada Allah Swtserta berakhlaq mulia dalam kehidupan pribadi,bermasyarakat dan berbangsa dan bernegara. Untuk mencapai tujuan tersebut juga perluadanya suatu materi pengajaran tertentu .2) Menentukan materi pengajaran/ bahan ajar, bahan ajar atau materi pengajaran di dalampendidikan agama Islam adalah terdiri dari Al-
Qur’an dan al
-
hadist, keimanan, syarai’ah,
Ibadah, muamalah, aklhlaq dan tareh atau sejarah yang lebih menekankan pada perkembanganajaran agam, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
 
3). Menentukan pendekatan dan metode mengajar dan strategi yang akan digunakan agar bisamenyesuaikan dengan keadaan peserta ajar., di dalam pendidikan agama Islam metode yangbanyak digunakan adalah dengan menggunakan metode ceramah, Tanya jawab dan diskusi.4) Media pengajaran dan pengalaman belajar ini di lakukan untuk mempermudah pesertaajar/murid untuk menerima pelajaran. Dalam hal ini bisa menngunakan media bacaaan, tiprecorde5) Evaluasi keberhasilan, hal ini di lakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalammenerima pelajaran yang telah di berikan oleh pengajar pendidikan agama Islam.
4. Manfaat Desain pembelajaran:
1.
 
Sebagai penunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan.2.
 
Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terliat dalamkegiatan.3.
 
Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatandan kelambatan kerja.4.
 
Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur pengajar maupun unsur yang diajar.5.
 
Untuk bahan penyususnan data agar terjadi keseimbangan kerja6.
 
Untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.
5. Model desai mengajar atau pembelajaran.
 a.
 
Model ROPES.
.( Review, Overview, presentation, Exsercise, Summary) dengan langkah-langkah sebagai berikut.1). Review, kegiatan ini dilakukan dalam waktu 1 sampai 5 menit, yakni mengukur kesiapansiswa untuk mempelajari bahan ajar dengan melihat pengalaman sebelumnya yang sudahdimiliki oleh siswa dan diperlukan sebagai prerequisite unuk memahami bahan yangdisampaikan hari itu. Dalah hal ini diperlukan guru harus yakin dan tahu betul jika siswasudah siap menerima pelajaran baru. Dan jika guru mengetahui siswa belum menguasaipelajaran sebelumnya, maka guru dengan bijak memberi kesempatan kepada siswa untuk memahami terlebih dahulu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->