Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistematika Proposal PTK

Sistematika Proposal PTK

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 976 |Likes:
Published by via_has3697

More info:

Published by: via_has3697 on Dec 16, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

 
Diklat TeknisPenelitian Tindakan KelasGuru PLBDisajikan Oleh : Budi Susetyo
Direktorat Pendidikan Luar Biasa2005
 
SISTEMATIKA PROPOSAL PTK 1.JUDUL
Judul PTK hendaknya dinyatakan dengan akurat dan padat permasalahan serta bentuk tindakan yang dilakukan peneliti sebagai upaya pemecahan masalah.Formulasi judul hendaknya singkat, jelas, dan sederhana namun secara tersirat telahmenampilkan sosok PTK bukan sosok penelitian formal.
2.LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam latar belakang permasalahan ini hendaknya diuraikan urgensi penanganan permasalahan yang diajukan itu melalui PTK. Untuk itu, harusditunjukkkan fakta – fakta yang mendukung, baik yang berasal dari pengamatan guruselama ini maupun dari kajian pustaka. Dukungan berupa hasil penelitian –penelitianterdahulu, apabila ada juga akan lebih mengokohkan argumentasi mengenai urgensiserta signifikansi permasalahan yang akan ditangani melalui PTK yang diusulkan itu.Karakteristik khas PTK yang berbeda dari penelitian formal hendaknya tercermindalam uraian di bagian ini.
3.PERMASALAHAN
Permasalahan yang diusulkan untuk ditangani melalui PTK itu dijabarkansecara lebih rinci dalam bagian ini. Masalah hendaknya benar – benar di angkat darimasalah keseharian di sekolah yang memang layak dan perlu diselesaikan melaluiPTK. Sebaliknya permasalahan yang dimaksud seyogyanya bukan permasalahanyang secara teknis metodologik di luar jangkauan PTK. Uraian permasalahan yangada hendaknya didahului oleh identifikasi masalah, yang dilanjutkan dengan analisismasalah serta diikuti dengan refleksi awal sehingga gambaran permasalahan yang perlu di tangani itu nampak menjadi perumusan masalah tersebut. Dalam bagian inidikunci dengan perumusan masalah tersebut. Dalam bagian inipun, sosok PTK harussecara konsisten tertampilkan.
4.CARA PEMECAHAN MASALAH
Dalam bagian ini dikemukakan cara yang diajukan untuk memecahkan masalahyang dihadapi. Alternatif pemecahan yang diajukan hendaknya mempunyai landasan
 
konseptual yang mantap yang bertolak dari hasil analisis masalah. Disamping itu, juga harus terbayangkan kemungkinan kemanfaatan hasil pemecahan masalah dalamrangka pembenahan dan/atau peningkatan implementasi program pembelajarandan/atau berbagai program sekolah lainnya.Juga harus dicermati artikulasikemanfaatan PTK berbeda dari kemanfaatan penelitian formal.
5.TUJUAN PENELITIAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Tujuan PTK hendaknya dirumuskan secara jelas.paparkan sasaran antara danakhir tindakan perbaikan.perumusan tujuan harus konsisten dengan hakekat permasalahan yang dikemukakan dalam bagian bagian sebelumnya. Dengansendirinya,artikulasi tujuan PTK berbeda dari tujuan formal. Sebagai contoh dapatdikemukakan PTK di bidang IPA yang bertujuan meningkatkan prestasi siswa dalammata pelajaran IPA melalaui penerapan strategi PBM yang baru, pemanfaatanlingkungan sebagai sumber belajar mengajar dan sebagainya. Pengujian dan/atau pengembangan strategi PBM baru bukan merupakan rumusan tujuan PTK.Selanjutnya ketercapaian tujuan hendaknya dapat diverfikasi secara obyektif.Syukur apabila juga dapat dikuantifikasikan.Disamping tujuan PTK, juga perlu diuraikan kemungkinan kemanfaatan penelitian. Dalam hubungan ini, perlu dipaparkan secara spesifik keuntungan – keuntungan yang dijanjikan, khususnya bagi siswa sebagai pewaris langsung (direct beneficiaries) hasil PTK, di samping bagi guru pelaksana PTK, bagi rekan – rekanguru lainnya serta bagi para dosen LPTK sebagai pendidik guru. Berbeda darikonteks penelitian formal, kemanfaatan bagi pengembangan ilmu. Teknologi dan senitidak merupakan prioritas dalam konteks PTK, meskipun kemungkinan kehadirannyatidak ditolak. 
6.KERANGKA TEORETIK DAN HIPOTESIS TINDAKAN
Pada bagian ini diuraikan landasan substantive dalam arti teoritik dan/ataumetodologik yang dipergunakan peneliti dalam menentukan alternative, yang akandiimplementasikan. Untuk keperluan itu, dalam bagian ini diuraikan kajian baik  pengalaman peneliti pelakju PTK sendiri nyang relevan maupun pelaku – pelaku PTK 

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
cicilya_yuliana liked this
Dahlia Tambajong liked this
Abdul Rozaq liked this
andhi ridwan liked this
andhi ridwan liked this
andhi ridwan liked this
icemerly liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->