Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
76Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Pemasaran Berdasarkan Pelayanan

Manajemen Pemasaran Berdasarkan Pelayanan

Ratings:

4.71

(7)
|Views: 35,103|Likes:
Published by Robby Fahamsyah
contact center : robbyfahamsyah@yahoo.co.uk
contact center : robbyfahamsyah@yahoo.co.uk

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Robby Fahamsyah on Dec 16, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pemenuhan kebutuhan dan keinginan serta nilai kualitas jasa sangat ditentukan olehtingkat kepentingan maupun kepuasan pelanggan sebagai pemakainya. Pelayanan yang kurangmemuaskan akan menyebabkan berkurangnya konsumen atau bahkan hilang karena konsumen berpindah ke jasa layanan lain. Hal ini merupakan tantangan besar bagi perusahaan dalammembangun citra perusahaan yang tidak hanya mampu membuat dan membangun tapi jugadapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Oleh sebab itu perusahaan perlu mengetahui perilaku pelanggan dalam membeli, menggunakan dan mengevaluasi jasa dalam rangka pemenuhan dan pemuasan kebutuhan.Rumah makan Pusat Bubur Ayam Bunut Sukabumi adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan makanan. Rumah makan Pusat Bubur Ayam BunutSukabumi memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan usahanya antara lain bagaimanamenjaga kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan produk serupa dan juga produk  pengganti lainnya yang saat ini semakin banyak bermunculan. Salah satu faktor yang harusdiperhatikan dalam menjaga kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan pelayanan yangmemuaskan, sesuai dengan atau melebihi harapan pelanggan. Sehingga dirasakan sangat penting untuk mengetahui pelayanan yang diharapkan oleh pelanggan.Bila ditinjau dari sudut pandang perusahaan, salah satu cara yang efektif dalammelakukan diferensiasi adalah melalui jasa atau pelayanan yang diberikan. Hal ini membawa perubahan yang cukup mendasar dalam bisnis utama suatu perusahaan. Sebagai contoh,semakin banyaknya bisnis utama restoran bergeser dari sekedar menyediakan segala macammakanan untuk dijual, menjadi usaha melayani dan memuaskan rasa lapar pelanggan dengandisertai usaha menyediakan suasana yang kondusif bagi pelanggan untuk menikmati hidangan.Bahkan tidak jarang pula di restoran disajikan pula hiburan musik.Analisis mengenai tingkat kepuasan pelanggan ini nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan strategi dan program pemasaran yang relevan pada situasi dan kondisi saatini. Konsep strategi yang baik membutuhkan perumusan masalah yang berlandaskan kepadawawasan yang lebih luas.Manajemen pemasaran mengenal konsep bauran pemasaran (
Marketing Mix
) sebagaivariabel-variabel keputusan yang dapat dikendalikan oleh manajemen untuk mencapai tujuan perusahaan. Di dalam konsep bauran pemasaran (
Marketing Mix
) terdapat 7 variabel yaitu produk (
 product 
), harga (
 price
), promosi (
 promotion
) dan tempat (
 place
), proses(
 process
)
 ,
 personil (
 personil 
)
 ,
dan fasilitas fisik 
 
(
 physical facility).
I-1
 
Analisis tingkat kepuasan pelanggan memberikan landasan yang baik untuk memahamidan memanfaatkan lebih efektif lagi konsep dan metode-metode pemasaran produk bagistrategi dan program pemasaran. Strategi dan program pemasaran diperlukan untuk mengatasi permasalahan pemasaran yang kompleks melalui pendekatan terhadap sistem nyata di dalam perusahaan.
I.2 Perumusan Masalah
Dalam memberikan pelayanan seringkali terjadi perbedaan kualitas antara yang diberikanoleh Rumah makan Pusat Bubur Ayam Bunut Sukabumi dengan yang diharapkan oleh pelanggan. Besarnya perbedaan kualitas tersebut tergantung dari seberapa besar Rumah makanPusat Bubur Ayam Bunut Sukabumi dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggannyaserta tergantung pada perilaku pelanggan dalam membeli, menggunakan dan mengevaluasi jasayang diberikan.Sejalan dengan pandangan pelanggan terhadap pelayanan Rumah makan Pusat BubuAyam Bunut Sukabumi dikaitkan dengan penjelasan latar belakang di atas dapat dirumuskanhal-hal yang akan dijadikan acuan dalam pembuatan Tugas Akhir ini, yaitu :
1.
Bagaimana pengenalan pelanggan Rumah makan Pusat Bubur Ayam Bunut Sukabumiterhadap produk dan jasa yang ditawarkannya
2.
Bagaimana kualitas pelayanan yang telah diberikan dan disediakan Rumah makanPusat Bubur Ayam Bunut Sukabumi dibandingkan dengan harapan pelanggan dikaitkandengan tingkat kepuasan dan kepentingan pelanggan.
3.
Bagaimana menyusun suatu strategi dan program pemasaran yang efektif untuk lebihmeningkatkan penjualan atau setidaknya bisa mempertahankan pelanggan yang telahada dangan berdasarkan analisis tingkat kepuasan pelanggan.
I.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :1.Untuk mengetahui dan menganalisa informasi tentang tingkat kepuasan konsumen2.Untuk mengetahui dan menganalisa hal-hal apa saja yang menjadi yang perludiperbaiki dan dipertahankan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen RumahMakan Pusat Bubur Ayam Bunut.
STT Telkom112990063
 
3.Untuk menyusun strategi dan program pemasaran Rumah Makan Pusat Bubur AyamBunut Sukabumi.
I.4 Manfaat Penelitian
Penelitian tingkat kepentingan dan kinerja pelayanan diharapkan dapat memberikanmanfaat antara lain untuk:1.Sebagai dasar dalam melakukan strategi dan program pemasaran yang relevan padasituasi dan kondisi saat ini.
2.
Dapat memberikan masukan bagi Rumah Makan Pusat Bubur Ayam Bunut Sukabumidalam menentukan strategi pemasaran dan juga dijadikan acuan dalam pengambilankeputusan dan kebijaksanaan yang erat hubungannya dengan bidang pemasaran.
I.5 Batasan Masalah
Penelitian mengenai faktor-faktor yang berkaitan dengan analisis tingkat kepentingan dankinerja pelayanan termasuk didalamnya pembahasan mengenai perumusan strategi pemasaranmerupakan kajian yang sangat luas dan kompleks. Karena itu dalam penelitian iniakan dilakukan pembatasan permasalahan sebagai berikut :1.Penelitian dilakukan di Rumah Makan Pusat Bubur Ayam Bunut Sukabumi.
2.
Yang menjadi responden adalah konsumen Rumah Makan Pusat Bubur Ayam BunutSukabumi.
3.
Penelitian ini hanya dibatasi pada penentuan perumusan strategi dan program pemasaran yang disusun berdasarkan analisis tingkat kepuasan pelanggan.
4.
Dimensi yang digunakan dalam analisis tingkat kepuasan pelanggan terdiri dari
 Realibility, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles.
5.
Komponen atau unsur-unsur program pemasaran yang akan dibahas dalam penelitian ini terdiri dari produk (
 product 
), harga (
 price
), promosi (
 promotion
)
 ,
sertadistribusi (
distribution
), proses (
 process
)
 ,
orang (
 participants
)
 ,
dan fasilitas fisik (
 physical evidence
).
STT Telkom112990063

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tiara Indraswari liked this
malatebus liked this
Nuril Hafidzah liked this
Iden Gilang liked this
Irwan Cungkring liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->