Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Dasar Motor Induksi Tiga Fasa

Teori Dasar Motor Induksi Tiga Fasa

Ratings: (0)|Views: 1,293 |Likes:
Published by anggelina92ginting

More info:

Published by: anggelina92ginting on Apr 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
MOTOR ASINKRON (INDUKSI)
1
Bagian bagian MotorGambar 6
. Bagian
 – 
bagian motor 3 Fase.
 
 
Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang merubah energi listrik menjadi energigerak dengan menggunakan gandengan medan listrik dan mempunyai slip antara medan statordan medan rotor. Motor induksi merupakan motor yang paling banyak kita jumpai dalamindustri. Motor induksi pada dasarnya mempunyai 3 bagian penting sebagai berikut.
 
Stator : Merupakan bagian yang diam dan mempunyai kumparan yang dapatmenginduksikan medan elektromagnetik kepada kumparan rotornya.
 
Celah : Merupakan celah udara: Tempat berpindahnya energi dari startor ke rotor.
 
Rotor : Merupakan bagian yang bergerak akibat adanya induksi magnet dari kumparanstator yang diinduksikan kepada kumparan rotor.Konstruksi stator motor induksi pada dasarnya terdiri dari bahagian-bahagian sebagaiberikut:
 
Rumah stator (rangka stator) dari besi tuang.
 
Inti stator dari besi lunak atau baja silikon.
 
Alur, bahannya sama dengan inti, dimana alur ini merupakan tempat meletakkan belitan(kumparan stator).
 
Belitan (kumparan) stator dari tembaga.Rangka stator motor induksi didisain dengan baik dengan empat tujuan yaitu:
 
Menutupi inti dan kumparannya.
 
Melindungi bagian-bagian mesin yang bergerak dari kontak langsung dengan manusiadan dari goresan yang disebabkan oleh gangguan objek atau gangguan udara terbuka(cuaca luar).
 
Menyalurkan torsi ke bagian peralatan pendukung mesin dan oleh karena itu statordidisain untuk tahan terhadap gaya putar dan goncangan.
 
Berguna sebagai sarana rumahan ventilasi udara sehingga pendinginan lebih efektif\ Penjelasan :
1.
 
Bentuk RotorRotor sangkar adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam.Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembagayang dihubungkan singkat pada ujungnya.Rotor kumparan ( wound rotor ), Kumparan dihubungkan bintang dibagian dalam danujung yang lain dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar.Kumparan dapat dikembangkan menjadi pengaturan kecepatan putaran motor. Pada kerjanormal slipring hubung singkat secara otomatis, sehingga rotor bekerja seperti rotor sangkar.
 
Untuk medan rotor yang digunakan tergantung pada kecepatan mesin, mesin dengan kecepatantinggi seperti turbo generator mempunyai bentuk silinder gambar 3a, sedangkan mesin dengankecepatan rendah seperti Hydroelectric atau Generator Listrik Diesel mempunyai rotor kutubmenonjol gambar 3b.Gambar 3a. Bentuk Rotor kutub silinder.Gambar 3b. Bentuk Rotor kutub menonjol.
2.
 
Bentuk StatorStator merupakan bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar.Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur
 – 
alur sebagai tempatmeletakkan kumparan. Stator dari Mesin Sinkron terbuat dari bahan ferromagnetik ,seperti telah dibahas di sini, yang berbentuk laminasi untuk mengurangi rugi-rugi aruspusar. Dengan inti ferromagnetik yang bagus berarti permebilitas dan resistivitas daribahan tinggi.

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
rhosan619 liked this
Arif Sulaiman liked this
Kartika Loren liked this
Bangun Pane liked this
Ahmad Hidayat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->