Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
batuan metamorf

batuan metamorf

Ratings: (0)|Views: 960|Likes:
Published by RanaAttiqah

More info:

Published by: RanaAttiqah on Apr 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
 Batuan Metamorf 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
1.1 Definisi Petrologi
 Kata petrologi berasal dari bahasa Yunani petra, yang berarti (batu), dan kata logos yang berartiilmu, jadi menurut bahasa Petrologi adalah ilmu yang berfokus pada studi mengenai batuan dankondisi pembentukannya. Ilmu petrologi, berkaitan dengan tiga tipe batuan: beku, metamorf, dansedimen.
1.2 Batuan Metamorf
 Batuan metamorf (atau batuan malihan) adalah salah satu kelompok utamabatuanyangmerupakan hasiltransformasiatau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah adasebelumnya,
protolith 
, oleh suatu proses yang disebutmetamorfisme
,yang berarti “perubahanbentuk”. Protolith yang dikenai panas (lebih besar 
dari 150°Celsius)dantekananekstrem akan mengalami perubahan fisika dan/atau kimia yang besar. Protolith dapat berupabatuansedimen,batuan beku,atau batuan metamorf lain yang lebih tua. Beberapa contoh batuanmetamorf adalahgneis,batu sabak,batu marmer,danskist.  Batuan metamorf menyusun sebagian besar darikerakBumidan digolongkan berdasarkan tekstur dan dari susunan kimia danmineral(fasies metamorf)Mereka terbentuk jauh dibawah permukaan bumi oleh tegasan yang besar dari batuan diatasnya serta tekanan dan suhu tinggi.Mereka juga terbentuk olehintrusibatu lebur, disebutmagma,ke dalam batuan padat dan terbentuk terutama pada kontak antara magma dan batuan yang bersuhu tinggi.
BAB II
 
TINJAUAN PUSTAKA
 
 
 
Klasifikasi Batuan Metamorf
1. Berdasarkan komposisi kimiaKlasifikasi ini ditinjau dari unsur
 –
unsur kimia yang terkandung dalam batuan metamorf yangmencirikan batuan asalnya, terbagi dalam 5 kelompok :1.
1. Calcic metamorphic rock 
 Batuan metamorf yang berasal dari batuan yang bersifat kaya unsur Al, umumnya terdiri atasbatulempung dan serpih. Sebagai contoh : batusabak, pilit1.
2. Quartz feldspatic rock 
 Batuan metamorf yang berasal dari batuan yang kaya akan unsur kwarsa dan feldspar. Batuanasal umumnya terdiri dari batupasir, batuan beku basa, sebagai contoh : gneiss.1.
3. Calcareous metamorphic rock 
 Batuan metamorf yang berasal dari batugamping dan dolomit. Sebagai contoh : marmer.1.
4. Basic Metamorphic rock 
 Batuan metamorf yang berasal dari batuan beku basa, semi basa dan menengah, serta tuffa danbatuan sedimen yang bersifat napalan dengan kandungan unsur-unsur K, Al, Fe, Mg.1.
Magnesia Metamorphic rock 
.Batuan metamorf yang berasal dari batuan yang kaya akan unsur Mg, sebagai contoh :serpentinit, skiss klorit.1. Berdasarkan asosiasi di lapanganDipakai kriteria lapangan dan asosiasi mineral serta tekstur yang berhubungan dengan nature,dan penyebab tekanan serta temperatur. Misalkan pada suatu zona sesar didapatkan batuanmetamorf dengan struktur kataklastik maka dari sini kita dapat memperkirakan jenismetamorfosenya1. Berdasarkan Komposisi Mineral
 
Didasarkan pada fasies metamorfose , sehingga setiap batuan metamorf akan mempunyaikomposisi mineral spesifik. Hal ini disebabkan karena bila batuan asal mempunyai komposisimineral yang khas , maka akan menghasilkan batuan metamorf dengan komposisi mineral yangkhas pula.1. Berdasarkan tekstur dan StrukturPengklasifikasian batuan metamorf berdasarkan tekstur dan strukur batuan tersebutTabel kalsifikasi Batuan Metamorf:
Tabel 2.1 Tabel klasifikasi Batuan (O’Dunn dan Sill, 1986).
 Tabel 2.2 Tabel Klasifikasi Batuan Metamorf (Russel B. Travis 1955 )
BAB III
 
PENUTUP
 
Kesimpulan
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->