Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Technopreneurship

Proposal Technopreneurship

Ratings: (0)|Views: 606 |Likes:
Published by darkbreaker3244

More info:

Published by: darkbreaker3244 on Apr 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

 
 
Halaman Judul + Biodata PengusulPembuatan sabun dengan memanfaatkan ekstrak lidah buaya sebagai bahanpenghalus kulit.
Latar Belakang
Kegiatan ini diadakan dengan tujuan melaksanakan tugas yang diberikan oleh Ibu Leily dalamMata Kuliah Technopreneurship.
Seiring perkembangan zaman, jumlah pencari pekerjaan lebihbanyak dibandingkan lapangan pekerjaan yang tersedia. Sehingga diperlukan terobosanagar terbukanya lapangan peke rjaan di Indonesia, khususnya di sumatera selatan. Salahsatu alternatif dalam membuka lapangan pekerjaan dengan usaha rumahan. Karena dariusaha rumahan jika dikelola dengan baik maka akan usaha tersebut berpeluang berkembangmenjadi usaha yang lebih besar lagi. Jiwa technopreneurship dikatakan tidak akan tumbuh jika kita tidak melakukan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan membuka usaha,usaha tingkat rumahan dirasa sudah cukup dalam merintis sebuah usaha.Di Indonesia, industri pembuatan sabun secara konvensional telah banyakberkembang dan mayoritas menguasai pasar penjualan sabun, namun sabun yang dibuatoleh industri tersebut sebagian besar berbahan kimia sintetik, sehingga jika seringdigunakan akan berefek pada kesehatan kulit. Melihat pemasalahan diatas dirasa perludilakukan inovasi dalam pembuatan sabun menggunakan bahan alami sebagai bahantambahan dan hal tersebut telah dilakukan oleh industri rumahan dengan menambahkansusu dan ektrak tumbuhan kedalam sabun yang mereka produksi.Penambahan bahan alami tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi penggunaanbahan kimia, dikarenakan anggapan masyarakat mengenai bahan kimia tidak baik untukkesehatan khususnya kulit. Dalam hal ini kelompok kami memilih menggunakan lidah buayasebagai bahan tambahan di dalam sabun, selain dikatakan untuk mengurangi penggunaanbahan kimia sintetik, penggunaan lidah buaya diharapkan dapat menghaluskan kulit bagiyang menggunakannya.
Ide dan Konsep Technopreneurship
Disini hasil diskusi kami menghasilkan ide berupa penambahan lidah buaya kedalamsabun sebagai bahan penghalus kulit. Konsep technopreneurship yang kami gunakan adareaksi kimia, dimana kami mereaksikan bahan baku sehingga terjadi reaksi saponifikasi. Darireaksi saponifikasi inilah maka akan terbentuk sabun.
 
Kami juga membuat sabun tersebut dipacking sedemikian rupa sehingga menarikdengan cara membuat kemasan yang terbuat dari bahan yang bagus dan juga terlihatmenarik.
Tujuan
Yang menjadi tujuan dalam pembuatan proposal kegiatan ini adalah untukmeningkatkan jiwa technopreneurship para Mahasiswa khususnya mahasiswa jurusanteknik kimia, hal ini sesuai dengan tujuan dari mata kuliah technopreneurship yaitu untukmemupuk jiwa technopreneur.
Manfaat
Manfaat dari pembuatan proposal ini adalah, mahasiswa yang terlibat dalampembuatan sabun, dapat mengetahui cara-cara pembuatan sabun secara umum, dapatmenjadi peluang usaha jika dimanfaatkan secara optimal.
Tinjauan Literatur
A.
 
Tinjauan umum mengenai sabun.Sabun adalah surfaktan yang digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan.Sabun biasanya berbentuk padatan tercetak yang disebut batang karena sejarah dan bentukumumnya. Penggunaan sabun cair juga telah telah meluas, terutama pada sarana-saranapublik. Jika diterapkan pada suatu permukaan, air bersabun secara efektif mengikat partikeldalam suspensi mudah dibawa oleh air bersih. Di negara berkembang, deterjen sintetiktelah menggantikan sabun sebagai alat bantu mencuci atau membersihkan.Banyak sabun merupakan campuran garam natrium atau kalium dari asam lemak yangdapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan dengan alkali (seperti natriumatau kalium hidroksida) pada suhu 80
 –
100 °C melalui suatu proses yang dikenal dengansaponifikasi. Lemak akan terhidrolisis oleh basa, menghasilkan gliserol dan sabun mentah.Secara tradisional, alkali yang digunakan adalah kalium yang dihasilkan dari pembakarantumbuhan, atau dari arang kayu. Sabun dapat dibuat pula dari minyak tumbuhan, sepertiminyak zaitun. (Wikipedia, 2012)Beberapa sabun kesehatan yang biasanya dipakai masyarakat, pada kenyataannyasemua sabun-sabun kesehatan ini mengklaim mampu membunuh seluruh kuman, tapikemampuan sabun ini ditentukan oleh zat yang dikandungnya. Agar dapat menentukan jenissabun yang sebaiknya dipilih maka sebaiknya kita mengetahui kandungan sabun-sabun inidan kegunaannya. (Zaidan, 2008)
 
B.
 
Tinjauan mengenai lidah buayaLidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yangsudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut,penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudahdi kawasan kering di Afrika.Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanamanlidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagaibahan makanan dan minuman kesehatan.Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di duniayang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan bakuindustri.Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim,asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagikesehatan.Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagaianti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di sampingmenurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah,menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakansebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
 
Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineralyang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapatmenghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dantanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Bahiyah Shahab liked this
Xzan Ardiyan liked this
delacour liked this
bagussssss...........
Franc Lee liked this
Ndar Al Zahi liked this
Irma Irawati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->