Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
9Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
India Menjadi Negara Maju

India Menjadi Negara Maju

Ratings: (0)|Views: 1,318|Likes:
Published by Dedi Mukhlas

More info:

Published by: Dedi Mukhlas on Apr 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/14/2012

pdf

text

original

 
India Akan Menjadi Negara Maju
Senin, 12 April 2010 09:53 wib
JAKARTA
- Bersama China, India diperediksi menjadi salah satu satu raksasa ekonomi di masa depan.Dengan jumlah penduduk hampir 1,2 miliar dan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat, Indiamemenuhi banyak syarat untuk meninggalkan kelasnya sebagai negara berkembang dan menjadi negaramaju.Keyakinan besar untuk menjadi negara maju inilah yang tercermin saat Duta Besar India untuk IndonesiaBiren Nanda menerima Seputar Indonesia di kantornya yang dipenuhi aksesori budaya India.
Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini India sedang tumbuh menjadi salah satu raksasaekonomi dunia. Bagaimana pendapat Anda?
Dari tahun ke tahun, pertumbuhan ekonomi kita memang berkembang dengan cepat. Ini tidak lepas darireformasi ekonomi yang dilakukan India pada 1990an. Pertumbuhan ekonomi yang saat ini kita capaimembutuhkan waktu yang cukup lama.Dengan adanya perubahan tersebut, maka India menanganan masalah sosial, kemiskinan, industri,infrastruktur, dan semua masalah terkait perkembangan pembangunan ekonomi. Kita menghadapi permasalahan tersebut.Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat, kita juga terlebih dahulu menyelesaikan permasalahan-permasalahan selama beberapa dekade.
Kenapa pertumbuhan ekonomi India lebih cepat dibandingkan dengan Negara lain?
Saya kira itu disebabkan kebijakan ekonomi liberalisasi yang memberikan porsi lebih besar kepada sektor swasta, dan pemerintah menghentikan keterlibatan dalam aktivitas sosial, dan pemerintah jugamenciptakan pasar.Sebagai contoh, jika Anda melihat banyak industri pada masa periode sosialis sebelum 1991, perusahaantelekomunikasi dikuasai pemerintah. Kini, pemerintah juga tetap bermain di pasar telekomunikasi, tetapimayoritas perusahaan telekomunikasi milik swasta.Dan kepadatan pendapatan penduduk India sangat rendah pada 1991, dan kini akses telekomunikasi telahdigunakan 500 juta orang. Itu disebabkan karena aspek kompetitif dalam bisnis. Selain telekomunikasi,India juga memiliki sektor yang berkembang cukup pesat, yakni teknologi informasi, industri medis, danindustri otomotif.Dengan demikian, India telah menjadi tempat pertumbuhan industri global. Selain itu, keberhasilanekonomi kita disebabkan karena kita mampu memobilisasi ekonomi di wilayah pinggiran. Sewingeconomy kita adalah 50% dari GDP.Sewing juga mampu menyerap investasi dan daya serap industri. Tapi, melihat kebutuhan dari penduduk kita, kita harus melakukan yang terbaik dalam jangka panjang. Pasalnya, kita tidak memiliki sumber daya
 
alam, kita mengimpor batu bara, minyak.Karena kita tidak memiliki sumber daya alam, mau tak mau kita harus meningkatkan produktivitas kita.
Apakah Anda memiliki prediksi kapan India akan menjadi negara maju?
Ya, saya kira kita tidak dapat membuat sebuah prediksi. Tetapi, kita sudah melakukan usaha untuk menjadi negara pertengahan atau negara maju. Itu seperti lari maraton, bukan lari 100 meter.Jadi, menjadi negara maju bukan suatu hal yang dapat kita capai dalam satu tahun. Dan Anda tidak menjadikan sebuah masyarakat maju hanya berdasarkan pendapatkan per kapita. Tetapi Anda harusmemiliki strategi yang iklusif untuk berkembang.Jika Anda berkembang dengan cepat dan memiliki pendapatan perkapita yang tinggi tetapi pendapatanmasyarakat rendah dan masih banyak masyarakat masih rendah, serta masih banyak rakyat hidupdibawah garis kemiskinan, itu menjadi tanda tanya.Karena itu, diperlukan suatu kebijakan untuk agar semua orang ikut berkembang dan menikmati pertumbuhan ekonomi yang cepat.Anda juga harus mengajak orang miskin untuk ikut maju. Di sisi lain, kebijakan ekonomi India yangmemberikan kebebasan ekonomi bagi berkembangnya sektor swasta, kebebasan berinvestasi,menciptakan iklim ekonomi yang sehat, mendukung kompetisi yang adil. Kemudian, kita mendukungkonsumer yang produktif.
Bagaimana parlemen India mendukung kebijakan pemerintah?
Perlu diketahui, satu pertiga parlemen India adalah perempuan. Parlemen juga sangat mendorong pemerintah untuk memperhatikan rakyat kecil. Kita memiliki program sosial. Parlemen juga mendukungkebijakan perberlakukan upah minimum bagi para pekerja.Sekitar 40 juta orang mendapatkan jaminan sosial. Misalnya orang di desa, jika setelah musim panenselesai, mereka dapat ikut program sosial. Menariknya, dalam demokrasi, orang kaya memiliki satusuara.Orang miskin juga sama, mereka memiliki satu suara. Jadi, pertumbuhan ekonomi yang meningkatadalah bagaimana kita juga mengajak dan melayani orang miskin dan memberikan pendidikan gratiskepada rakyat, bagaimana kita memberikan akses kesehatan. Kita juga mengadakan program asuransiorang tua untuk memberikan jaminan kesehatan.
Terus, apa yang bisa Indonesia pelajari dari kesuksesan India?
 Saya kira baik Indonesia maupun India dapat belajar satu sama lain. Di satu bidang, Indnesia dapatmelaksanakan program dengan baik. Di sisi lain, India juga sukses di bidang yang lain. Saya kira kita bisa belajar dari pengalaman masing-masing negara.Kita juga mengirimkan tim ke Bappenas untuk membahas apa saja pengalaman masing-masing pihak dankebijakan ekonomi. Banyak hal, kita memiliki kesamaan, baik India dan Indonesia merupakan negara besar, memiliki penduduk yang besar, mempunyai perbedaan baik suku, dan agama.
 
Selain ekonomi, tantangan ekonomi kedua negara juga sama, terutama infrastruktur. Dengan demikian,kita bisa belajar satu sama lain.
Bagaimana prospek kerjasama antara Indonesia dan India?
Hubungan bilateral kedua negara tidak bisa dilepaskan dari konteks budaya. Jika Anda melihat bahasa,kedua bahasa kita memiliki banyak kesamaan, kita juga memiliki kesamaan adat dan budaya, dan itulahmerupakan produk dari kontak hubungan kedua bangsa.Mungkin, Anda mengetahui kain iket dan di India kita juga memilikinya. Jelas, dari hal kecil saja kitamemiliki kesamaan. Dalam perjuangan kita menuju kemerdekaan, Presiden Soekarno, Wakil PresidenHatta memberikan dukungan kepada India.Sejak saat itu, kita memiliki kedekatan kedua negara semakin nyata. Kemudian, hubungan kedua negarasemakin akrab ketika pemimpin India datang ke Bandung untuk menghadiri Konferensi Asia Afrika.Hubungan sejarah kedua negara memiliki hubungan panjang.Dalam konteks pemimpin negara, kita juga sangat dekat. Kita juga telah menandatangi dokumen strategikerjasama pada 2005 dan membuat rencana aksi implementasi. Kita juga memiliki komisi kerjasamadalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan komisi pertanian.Kita juga bekerjasama dalam peluncuran satelit, selanjutnya akan kita tingkatkan. LAPAN dan badan kita juga bekerjasama akan mengembangkan tempat peluncuran satelit di Biak. Kita juga berkerjasama dalam penukaran data tsunami. Kita berkerjasama perubahan iklim, penanggulangan bencana.Kerjasama ekonomi kita dengan Indonesia terus meningkat. Indonesia merupakan mitra kedua terbesar  bagi India di Asia Tenggara. Investasi India dalam bidang tekstil, otomotif, juga semakin berkembang diIndonesia.Kita juga memiliki dua bank India di Indonesia. Kita juga berinvestasi di penambangan tambang batubara, minyak, dan gas. Kerjasama di sektor investasi di bidang enegeri juga cukup berkembang.Selain itu, kita merencanakan investasi USD4 milliar, ini investasi terbesar India di Indonesia, dalam bidang pembangkit listrik.
Bagaimana dengan kerjasama dalam bidang pendidikan?
Setiap tahun kita memberikan 20 beasiswa baik untuk sarjana maupun pascasarjana bagi mahasiswaIndonesia untuk belajar di India. Kita memberikan beasiswa 150 bagi pegawai negeri Indonesia untuk  belajar ke India. Kita juga mendatangkan para profesor sejarah, politik, dari India.
India merupakan negara nuklir, apakah itu memiliki pengaruh dalam perkembangan ekonomisejauh ini?
Kita memiliki program nuklir sejak 1950. Kita juga memiliki kemampuan dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir dengan daya kekuatan 4.000 megawatt di seluruh India. Kita juga akanmeningkatkan pembangkit listrik negara nuklir pada 2020. Tentunya hal itu untuk untuk mengurangidampak pemanasan global.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->