Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Hasil Belajar

Pengertian Hasil Belajar

Ratings: (0)|Views: 191|Likes:
Published by muslimin_marisa

More info:

Published by: muslimin_marisa on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/22/2012

pdf

text

original

 
Pengertian Hasil BelajarHasil Belajar Siswa -
Belajar dan mengajar merupakan konsep yang tidak bisa dipisahkan.Beajar merujuk pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subyek dalam belajar.Sedangkan mengajar merujuk pada apa yang seharusnya dilakukan seseorang guru sebagaipengajar.Dua konsep belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dan guru terpadu dalam satu kegiatan.Diantara keduannya itu terjadi interaksi dengan guru. Kemampuan yang dimiliki siswa dariproses belajar mengajar saja harus bisa mendapatkan hasil bisa juga melalui kreatifitas seseorangitu tanpa adanya intervensi orang lain sebagai pengajar.Oleh karena itu
 yang dimaksud disini adalah kemampuan-kemampuan yangdimiliki seorang siswa setelah ia menerima perlakukan dari pengajar (guru), seperti yangdikemukakan oleh Sudjana.
 Hasil belajar
adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerimapengalaman belajarnya (Sudjana, 2004 : 22). Sedangkan menurut Horwart Kingsley dalambukunya Sudjana membagi tiga macam hasil belajar mengajar : (1). Keterampilan dan kebiasaan,(2). Pengetahuan dan pengarahan, (3). Sikap dan cita-cita (Sudjana, 2004 : 22).Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan keterampilan,sikap dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima perlakuan yang diberikan olehguru sehingga dapat mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari.
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
 Hasil belajar
yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor dari dalam diri siswadan faktor dari luar diri siswa (Sudjana, 1989 : 39). Dari pendapat ini faktor yang dimaksudadalah faktor dalam diri siswa perubahan kemampuan yang dimilikinya seperti yangdikemukakan oleh Clark (1981 : 21) menyatakan bahwa hasil belajar siswa disekolah 70 %dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30 % dipengaruhi oleh lingkungan. Demikian jugafaktor dari luar diri siswa yakni lingkungan yang paling dominan berupa kualitas pembelajaran(Sudjana, 2002 : 39)."Belajar adalah suatu perubahan perilaku, akibat interaksi dengan lingkungannya" (AliMuhammad, 204 : 14). Perubahan perilaku dalam proses belajar terjadi akibat dari interaksidengan lingkungan. Interaksi biasanya berlangsung secara sengaja. Dengan demikian belajardikatakan berhasil apabila terjadi perubahan dalam diri individu. Sebaliknya apabila terjadiperubahan dalam diri individu maka belajar tidak dikatakan berhasil.
 Hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh kamampuan siswa dan kualitas pengajaran. Kualitaspengajaran yang dimaksud adalah profesional yang dimiliki oleh guru. Artinya kemampuandasar guru baik di bidang kognitif (intelektual), bidang sikap (afektif) dan bidang perilaku(psikomotorik).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->