Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kondisi Perekonomian Indonesia Era Reformasi

Makalah Kondisi Perekonomian Indonesia Era Reformasi

Ratings: (0)|Views: 2,771 |Likes:

More info:

Categories:Types, Recipes/Menus
Published by: Dini Rayhana Prasetyaningtyas on Apr 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1.1
 
LATAR BELAKANG
Pada tahun 1998 dunia diguncang krisis hebat yang menyebabkan kesulitan likuiditaskeuangan, krisis ini juga menimpa negara-negara Asia termasuk Indonesia. Krisis yangawalnya hanya krisis keuangan itu di Indonesia berubah menjadi krisis multidimensi yangmenyebabkan instabilitas dalam banyak sektor seperti di bidang politik, ekonomi dan sosialbudaya dan terutama dalam hal pertahanan dan keamanan negara.Mahasiswa pada saat itu merasa jika ada hal yang harus diganti untuk memperbaikikeadaan Indonesia pada saat itu dan satu-satunya cara ialah dengan melakukan reformasi danmemaksa mundur pimpinan pada saat itu yakni presiden Soeharto, mereka melakukandemonstrasi dan akhirnya berhasil menurunkan presiden Soeharto dari jabatannya dankekosongan kepemimpinan pada saat itu diserahkan kepada Prof. B.J Habibie.Kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Habibie untuk menangani krisis yang hampirmembuat sektor keuangan Indonesia lumpuh dan mengatasi tingat harga yang cukup tinggihingga jatuhnya nilai mata uang Rupiah atas Dollar membuat pemerintah ekstra ketatmembuat kebijakan keuangan.Atas dasar inilah kami ingin mengembangkan dan mengulas kembali tentang apa sajayang dilakukan pemerintahan pada saat itu dalam perbaikan Indonesia, terutama dalam sektorekonominya.
1.2
 
RUMUSAN MASALAH
1.
 
Bagaimanakah awal berdirinyapemerintahan Reformasi?2.
 
Apakah pengaruh dari lengsernya pemerintahan orde baru terhadap perekonomianIndonesia pada saat itu?3.
 
Apakah usaha dan kebijakan pemerintah pada era reformasi terhadap perekonomianIndonesia yang saat itu tengah dilanda krisis multidimensi dan bagaimana implikasinyaterhadap perekonomian Indonesia hingga saat ini?
 
1.3
 
TUJUAN PENULISAN
 Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah kami yaituPerekonomian Indonesia, selain itu dengan pembuatan makalah ini kami inginmenyampaikan kepada para pembaca tentang apa saja yang terjadi pada awal reformasi yangmasih dilanda krisis dengan transisi kekuasaan yang terjadi pada saat itu.Semoga denganpenulisan makalah ini juga dapat memberikan pengetahuan baru dan pencerahan bagi semuayang membacanya dan khususnya bagi kami para penulis makalah ini.
 
 
BAB IIPEMBAHASANKONDISI SEBELUM REFORMASI
Terjadinya Krisis Ekonomi Thailand pada 1997 akibat mata uang Thailand, Baht, terpukuloleh serangan spekulasi besar menyebabkan nilai baht terhadap dolar anjlok, maka nilai dolarpun menguat. Penguatan nilai tukar dolar berimbas ke rupiah.Nilai rupiah anjlok terhadapdolar.Kala itu banyak perusahaan di Indonesia meminjam uang dalam bentuk dolar AS danketika krisis melanda Thailand, mereka berebut membeli dolar untuk membayar bunga pinjamanmereka yang telah jatuh tempo, dan harus dibayar dengan dolar. Nilai rupiah pun semakin jatuhlebih dalam lagi. IMF datang dengan paket bantuan 23 milyar dolar, yang dalam penggunaannyabanyak terjadi penyelewengan, malah semakin menambah beban utang yangharus ditanggungoleh rakyat Indonesia.Inflasi dalam negeri Indonesia meningkat tajam.Harga sembako, maupunbarang-barang lain melonjak berlipat kali.Sikap yang otoriter, tertutup, tidak demokratis, serta merebaknya KKN menimbulkanketidakpercayaan masyarakat.Sejak 1996, ketidakpuasan masyarakat terhadap orba mulaiterbuka.Masalah dwifungsi ABRI, KKN, praktik monopoli serta 5 paket UU politik juga menjadisorotan tajam para mahasiswa pada saat itu.Apalagi setelah Soeharto terpilih lagi sebagaiPresiden RI 1998-2003, suara menentangnya makin meluas dimana-mana.Puncak perjuanganpara mahasiswa terjadi ketika berhasil menduduki gedung MPR/DPR pada bulan Mei1998.Karena tekanan yang luar biasa dari para mahasiswa, tanggal 21 Mei 1998 Presidenmenyatakan berhenti dan diganti oleh wakilnya BJ Habibie.Krisis yang melanda Indonesia inimemuncak ketika pada Mei 1998, Presiden Suharto dipaksa mundur, setelah sebelumnya terjadiberbagai kerusuhan.
SELAYANG PANDANG PEREKONOMIAN ERA REFORMASI
1.
 
Masalah Multi krisis peninggalan Orde baru yang saling berkaitan menyebabkan pemecahankrisis yang kompleks dan dilematis (banyak kebijakan yang berhasil namun jugamemunculkan masalah baru).

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AnggieAprilia liked this
Jeanita Hamid liked this
Wiwit Nova liked this
Mardhiyah Afifah liked this
Maield Syawal liked this
Anggie Prasasti liked this
Terry Mutia liked this
Ayan_Yayan_5387 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->