Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENYALAHGUNAAN NARKOBA

PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Ratings: (0)|Views: 153 |Likes:
Published by Andry Heriyadi

More info:

Published by: Andry Heriyadi on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2012

pdf

text

original

 
 
PENYALAHGUNAAN NARKOBA
A. PENGERTIAN NARKOBA
Istilah narkoba sering disalahartikan sebagai narkotika, obat, dan bahan berbahaya. Pengertianyang benar mengenai narkoba adalah narkotuka, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya.Banyak jenis narkotika dan psikotropika memberi manfaat yang besar bila digunakan denganbaik dan benar dalam bidang kedokteran. Narkotika dan psikotropika dapat menyembuhkanbanyak penyakit dan mengakhiri. Dalam dunia medis narkotika dan psikotropika banyakdigunakan dalam tindakan operasi yang didahului dengan pembiusan. Padahal, obat biustergolong narkotika. Selain itu, obat-obat jenis narkotika dan psikotropika digunakan untukmengobati pasien yang mengalami stress dan gangguan jiwa(depresi).Semua jenis zat yan termasuk narkoba akan meningkatkan kerja otak (stimulan),menghambatkerja otak (depresan),dan menimbulkan daya khayal yang tinggi. Para pelaku penyalagunaannarkoba bukan mencari obatnya, melainkan kenikmatan semuanya.Setelah mereka semuamasuk pada tingkat ketergantungan,maka masa itu sangat membahayakan diri dankeluarganya.Narkoba atau Napza adalah obat/bahan/zat, yang jika diminum, diisap, dihirup, ditelan, ataudisuntikkan, berpengaruh terutama pada kerja otak (susunan saraf pusat), dan menyebabkanketergantugan, Akibatnya, kerja otak dan fungsi vital organ tubuh lainnya (jantung, peredarandarah, pernapasan, dan lain-lain) akan mengalami perubahan (meningkat atau menurun).
 
 
Narkoba (narkotika,obat,dan bahan berbahaya) adalah istilah penegak hokum dan masyarakat.Narkoba akan berbahaya bila penggunaannya tidak sesuai aturan medis. Penggunaan,pembuatan, dan peredarannya diatur dalam undang-undang. Barang siapa menggunakan danmengedarkannya diluar ketentuan hokum dikenai sanksi pidana penjara dan hukuman denda.Adapun napza(narkotika,psikotropika,dan zat adiktif lain) adalah istilah kedokteran, yangdifokuskan pada pengaruh ketergantugannya. Oleh karena itu, obat, bahan atau zat yang tidakdiatur dalam undang-undang, tetapi menimbulkan ketergantugan dan sering disalahgunakan juga termasuk napsa.Sebagian jenis narkoba yang dapat digunakan dalam pengobatan pada saat ini, penggunaannyasangat terbatas. Penggunannya harus hati-hati dan mengikuti aturan pakai yang disyaratkansecara medis. Contoh: morfin (opium mentah) dan petidin(opioida sintetik) berguna untukmenghilangkan rasa sakit pada kanker, amfetamin untuk mengurangi nafsu makan, sertaberbagai jenis pil tidur dan obat penenang. Adapun kodein yang merupakan bahan alami padacandu, secara luas digunakan pada pengobatan sebagai obat batuk.Obat adalah bahan atau zat, baik sintetis, semi sintetis atau alami, yang berkhasiat untukmenyembuhkan. Akan tetapi, penggunannya harus mengikuti aturan pakai. Jika tidak, dapatberbahaya dan berubah menjadi racun yang mematikan.
B. PENYALAHGUNAAN NARKOBA
Alasan seseorang menyalahgunakan narkoba di antaranya untuk mengatasi stress, bersenang-senang, atau sosialisasi. Biasanya seseorang mulai mencoba narkoba (experimental use) karena
 
 
ditawarkan oleh teman dan untuk memenuhi keingintahuannya. Sebagian orang akanmengunakannya lagi dengan tujuan bersenang-senang (recreational use) atau untukbersosialisasi (social use).Bahaya penyalahgunaan narkoba sangat besar, bukan hanya merusak tubuh, tetapi jugamasa depan. Penyalahgunaan narkoba mengakibatkan rusaknya organ tubuh, seperti hati, jantung, syaraf, mata, kulit, dan lain-lain. Selain itu, juga akan menimbulkan penyakit berbahayayang sulit disembuhkan, seperti kanker, paru, HIV/AIDS, hepatitis, bahkan penyakit jiwa.Penyalahgunaan narkoba semakin mengalami peningkatan. Banyak orang yang telahmenadi korban dari penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan narkoba hamper terjadi disemua kalangan termasuk anak-anak dan remaja. Anak-anak dan remaja merupakan sasaranempuk bagi para pengedar narkoba dengan memanfaatkan rasa ingin tau mereka. Masa remajamerupakan masa yang sangat rentan pada penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, perludiimbangi dengan imformasi dan bimbingan, sehingga remaja mempunyai tempat konsultasiyang tepat.Faktor-faktor yang mendorong seorang terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba adalahsebagai berikut1) Pengedalian diri yang lemah dan cenderung mencari sensasi.2) Kondisi kehidupan keluarga.3) Temperamen sulit.4) Mengalami gangguan perilaku.5) Suka menyendiri dan berontak.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->