Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LETAK GEOGRAFIS

LETAK GEOGRAFIS

Ratings: (0)|Views: 98 |Likes:
Published by Asudin Udin

More info:

Published by: Asudin Udin on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2012

pdf

text

original

 
LETAK GEOGRAFISKampung Lengkong Ulama berada dalam wilayah Desa Lengkong KulonKecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang Provinsi banten. Batas WilayahLengkong Ulama adalah sebelah timur dengan kali cisadane, sebelah barat dengankampung cipicung, sebelah selatan dengan Desa Sampora dan sebelah utara dengansungai cisadane.Mata Pencaharian penduduk kampung ini adalah mayoritas pendidik (guru) baik formal maupun informal. Sebahagian lagi ada yang petani, pedagang, nelayan,wiraswasta, buruh dan karyawan. Penduduk kampung ini 100 % beragama islam dantaat menjalankan syariat agamanya. Nama lengkongTak jelas sejarah mencatat siapa orang yang menamakan kampung LengkongUlama, tapi menurut penulis nama kampung ini di beri nama oleh orang yang pertamakali mendiami kampung ini yang tak lain dia adalah Raden Aria Wangsakara. Nama Lengkong Ulama diambil dari kata Lengkong yang berarti lingkung, ataulingkungan (bahasa sunda) yang berarti lingkungan atau daerah dan kata ulama yang berarti ulama, kiayi atau tokoh dalam agam Islam. Nama Lengkong Ulama sendiriawalnya hanya dikatan Lengkong, kata ini lebih awal ada yang diambil dari katalingkung tersebut. Hal ini bisa jadi kiarenakan bahwa kampung lengkong diapit olehdua sungai yaitu sungai Cisadane dan sungai Cihoe, diakrenakan dikelilingi oleh sungai(dilingkung ku cai) maka diberi nama Lengkong.. Nama inipun bisa jadi dimabil darinama tempat Raden Aria Wangsakara lahir dan dibesarkan yaitu di LengkongSumedang. Untuk mengingat kampung halamannya, maka Raden aria Wangsakaramemberi nama sama yaitu lengkong.
 
LENGKONG JAMAN PRA SEJARAH TANGERANGLetak geografis Lengkong Kyai yang berada di pinggiran Sungai Cisadanemeyakinkan penulis bahwa daerah ini pernah dihuni ataupun dilintasi manusia purba.Letaknya yang berdekatan dengan Ciputat dan Serpong menambah keyakinan lagi halini dikarenakan dalam ekskavasi di jakarta 1970-an, ditemukan titik-titik penemuankapak batu yang terletak di Cengkareng, Cilincing, Sunter, Tanah Abang, Kebon sirih,Rawa Belong, Sukabumi, Kebon Nanas, Cawang, Jatinegara, Cililitan dan daerahTangerang seperti Ciputat (Tangerang), Pondok Jengkol (Tangeran), Pondok Cabe(Tangerang), Cipayung dan Serpong.Penemuan kapak batu itu mengindikasikan adanya kehidupan pra sejarah sejak 3000-4000 tahun yang lalu di Tangerang. Persyaratan lainpun dipenuhi sepertiditemukannya sebuah kapak perunggu didaerah aliran Sungai (DAS) Cisadane. Letak  persis penemuannya adalah bekas galian pasir yang berada di Lengkong Ulama.Menurut kisah orang tua bahawa galian pasir tersebut adahulunya adalah daerah ariransungai Cisadane yang seakarang membelok 10 hingga 15 meter dari galian tersebut.Kapak perunggu yang ditemukan di Lengkong Kyai adalah termasuk Tipe Idalam menurut Soejono. Tipe ini merupakan tipe umum atau dasar; dengan penampangyang lonjong, garis puncak (pangkal) tangkainya cekung atau kadang-kadang lurus dan bagian tajam cembung.Menurut sub-tipenya, kapak yang diemukan di Lengkong Kyai termasuk sub-tipe B: kedua sisi kapak melengkung ke dalam. Tangkai dan mata kapak sama panjang.Tipe ini terdiri dari beberapa ukuran, yang terbesar 12,6 x 9,2 x 2,4 cm dan yangterkecil 4,6 x 4,3 x 9 cm. kapak-kapak sub-tipe ini ditemukan di Jawa Barat, JawaTimur dan MaduraSetelah diteliti ternyata kapak tersebut adalah peninggalan jaman pra sejarahyaitu pada jaman perunngu yang diperkirakan berusia 1000-2000 tahun . Melihatkondisi kapan yang masih bagus, diperkirakan kapak ini digunakan hanya sebagaihiasan atau sebagai jimat yang dibawa ke dalam kubur. Dikarnakan DAS Cisadane juganerupakan jalur transportasi bagai manusia pra sejarah, bisa jadi ketika melintas kapak ini jatuh kesungai.Diperkirakan bahwa di daerah Lengkong Kyai masih tersimpan peninggalan prasejarah lainnya seperti manik-manik dan perhiasan-perhiasan yang mempunyai nilaisejarah yang cukup tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->