Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LIPOSOM

LIPOSOM

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 1,834|Likes:
Published by Hernita Rianti

More info:

Published by: Hernita Rianti on Apr 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2015

pdf

text

original

 
TugasBiologi Farmasi
LIPOSOM, NIOSOM, TRANSFERSOM, ETHOSOM, VIROSOM danPHARMACOSOM
Dosen :
JessieSofia Pamudji
Oleh:Visi Anisa Lestari (10708026)Ma'sum Al Asyhar (10708027)Shirly (10708028)Alyani Samhana P. (10708029)Hernita Rianti (10708030)Dwi Kirana Husin (10708031)Yuda Prasetya Nugraha (10708032)Agus Sarirahayu (10708033)Ayunina Rizky Ferdina (10708034)
Sains dan Teknologi FarmasiSekolah FarmasiINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG2011
 
LIPOSOM, NIOSOM, TRANSFERSOM, ETHOSOM, VIROSOM danPHARMACOSOM
Saat ini penelitian mengenai obat-obatan terus dilakukan sehingga diperoleh obatdengan efikasi yang maksimal. Beberapa obat memiliki indeks terapi yang sempit danpenggunaannya dibatasi karena memiliki efek samping. Oleh karena itu, formulasi obatterus dikembangkan untuk mendapatkan efektivitas terapi yang diharapkan. Beberapateknik sedang dikembangkan agar obat dapat mencapai target di tempat yang spesifik tanpamempengaruhi jaringan lain sehingga dapat mencegah efek toksik (Biju et al, 2006).Banyak senyawa aktif memiliki bioavaibilitas dan kelarutan dalam air yang rendahsehingga diperlukan suatu sistem pembawa yang cocok untuk obat hidrofobik. Obat-obatyang kelarutannya kecil dalam air merupakan suatu permasalahan dalam industri farmasikarena pada umumnya obat diabsorbsi dari saluran cerna dengan mekanisme difusi pasif sehingga kecepatan absorbsi obatakan menentukan bioavaibilitas. Salah satu pendekatanuntuk masalah ini adalah menggunakan vesikel yang sudah populer seperti liposom sebagaipenghantar obat. Dan pendekatan lain yaitu dengan menggunakan metode niosom,transfersom, ethosom, virosom dan farmakosom.
 LIPOSOM
I.
 
PengertianEtiologi nama liposom berasal dari bahasa
Yunani yaitu “LIPO” yang berartilipid/lemak dan “SOMA” yang berarti
tubuh. Dengan demikian, posisi lipid beradapada bagian badan dari liposom. Liposommerupakan partikel berbentuk vesikel sferisyang dindingnya tersusun atas molekul lipid(konstituen utamanya fosfolipid) lapis gandayang membungkus kompartemen cairan didalamnya.Fosfolipid merupakan senyawa yang ampifilik dan mempunyai struktur dasar gliserol,terdiri dari bagian kepala yang polar (gugus fosfat) dan bagian hidrofobik (satu ataudua molekul asam lemak). Senyawa ini bermuatan netral sampai sedikit negatif.Fosfatidil kolin adalah salah satu fosfolipid yang paling banyak digunakan dalam
 
sistem liposom. Karena terbuat dari bahan alami membran yang terbentuk menyerupailipid membran sel dan bersifat biokompatibel (biodegradasi, nontoksik, dan tidak memicu respon imun).Liposom memiliki struktur lipid lapis ganda,sedangkan lipid lapis tunggal disebut misel.Lipid lapis ganda terbentuk karena sifattermodinamika fosfolipid, terjadi karenatransisi struktur lipid lapis ganda dari fasapadat menjadi fasa Kristal cair karenapengaruh perubahan temperatur. Lipid lapis ganda terbentuk dengan stabil karenamempunyai tingkat energi yang minimal. Hal tersebut disebabkan bagian hidrofilfosfolipid menjauhi bagian lipofilik dan juga adanya interaksi van der Waals yangkuat antar rantai asil.Komponen yang paling sering digunakan dalam pembuatan liposom yaitu :
 
Lipid bermuatan negatif, fosfolipid asam : dipalmitoil-fosfatifilgliserol(DPPG) dan dipalmitoil-fosfatidilkolin (DPPC),
 
Lipid bermuatan netral : sfingomielin dan fosfatidiletanolamin
 
Umum (paling sering) : fosfatidilkolin
 
Tambahan lain : kolesterol untuk meningkatkan stabilitas, menurunkanporositas atau kebocoran melalui membran, dan mencegah agregasi dan fusiliposom.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->