Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
251Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bab 4 Komponen-Komponen Pc

Bab 4 Komponen-Komponen Pc

Ratings:

4.67

(6)
|Views: 71,023|Likes:
Published by amunawar

More info:

Published by: amunawar on Dec 17, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/27/2013

pdf

text

original

 
Pengenalan Komponen-komponen Perangkat Keras PC  Diktat Dasar Komputer dan Pemrograman T.Elektro FTI UAD
29
BAB IVPENGENALAN KOMPONEN-KOMPONEN PERANGKAT KERASKOMPUTER PRIBADI (
 PC 
,
 PERSONAL COMPUTER
)4.1.
 
Elemen-elemen Sistem Komputer
Komputer dibentuk dari bagian-bagian yang terstandardisasi, termasuk komponen tambahan dan expansion card untuk melakukan suatu fungsi tertentupada komputer.
Gambar 4.1. : Bagian dalam Komputer
 Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus adaelemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen tersebut
hardware
(perangkat keras),
software
(perangkat lunak) dan
brainware
(manusia).Perangkat keras atau disebut juga piranti keras adalah peralatan di sistemkomputer yang secara phisik terlihat dan dapat dijamah. Perangkat lunak (pirantilunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahandata.
 Brainware
adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan sertamengatur sistem komputer.
 
Pengenalan Komponen-komponen Perangkat Keras PC 
 
 Diktat Dasar Komputer dan Pemrograman T.Elektro FTI UAD
 30Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan danmembentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Perangkatlunak yang akan mengoperasikan perangkat keras-nya. Perangkat keras yangsudah didukung oleh perangkat lunak juga tidak akan berfungsi kalau tidak adamanusia yang mengoperasikannya.
4.2.
 
Pengenalan Komponen-komponen Perangkat Keras Komputer Pribadi
Komponen-komponen perangkat keras komputer meliputi: Motherboard(papan induk / papan utama), Mikroprosesor (atau disebut prosesor saja), RAM,Cassing, VGA Card, Disk Drive, Hard disk, CD ROM, monitor dan lain-lain.a.
 
Motherboard (papan induk / papan utama)Adalah papan utama yang menampung komponen-komponen utama sepertiMikroprosesor, RAM, ROM (dalam hal ini ROM BIOS atau sering disebutBIOS atau CMOS). PCB motherboard terbuat dari fiberglass dan track tembaga menghubungkan antar komponen. Kemampuan dan kecepatan kerjakomputer ditentukan juga oleh motherboard.b.
 
Mikroprosesor (atau disebut prosesor saja)Dalam hal ini Mikroprosesor akan berfungsi sebagai CPU (
Central ProcessingUnit 
), yaitu unit pengolah pusat yang merupakan otak dari suatu komputeryang mengatur kinerja komputer secara keseluruhan.CPU ini berupa sebuah chip IC yang sering disebut mikroprosesor ataudisebut prosesor saja. Mikroprosesor adalah suatu rangkaian digital yangdirancang sedemikian rupa dengan dimensi yang sangat kecil dan dibuatdalam satu chip (IC :
 Integrated Circuit 
).Contoh: Prosesor 8080, 80186, 80286, 80386, 80486, Intel P5 (seperti: Intel P60, Intel P 75, Intel P 100, Intel 133, Intel P 166, Intel P 200, Intel P 233),AMD K5, AMD K6, Cyrix MII 233, Celeron, Athlon, Pentium II, Pentium III,Pentium 4 dan lain-lain.
 
Pengenalan Komponen-komponen Perangkat Keras PC 
 
 Diktat Dasar Komputer dan Pemrograman T.Elektro FTI UAD
 31c.
 
RAM (
 Random Access Memory
= Memori Baca-Tulis)RAM atau sering disebut memori saja, adalah bagian penting dari komputerdimana program yang dijalankan di komputer semua diolah di dalam memoriini. RAM atau memori yang dapat diakses secara acak, merupakan memoriyang dapat dibaca dan ditulisi. Data dan Program yang tersimpan di RAMbersifat sementara selama komputer hidup, jika komputer dimatikan data danprogram yang ada akan hilang (dikosongkan lain).d.
 
VGA (
Video Graphic Adapter 
) CardFungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dri komputer menjaditampilan grafik di layar monitor.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis.Tempat melekatnya kartu grafis disebut
slot expansi
.Cara memperbaiki kerusakan VGA Card:-
 
Cek hubungan / konektor-
 
Coba pasang pada slot expansi yang lain-
 
Ganti baru VGA Carde.
 
Sound CardMerupakan peripheral untuk menghasilkan sound (suara).f.
 
LAN CardMerupakan peripheral untuk keperluan jaringan komputer (koneksi antarkomputer, misalnya untuk keperluan dalam aplikasi internet).g.
 
Disk DriveAdalah alat untuk menulis ke disket (alat untuk transfer / pemindahan datadari atau ke disket). Misalnya kita mempunyai data di hard disk komputer kitakemudian kita ingin mencetak (menge-print) data tersebut sementara kita tak punya printer, maka kita dapat memindahkan data tersebut ke disket dulukemudian dapat menge-print di rental, di rumah teman atau tempat laindengan membuka kembali data yang ada di disket kita tersebut.h.
 
Hard disk Fungsi hard disk pada dasarnya seperti disket, tetapi mempunyai kapasitaspenyimpanan yang lebih besar.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->