Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pemikiran Politik Indonesia(Peta Politik Islam)

Pemikiran Politik Indonesia(Peta Politik Islam)

Ratings: (0)|Views: 298 |Likes:
Published by ully chintya

More info:

Published by: ully chintya on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2013

pdf

text

original

 
[1]
TUGAS TERSTRUKTUR PEMIKIRAN POLITIK INDONESIAPETA PEMIKIRAN POLITIK ISLAM PASCA ORDE BARU
Penulis:
Nama : Ully ChintyaNim : 071113027
DEPARTEMEN ILMU POLITIKFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIKUNIVERSITAS AIRLANGGASURABAYA2012
 
[2]
Pada masa orde baru memang pemikiran politik islam sangat berkembang pesat tapihanya sebatas di luar lingkungan perpolitikan. Setelah bergesernya orde baru digantikan ordereformasi, para pemikir intelektual islam mulai memperlihatkan transformasi pemikiran danpraktek politik islamnya yang diimplementasikan melalui suatu wadah yakni partai-partaiislam yang jika dianalisis ada perbedaan yang signifikan dalam politik islam antara pra orbadan pasca orba.
 Perbedaan politik islam pasca orba adalah:
-
 
Mengutamakan substansi (menjadikan nilai-nilai islam sebagai sumber inspirasi dalamkonteks demokrasi) ketimbang simbolisme.-
 
Mengesankan inklusif (berkembang pesat dalam aktivitas politik kepartaian namun tetapberkesinambungan dengan pemikiran islam pra-orba sehingga masih sedikit berbaualiran) dari pada eksklusif.-
 
Kembalinya kepemimpinan cendekiawan yang secara intelektual sangat arkulatif.-
 
Mengedepankan wacana kebangsaan yang mempengaruhi kalangan islamkonservatif(santri) dan fundamentalis(abangan, kejawen) yang kemudian melahirkanpecahan atau pengelompokan atau fragmentasi politik islam karena:
o
 
Ideologi islam bersifat moderat/netral artinya berposisi mengintegrasikankepentingan agama dan negara kebangsaan, aliran yang majemuk dan kekuatan-kekuatan politik di Indonesia.
o
 
Islam mempunyai visi politik sehingga dapat menjadi ideologi yang representatif.Pasca orba bisa dibilang mengalami proses daur ulang yang diekspresikan melaluikebebasan mendirikan partai politik dalam jumlah besar(181 partai). Berbagai ideologi yangmuncul mendasari partai-partai politik yang ikut bertarung di ajang pemilu 1999. Ideologipartai yang paling kontroversial adalah ideologi Islam dan Pancasila. Sehingga terdapat duapengelompokan partai di Indonesia:
Profil partai-partai Islam yang berasas Pancasila:1.
 
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Pembentukan PKB merupakan strategi baru warga NU untuk berkecimpung dalam prosespembuatan kebijakan publik yang pro rakyat. Landasan PKB di sektor struktural inidirumuskan sebagai titik tolak politik dengan pendekatan
 fiqih siyasi
untuk menerapkan nilai-nilai serta etika sosial islam dalam bernegara sesuai pribadi partai. PKB tidak menjadikanislam sebagai asasnya meskipun keseluruhan anggotanya murni beragamaislam(konservatisme) melainkan lebih tertarik menggunakan pancasila sebagai asas partaidilandasi oleh cara pandang tokoh-tokoh PKB yang menyatakan islam tidak perlu disajikandalam bentuk formal kelembagaan tetapi islam itu harus tetap tercermin dalam perilaku baik itu indivu maupun anggota berdasar akidah islam dan
 Aswaja.
Jadi islam tidak hanya sekedarmerk partai namun yang terpenting kemampuan partai mewujudkan nilai-nilai islam di duniapolitik.
 
Nasionalisme-religius PKBPANPPPPBBPKPartai Tradisionalis PKBPartai ModernisPAN,PBB,PKPartai Islam Abu-Abu PPP
 
[3]
PKB berusaha mengintegrasikan spiritual keagamaan dan paham keindonesiaan yangmajemuk, mengedepankan nilai-nilai kebangsaan indonesia ketimbang mendirikan negaraislam atau menerapkan hukum islam secara formal yang notabene mengikat dan memaksa.PKB mempunyai basis sosial NU yang cukup besar karena didukung oleh salah satu kekuatanmasyarakatyang penting yaitu para kyiai dan tokoh-tokoh pesantren sehingga keberadaanmereka patut dihargai dengan menempatkannya di posisi strategis sesuai dengan strukturorganisasi PKB yang mengkolaborasi struktur parpol modern, rasional, idealisme yangterinsiparasi nilai keagamaan dan pragmatisme dalam makna positif.
2.
 
Partai Amanat Nasional (PAN)
Lahir dari amanat Muhammadiyah untuk melakukan ijtihad politik yang diperkiraan adapembentukan partai baru yang bersifat terbuka bagi yang ingin bergabung sebagai kreasiwarga Muhammadiyah berasaskan Pancasila, mandiri, plural dan majemuk serta menjunjungtinggi moral agama dan kemanusiaan. Pemakaian pancasila sebagai asas dasar partai sebab:
 
Alasan teologi, Al.Quran dan Hadits tidak mengharuskan memilih asas islam dalammembangun negara.
 
Alasan rasional, tidak pernah ada dalam pemilu kemenangan partai islam secaramayoritas.
 
Melindungi ketakutan umat islam ketika mendirikan partai agama.PAN mengidentifikasikan diri sebagai partai reformis yangt senantiasamemeperjuangkan terwujudnya agenda-agenda reformasi sekaligus instrumen melawan aruskekuatan politik status quo(elemen yang turut serta membangun negara orba yang menyebarke berbagai aspek kehidupan) sisa dari era orde baru. PAN memisahkan diri dari orba dankomponennya dituangkan dalam bentuk penolakan keluarga soeharto menjadi anggota partai.Sebagai partai islam, PAN lebih berpihak pada orang-orang islam ketika mengambilkeputusan menyangkut soal politik riil semisal pembagian jatah kursi dilembaga perwakilan.Dengan ini dapat disimpulkan PAN banyak memberikan kedudukan politik penting kepadaorang-orang dari faksi islam ideologis dibanding kelompok lain.
Profil partai-partai Islam yang berasas Islam:1.
 
Partai Bulan Bintang (PBB)
Kelahiran PBB didukung oleh 22 organisasi dakwah dan ormas yang tergabung dalamBKUI. Organisasi ini mengharapkan PBB menjadi partai terbuka dan wadah bersatunyasemua elemen umat islam Indonesia tanpa mempermasalahkan corak keislaman. Namunberpotensi melahirkan kemajemukan dengan kepentingan yang beragam disampingmenambah bobot demokrasi dalam partai. Partai ini menggunakan prinsip-prinsip islamsecara universal sebagai rujukan dalam memecahkan persoalan masyarakat dan bangsa.Sekaligus menempatkan islam sebagai asas dan akidah partai. PBB menegaskan Pancasilaselaras dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip islam universal dalam menentukan dasarbernegara.
2.
 
Partai Keadilan (PK)
PK menyatakan Islam sebagai asas berpartai dan berormas yang harus dipahami negarayang berlandaskan pancasila dan UUD 1945. Partai ini menggunakan Pancasila sila pertamauntuk meminta agama lain juga menggunakan agamanya sebagai basis partai demimemperjuangkan proses demokrasi yang berpatokan pada kemajemukan. Asas islam sendiri

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Tina Tulus liked this
Arean Andesgel liked this
Beny DaLupe liked this
adambitor1713 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->