Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Operasi

Sistem Operasi

Ratings: (0)|Views: 260 |Likes:
Published by Kadek Jelek
system operation
system operation

More info:

Published by: Kadek Jelek on Apr 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2012

pdf

text

original

 
Sistem OperasiSistem berlapis
Sistem operasi dibagi menjadi beberapa lapisan. Lapisan terbawah (layer 0) adalahhardware dan yang tertinggi (layer N) adalah user interface. Lapisan N memberi layanan untuk lapisan N+1 sedangkan proses-proses di lapisan N dapat meminta layanan lapisan N-1 untuk membangun layanan lapisan N+1. Lapisan N dapat meminta layanan lapisan N-1 namun lapisanN tidak dapat meminta layanan lapisan N+1. Masing-masing berjalan pada lapisannya sendiri.
Lapisan Sistem Operasi
 Menurut Tanenbaum dan Woodhull,sistem terlapis terdiri dari enam lapisan, yaitu:Lapisan 0. Mengatur alokasi prosesor,pertukaran antar proses ketika interupsi terjadiatau waktu habis dan lapisan ini mendukungdasar multi-programming pada CPU.Lapisan 1. Mengalokasikan ruang untuk proses di memori utama dan pada 512 kilo word drum yang digUnakan untuk menahanbagian proses ketika tidak ada ruang di memori utama.Lapisan 2. Menangani komunikasi antara masing-masing proses dan operator console.Lapisan ini masing-masing proses secara efektif memiliki operator console sendiri.Lapisan 3. Mengatur peranti I/O dan menampung informasi yang mengalir dari/ke prosestersebut.Lapisan 4. Tempat program pengguna. Pengguna tidak perlu memikirkan tentang proses,memori, console, atau manajemen I/O.Lapisan 5. Merupakan operator sistem.Contoh sistem operasi yang menggunakan pendekatan berlapis adalah THE yang dibuatoleh Djikstra dan mahasiswa-mahasiswanya, serta sistem operasi MULTICS.
 
Kelemahan struktur ini adalah fungsi-fungsi sistem operasi harus diberikan ke tiaplapisan secara hati-hati. Sedangkan keunggulannya adalah memeliki semua kelebihan rancanganmodular, yaitu sistem dibagi menjadi beberapa modul dan tiap modul dirancang secaraindependen. Tiap lapisan dapat dirancang, dikode dan diuji secara independen. Pendekatanberlapis menyederhanakan rancangan, spesifikasi dan implementasi sistem operasi.
Sistem Operasi mempunyai empat komponen utama, yaitu:
1) Managemen proses,Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi. Sebuah proses membutuhkan beberapasumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time,memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat Masukan/Keluaran. Sistem operasimengalokasikan sumber daya-sumber daya tersebut saat proses itu diciptakan atau sedangdiproses/dijalankan. Ketika proses tersebut berhenti dijalankan, sistem operasi akanmendapatkan kembali semua sumber daya yang bisa digunakan kembali. Sistem operasibertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen proses seperti:
• Membuat dan menghapus proses pengguna dan sistem proses.
 
• Menunda atau melan
 jutkan proses.
• Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
 
• Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
 
• Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
 2) Masukan/KeluaranSering disebut device manager. Menyediakan device driver yang umum sehingga operasiMasukan/Keluaran dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: penggunamenggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada perangkat keras, CDROM danfloppy disk. Komponen Sistem Operasi untuk sistem Masukan/Keluaran:
• Pen
yangga: menampung sementara data dari/ke perangkat Masukan/Keluaran.
 
• Spooling: melakukan penjadualan pemakaian Masukan/Keluaran sistem supaya lebih efisien
(antrian dsb.).
• Menyediakan driver: untuk dapat melakukan operasi rinci untuk perangkat keras
 Masukan/Keluaran tertentu.3) Managemen Memori, danMemori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word ataubyte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau bytemempunyai alamat tersendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpananinstruksi/data yang akses datanya digunakan oleh CPU dan perangkat Masukan/Keluaran.Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang yang bersifat volatile
 – 
tidak permanen-- yaitu data akan hilang kalau komputer dimatikan. Sistem operasi bertanggungjawab atasaktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan managemen memori seperti:
• Menjaga track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya.
 
• Memilih program yang akan di
-load ke memori.4) Sistem Berkas.Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan, sesuai dengan tujuan pembuat berkastersebut. Umumnya berkas merepresentasikan program dan data. Berkas dapat mempunyaistruktur yang bersifat hirarkis (direktori, volume, dll.). Sistem operasi mengimplementasikankonsep abstrak dari berkas dengan mengatur media penyimpanan massa, misalnya tapes dandisk. Sistem operasi bertanggung-jawab dalam aktivitas yang berhubungan denganmanagemen berkas:
• Pembuatan dan penghapusan berkas.
 
• Pem
buatan dan penghapusan direktori.
• Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->