Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Radang Dan Infeksi

Makalah Radang Dan Infeksi

Ratings: (0)|Views: 1,962 |Likes:
Published by Echyhelmi

More info:

Published by: Echyhelmi on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2014

pdf

text

original

 
MAKALAH PATOLOGI |Radang1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Setiap orang pasti pernah mengalami luka, baik luka ringan maupun lukaberat. Kita akan menemui banyak kasus luka, Sebelum kita melakukan perawatanluka pada pasien, sebaiknya kita mengetahui lebih dalam tentang peradangan danpenyembuhan luka.Peradangan dan penyembuhan luka merupakan dua hal yangsalingberhubungan satu sama lain namun berbeda dalam prinsip, mekanismekerja, dan fungsinya. Proses yang terlebih dahulu terjadi adalah peradangan,karena peradangan merupakan salah satu fase yang harus dilewati sebelumterjadinya penyembuhan luka.Radang (bahasa Inggris: inflammation) adalah rangkaian reaksi yang terjadipada tempat jaringan yang mengalami cedera, seperti karena terbakar, atauterinfeksi. Radang atau inflamasi adalah satu dari respon utama sistem kekebalanterhadap infeksi dan iritasi. Inflamasi distimulasi oleh faktor kimia (histamin,bradikinin, serotonin, leukotrien, dan prostaglandin) yang dilepaskan oleh selyang berperan sebagai mediator radang di dalam sistem kekebalan untuk melindungi jaringan sekitar dari penyebaran infeksi.Radang mempunyai tiga peran penting dalam perlawanan terhadap infeksi:1.
 
Memungkinkan penambahan molekul dan sel efektor ke lokasi infeksiuntuk meningkatkan performa makrofaga.2.
 
Menyediakan rintangan untuk mencegah penyebaran infeksi.3.
 
Mencetuskan proses perbaikan untuk jaringan yang rusak.Respon peradangan dapat dikenali dari rasa sakit, kulit lebam, demam dll,yang disebabkan karena terjadi perubahan pada pembuluh darah di area infeksi,pembesaran diameter pembuluh darah, disertai peningkatan aliran darah di daerahinfeksi. Hal ini dapat menyebabkan kulit tampak lebam kemerahan dan penurunantekanan darah terutama pada pembuluh kecil. Aktivasi molekul adhesi untuk merekatkan endotelia dengan pembuluh darah. Kombinasi dari turunnya tekanandarah dan aktivasi molekul adhesi, akan memungkinkan sel darah putihbermigrasi ke endotelium dan masuk ke dalam jaringan. Proses ini dikenalsebagai ekstravasasi.
 
MAKALAH PATOLOGI |Radang2
Bagian tubuh yang mengalami peradangan memiliki tanda-tanda sebagaiberikut:1.
 
tumor atau membengkak 2.
 
calor atau menghangat3.
 
dolor atau nyeri4.
 
rubor atau memerah5.
 
functio laesa atau daya pergerakan menurun6.
 
kemungkinan disfungsi organ atau jaringan.Dalam makalah ini penyusun akan mencoba untuk membahas masalahperadangan.1.
 
Apa itu Radang Appendiks?2.
 
Apakah tanda atau gejala Radang Apendiks?3.
 
Apa saja obat yang dapat menyembuhkan Radang Tenggorokan?4.
 
Bagaimana ciri-ciri penderita yang mengalami Radang Lambung(gastritis)?5.
 
Bagaimana pengobatan pada Radang Lambung (gastritis)?6.
 
Apakah penyebab radang paru-paru pada sapi?7.
 
Apakah penyebab radang prostat?
1.2
 
Tujuan
 Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:1.
 
Agar mahasiswa lebih mengetahui tentang berbagi macam radang yangdapat terjadi, pada tubuh manusia.2.
 
Untuk lebih memahami dan mengetahui bagaimana peradangan itu.3.
 
Untuk mengetahui cara pengobatan-pengobatan apa saja jika terjadiperadangan.4.
 
Menambah wawasan tentang peradangan dan ilmu dalam duniakesehatan .5.
 
Menyelesaikan tugas yang di berikan oleh dosen .
 
MAKALAH PATOLOGI |Radang3
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian Peradangan
 Peradangan adalah reaksi vaskular yang hasilnya merupakan pengirimancairan,zat-zat yang terlarutdan sel-sel dari sirkulasi darah ke jaringan-jaringaninterstitial pada daerah cedera atau nekrosis.Peradangan adalah gejala yang menguntungkan dan pertahanan, hasilnyaadalah netralisasi dan pembuangan agen penyerang, penghancuran jaringannekrosis, dan pembentukan keadaan yang dibutuhkan untuk perbaikan danpemulihan.Penyembuhan luka merupakan suatu proses penggantian jaringan yangmati/rusak dengan jaringan baru dan sehat oleh tubuh dengan jalan regenerasi.Luka dikatakan sembuh apabila permukaannya dapat bersatu kembali dandidapatkan kekuatan jaringan yang mencapai normal. Penyembuhan lukamerupakan suatu proses yang kompleks karena berbagai kegiatan bio-seluler,biokimia terjadi berkesinambungan. Penggabungan respon vaskuler, aktivitasseluler dan terbentuknya bahan kimia sebagai substansi mediator di daearah lukamerupakan komponen yang saling terkait pada proses penyembuhan luka. Besarperbedaan mengenai penelitian dasar mekanisme penyembuhan luka danaplikasiklinik dan saat ini telah dapat di perkecil dengan pemahaman danpenelitian yang berhubungan dengan proses penyembuhan luka dan pemakaianbahan pengobatan yang telah berhasil memberikan kesembuhan.
2.2 Fungsi Peradangan
 Adapun fungungsi peradangan antara lain sebaagai berikut:a. Netralisasi dan pembuangan agen penyerangb. Penghancuran jaringannekrosisc. Membantu mempersiapkan proses perbaikan dan pemulihan
2.3 Penyebab Peradangan
 Sebab-sebab dari peradangan adalah sebagai berikut:a.Infeksidarimikroorganismedalamjaringanb. Trauma fisik c. Cedera kimiawi, radiasi, mekanik atau termald. Reaksi imun (menimbulkan respon hipersensitiff dalam jaringan)

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
Nismaa Nismawati added this note
LIKE :)
Nismaa Nismawati liked this
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->