Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PSIKOLOGI

MAKALAH PSIKOLOGI

Ratings: (0)|Views: 45 |Likes:
Published by Echyhelmi

More info:

Published by: Echyhelmi on Apr 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2012

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.
 
Latar Belakang
Pada dasarnya setiap manusia cenderung untuk mengembangkan dirinyasendiri menjadi lebih baik, lebih matang dan lebih mantap. Namunkecenderungan seseorang untuk menimbulkan kemampuannya tidak terwujudbegitu saja, tanpa ada upaya untuk pengembangan kepribadian yang dimilikinya,karena setiap manusia memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri. Sejauhmana kepribadian terwujud sangat ditentukan oleh seberapa jauh lingkunganmendorong untuk perkembangan terhadap konsep diri seseorang dan seberapa jauh seseorang tersebut merasa dirinya perlu belajar agar lebih baik lagi.Untuk itu penting diketahui apakah perkembangan pribadi seseorangsudah mencapai tingkat optimal atau kematangan. Hal ini dapat diketahui dengancara mengenal dirinya. Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuantentang totalitas diri yang tepat, yaitu menyadari kelebihan/keunggulan yangdimiliki maupun kekurangan/ kelemahan yang ada pada diri sendiri. Denganmengenal diri sendiri secara tepat akan diketahui konsep diri yang tepat pula,dengan berupaya mengembangkan yang positif dan mengatasi/ menghilangkanyang negatif.Salah satu syarat untuk menuju sukses dalam pergaulan sosial adalahadanya kemampuan seseorang untuk mengenali dirinya sendiri (Self Understanding). Dengan mengenali dirinya sendiri maka orientasi ke dalamdirinya sendiri akan lebih mudah dilakukan, sehingga mekanisme self management akan berjalan dengan baik.Dalam kaitannya dengan proses pengenalan diri sendiri ini, ilmu etikamengajarkan kepada manusia tentang seperangkat nilai sebagai suatu sistem, yaitusistem sosial, baik yang berupa norma sosial, adat istiadat, kode etik, hukum danlain-lain. Oleh karena itu penegenalan diri secara benar akan membantu seseorang
 
 2dalam mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai tadi dalam diri
sehingga seseorang tidak terjebak dalam persepsi yang salah tentang “siapa saya”
.
BAB IIISI
Secara umum tujuan pengenalan diri adalah mengembangkan kesadaranmengenai diri sendiri dan sekaligus mengembangkan kemampuan untuk menampilkan diri tanpa mengganggu keberadaan orang lain. Secara khususTujuan pengenalan diri adalah agar seseorang (individu) dapat mengenali aspek-aspek positif dan aspek negatif. Dapat pula mengenali kelebihan dan potensipositip yang ada pada dirinya , sekaligus mengetahui hal-hal negatif pada dirinya.Dengan demikian seseorang dapat mengoptimalkan potensi dirinya secarapenuh dalam menacapai tujuan hidupnya. Secara khusus pula pengenalan diri jugabertujuan agar seseorang mampu dan bisa mengakui adanya kelebihan dankekurangan pada diri setiap orang, juga agar (kita) bisa mengakui adanyapersamaan hak, kewajiban dan derajat dirinya dengan orang lain.Mengenali diri sendiri adalah awal penting untuk maju dan berprestasi.Banyak kegagalan karena gagal memahami diri sendiri. Berbagai alasandikemukakan untuk mencari kambing hitam atas kegagalan sesorang, padahalkeadaan dirinya sendirilah yang gagal memahami dirinya sendiri. Dalamterminologi agama, ada sabda Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa adaperjuangan yang lebih besar lagi setelah peperangan ini, yaitu perjuanganmelawan diri sendiri. Perkataan ini diucapkan ketika Nabi Muhammad pulangdari peperangan besar, tetapi dikatakan sebagai peperangan kecil dan ketika Nabibeserta rombongan kembali maka dikatakan akan menghadapi peperangan yanglebih besar.
 
 3Makna perjuangan besar melawan diri sendiri diartikan sebagai bukan sajamenaklukkan hawa nafsu, melainkan bagaimana memahami diri sendiri. Inipenting. Dengan memahami diri sendiri maka seseorang akan tahu dimanakelebihan dan kekurangannya sehingga mampu menata diri dengan sebaik-baiknya untuk sebuah kesuksesan. Hal inilah yang dinamakan denganmenaklukkan diri sendiri. Salah satu cara untuk menaklukkan diri adalah denganberpikir positif.
1.
 
Berpikir Positif 
Setiap orang yang menginginkan dirinya sukses melalui memahami dirinyasendiri, meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya maka akan lebih mudahdijalani bila seserang tersebut selalui berfikir positif. Bagaimana berpikir positif ?Tidak mudah menjelaskan bagaimana berpikir positif, tetapi bisa dikenali padaciri-ciri orang yang berpikir positif :
 
Melihat masalah sebagai tantangan
 
Menikmati hidupnya
 
Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
 
Mengenyahkan pikiran negatif segeraa setelah melintas di pikiran
 
Mensyukuri apa yang dimilikinya, bukan berkeluh kesah.
 
Tidak mendengarkan gosip dan isu yang tidak tentu
 
Tidak banyak “excuse”, langsung a
ction
.
 
Menggunakan bahasa positif, optimis.
 
Menggunakan bahasa tubuh yang positif 
 
Peduli pada citra diri sendiriSetelah berfikir positif, belajarlah pada sekolah kehidupan, di antaranya:
 
Belajarlah tentang diri sendiri
 
Belajarlah menjadi diri sendiri
 
Belajarlah mengendalikan diri

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->