Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peristiwa Sekitar Proklamasi

Peristiwa Sekitar Proklamasi

Ratings: (0)|Views: 694 |Likes:
Sejarah dari peristiwa Rengasdengklok sampai penyebaran berita kemerdekaan Indonesia.
Sejarah dari peristiwa Rengasdengklok sampai penyebaran berita kemerdekaan Indonesia.

More info:

Published by: As'ad Muhammad Nashrullah on Apr 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
Peristiwa Sekitar Proklamasi
1
Sejarah dan Para Tokoh
PERISTIWA PENTING SEKITAR PROKLAMASI
Disusun untuk memenuhi tugas mata pelajara SejarahOleh :Nama
: As’ad Muhammad Nashrullah
 Kelas : XI IPA 2No. Absensi : 05No. Induk : 10111037
SMA NEGERI 2 CIMAHI
Jl. KPAD Sriwijaya IX No. 45A Kota CimahiTahun Ajaran 2011 - 2012
 
Peristiwa Sekitar Proklamasi
2
Gambar 1.2 Lapangan IkadaGambar 1.1 Tempat Pengamanan Soekarno
PERISTIWA RENGASDENGLOK
Pada waktu itu Soekarno dan Moh. Hatta, tokoh-tokoh menginginkan agar proklamasi dilakukanmelaluiPPKI,sementara golongan pemuda menginginkan agar proklamasi dilakukan secepatnya tanpamelalui PPKI yang dianggap sebagai badan buatanJepang.Selain itu, hal tersebut dilakukan agar Soekarnodan Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Para golongan pemuda khawatir apabila kemerdekaan yangsebenarnya merupakan hasil dari perjuangan bangsa Indonesia, menjadi seolah-olah merupakan pemberiandari Jepang.Sebelumnya golongan pemuda telah mengadakan suatu perundingan di salah satu lembagabakteriologi diPegangsaan TimurJakarta,pada tanggal15 Agustus.Dalam pertemuan ini diputuskan agar pelaksanaan kemerdekaan dilepaskan segala ikatan dan hubungan dengan janji kemerdekaan dari Jepang.Hasil keputusan disampaikan kepada Ir. Soekarno pada malam harinya tetapi ditolak Soekarno karenamerasa bertanggung jawab sebagai ketua PPKI.
Peristiwa Rengasdengklok
adalah peristiwa dimulai dari"penculikan" yang dilakukan oleh sejumlah pemuda (a.l.Soekarni, WikanadanChaerul Salehdari perkumpulan"
"terhadapSoekarnodanHattadan menyembunyikannya disebuah rumah milik  tionghoa bernama Djiaw Kie Siong. Peristiwa ini terjadi pada tanggal16 Agustus 1945 pukul 04.00. WIB, Soekarno dan Hatta dibawa keRengasdengklok, Karawang,untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia,sampaidengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr.AchmadSubardjodengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan.Menghadapi desakan tersebut, Soekarno dan Hatta tetap tidak berubah pendirian. Sementara itu diJakarta, Chairul dan kawan-kawan telah menyusun rencana untuk merebut kekuasaan. Tetapi apa yang telahdirencanakan tidak berhasil dijalankan karena tidak semua anggotaPETAmendukung rencana tersebut.Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia rencananyaakan dibacakan Bung Karno dan Bung Hatta pada hari Jumat,17Agustus1945di lapangan IKADA (yang sekarang telah menjadilapangan Monas) atau di rumah Bung Karno di Jl.PegangsaanTimur 56. Dipilih rumah Bung Karno karena di lapangan IKADAsudah tersebar bahwa ada sebuah acara yang akan diselenggarakan,sehingga tentara-tentara jepang sudah berjaga-jaga, untuk menghindari kericuhan, antara penonton-penonton saat terjadipembacaan teks proklamasi, dipilihlah rumah Soekarno di jalan Pegangsaan Timur No.56. Teks Proklamasi
 
Peristiwa Sekitar Proklamasi
3
disusun di Jakarta, bukan di Rengasdengklok, bukan di rumah seorang Tionghoa,Djiaw Kie Siongyangdiusir dari rumahnya oleh anggota PETA agar dapat ditempati oleh "rombongan dari Jakarta". Naskah teksproklamasi di susun di rumah Laksamana Muda Maeda di Jakarta, bukan di Rengasdengklok.BenderaMerah Putihsudah dikibarkan para pejuang di Rengasdengklok pada Rabu tanggal16 Agustus,sebagai persiapan untuk proklamasi kemerdekaan Indonesia.Karena tidak mendapat berita dari Jakarta, makaJusuf Kuntodikirim untuk berunding denganpemuda-pemuda yang ada di Jakarta. Namun sesampainya di Jakarta, Kunto hanya menemuiWikanadanMr.Achmad Soebardjo,kemudian Kunto dan Achmad Soebardjo ke Rangasdengklok untuk menjemputSoekarno, Hatta,FatmawatidanGuntur.Achmad Soebardjo mengundang Bung Karno dan Hatta berangkat ke Jakarta untuk membacakan proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur 56. Pada tanggal 16 tengah malamrombongan tersebut sampai di Jakarta.Keesokan harinya, tepatnya tanggal17 Agustus1945pernyataan proklamasi dikumandangkan denganteks proklamasi Kemerdekaan Indonesiayang diketik olehSayuti Melik menggunakan mesin ketik  yang "dipinjam" (tepatnya sebetulnya diambil) dari kantor Kepala Perwakilan Angkatan LautJerman, Mayor (Laut) Dr. Hermann Kandeler.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Thereyzsa Rhyanthy added this note
good... I like it
terimkasih sudah berkunjung
Diana Daviendaa added this note
noo comentt....
Shela Indriyani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->